Breaking News

26 January 2020

Beban Kerja Guru Madrasah sebagai Acuan Pelaksanaan Pembelajaran Semester Genap Tahun 2019/2020

Assalaamu'alaikum Sahabat www.hanapibani.com

Meski penginputan data serta proses SKBK dan SKMT semester genap tahun 2019/2020 di SIMPATIKA belum dimulai, namun jika kita login maka sudah ada sebuah notifikasi yang memberitahukan mengenai anjuran untuk mengunduh KMA 890 sebagai acuan dalam melaksanakan pembelajaran di semester tersebut.

KMA Nomor 890 Tahun 2019 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah Bersertifikasi Pendidik, diterbitkan untuk memenuhi jam kerja guru madrasah (guru di lingkungan Kementerian Agama). Pedoman pemenuhan jam kerja guru ini dimaksud dalam rangka menghitung dan menetapkan beban kerja guru madrasah yang sudah lulus sertifikasi agar tunjangan tunjangan profesi guru dapat dibayarkan.

Latar belakang diterbitkannya Keputusan Menteri Agama No. 890 Tahun 2019 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah yang Bersertifikat Pendidik adalah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017. Beban kerja guru secara eksplisit telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, namun demikian masih diperlukan penjelasan tentang rincian penghitungan beban kerja guru dengan mempertimbangkan beberapa tugas guru di Madrasah selain tugas utamanya sebagai pendidik. Guru profesional menjadi piranti niscaya dalam melahirkan anak-anak bangsa yang berilmu, cakap, berakhlak serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Guru adalah bagian yang tidak terpisahkan dan komponen pendidikan lainnya yaitu peserta didik, kurikulum, fasilitas dan sarana prasarana, serta manajemen. Terkait dengan beban kerja guru sebagai instrumen niscaya dalam proses keberhasilan pembelajaran, terpenuhi atau tidaknya beban mengajar 24 (dua puluh empat) jam tamp muka per minggu bagi menjadi keniscayaan. Untuk itu, disusunlah Keputusan Menteri Agama tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah yang Bersertifikat Pendidik pada Kementerian Agama yang berisikan rumusan perhitungan beban kerja dan tatap muka dan ekuivalensi tugas tambahan guru dengan jam tatap muka.

Tujuan diterbitkan Keputusan Menteri Agama (KMANomor 890 Tahun 2019 tentang Pedoman Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah yang Bersertifikat Pendidik, adalah sebagai acuan penyelenggara pendidikan, pengawas Kementerian Agama Kabupaten / Kota, Kementerian Agama Provinsi dalam: 1)  penghitungan beban kerja guru madrasah; dan 2) optimalisasi tugas guru madrasah.

Ruang lingkup KMA Nomor 890 Tahun 2019 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah Bersertifikasi Pendidik ini, meliputi beban kerja; kesesuaian mata pelajaran dengan sertifikat pendidik dan kualifikasi akademik S-1/D-IV;  tugas tambahan; dan penetapan beban kerja bagi guru, kepala madrasah, madrasah, Kepala Kantor dan Kepala Kantor Wilayah.

Selain mengajar, berdasarkan KMA Nomor 890 Tahun 2019, Pemenuhan Beban Kerja Guru Madrasah Bersertifikasi Pendidik dapat dilakukan dengan tugas tambahan. Adapun tugas tambahan guru terdiri atas:
  1. Wakil kepala madrasah pada MTs/MA/MAK;
  2. Koordinator bidang pendidikan MI;
  3. Ketua program keahlian pada MAK;
  4. Kepala perpustakaan MI/MTs/MA/MAK;
  5. Kepala laboratorium MTs/ MA/MAK;
  6. Kepala bengkel atau unit produksi MAK;
  7. Pembina asrama pada madrasah yang menyelenggarakan pendidikan berasrama; dan
  8. Pembimbing khusus pada madrasah yang menyelenggarakan pendidikan inklusi atau pendidikan terpadu.
  9. Wall kelas;
  10. Pembina Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM);
  11. Pembina ekstrakurikuler;
  12. Koordinator Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB)/Penilaian Kinerja Guru (PKG) atau Koordinator Bursa Kerja Khusus (BKK) pada MAK;
  13. Guru piket;

  14. Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP-P1);
  15. Penilai kinerja guru;
  16. Pengurus organisasi/asosiasi profesi guru; dan
  17. Pembina ko-kurikuler.




Bagi Sobat guru madrasah yang ingin mengetahui cara pemenuhan jam kerja guru madrasah serta ekuivalensi tugas tambahan guru dengan jam tatap muka pada guru madrasah atau guru di lingkungan Kementerian Agama, silahkan simak dibawah ini;




Untuk mendapatkan file di atas mengenai Beban Kerja Guru Madrasah sebagai Acuan Pelaksanaan Pembelajaran Semester Genap Tahun 2019/2020 silakan klik tulisan hijau dibawah ini;
Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagikan mengenai tentang Beban Kerja Guru Madrasah sebagai Acuan Pelaksanaan Pembelajaran Semester Genap Tahun 2019/2020.Semoga artikel ini ada manfaatnya, terima kasih atas kunjungan dan dukungannya selama ini.


Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Garda Kagum, Ikhtiar Kemenag Bangun Profesionalitas Guru Madrasah

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين Kementerian Agama melalui Direktorat...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI