Breaking News

Sunday, July 2, 2017

Siapa Urutan Yang Harus Dikunjungi Lebih Dulu?

Foto Album Santri Raudhatut Thalibin.
Silaturahmi sungguh memiliki banyak faedah. Dijelaskan bahwa barangsiapa yang mengunjungi saudaranya di pagi hari, maka akan ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya sampai sore. Barangsiapa mengunjungi saudaranya di sore hari, maka akan ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya sampai pagi. Dalam sebuah hadits dikisahkan, ada seorang yang akan mengunjungi saudaranya di sebuah desa. Allah lalu mengutus malaikat dalam bentuk seorang lelaki. Malaikat itu menanyainya, “Ke manakah engkau akan pergi?” Ia menjawab, “Aku akan mengunjungi saudaraku.”
“Apakah engkau punya keperluan khusus sehingga kau mengunjunginya?”
“Tidak. Aku mengunjunginya semata-mata karena aku mencintainya karena Allah.”
Malaikat itu lantas berkata, “Terimalah kabar gembira ini. Sesungguhnya aku adalah malaikat yang diutus Allah, dan Allah menyatakan bahwa Dia mencintai orang-orang yang saling mencintai karena Allah.”
Mari kita perhatikan, orang ini sudah mendapat kabar gembira mengenai fadhilah silaturahmi, padahal dia masih berada di perjalanan dan belum sampai di tujuannya. Untuk itu, saling kunjung di bulan ini harus diniati untuk saling mencintai karena Allah. Di Hari Kiamat Allah akan bertanya : “Di manakah orang-orang yang saling mencintai karena aku?” Orang yang saling mencintai karena Allah itu juga akan berada di bawah naungan Arasy Allah, di hari di mana tidak ada naungan kecuali naungan Allah.
 Siapakah yang harus diutamakan untuk dikunjungi?
Yang harus diutamakan tentu adalah orang tua dan kerabat. Nabi menjelaskan, tidak akan masuk surga orang yang memutus tali kekerabatan. Setelah itu, kunjungilah tetangga. Mereka memiliki hak-hak yang banyak. Mereka memiliki hak sebagai tetangga, hak sebagai orang Islam, dan bila mereka kerabat, mereka memiliki hak sebagai kerabat. Rasul menyatakan bahwa Jibril senantiasa memberi beliau pesan untuk berbuat baik pada tetangga, sampai-sampai Rasul mengira bahwa tetangga akan mendapat warisan.
Comments
0 Comments

No comments:

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI