Breaking News

12 March 2020

Download KKM, PROTA Dan PROMES Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sesuai KMA 183 Tahun 2019

www.hanapibani.com

Assalaamu'alaikum Sahabat www.hanapibani.com

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum KKG secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.

Sedangkan Prota (Program Tahunan) adalah Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.

Adapun Promes (Program Semester) adalah Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, kerja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan. Satu semester terdiri dari 19 minggu kerja termasuk penyelenggaraan tatap muka, ujian tengah semester dan ujian semester.

KKM, Prota dan Promes Madrasah Ibtidaiyah (MI) mesti disusun sesuai dengan aturan terbaru yaitu KMA nomor 183 Tahun 2019 tentang kurikulum PAI dan Bahasa Arab di Madrasah. (Unduh KMA-nya DISINI)

KKM Prota dan Promes MI yang kami bagikan berikut merupakan sebuah form berbentuk excel yang dapat dan mudah Sobat modifikasi sesuai dengan kondisi dan perencanaan yang dibuat oleh Sobat sebagai Guru PAI maupun Guru Bahasa Arab di Madrasah.


KMA Nomor 183 Tahun 2019 mengatur tentang implementasi kurikulum PAI dan Bahasa Arab di Madrasah yang memuat antara lain tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Standar Isi serta tujuan dan ruang lingkup pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada jenjang Madrasah.

Prota dan Promes ini disesuaikan dengan Standar isi pada KMA nomor 183 Tahun 2019 sebagai bagian dari persiapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi siswa.

Dengan perencanaan yang baik maka akan membantu membuat disiplin kerja yang baik agar dapat mencapai dan mengembangkan pembelajaran PAI dan Bahasa arab menjadi lebih baik dan berkarakter.

Download Prota dan Promes MI Sesuai KMA 183 Tahun 2019


Berikut adalah Prota dan Promes untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang telah disesuaikan dengan regulasi terbaru yakni KMA nomor 183 Tahun 2019. Silahkan diunduh melalui tautan berikut ini:

KKM Prota dan Promes Al-Qur’an Hadis Madrasah Ibtidaiyah (MI)


KKM Prota dan Promes Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah (MI)



KKM Prota dan Promes Fikih Madrasah Ibtidaiyah (MI)

KKM Prota dan Promes SKI Madrasah Ibtidaiyah (MI)

KKM Prota dan Promes Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Silahkan Sobat unduh file dengan klik link diatas dan disesuaikan dengan pelaksanaan dan target atau tujuan yang hendak dicapai pada Madrasah masing-masing.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat kami bagikan mengenai Download KKM, PROTA Dan PROMES Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sesuai KMA 183 Tahun 2019, semoga artikel ini dapat membawa manfaat baik didunia maupun diakhirat.

Jangan lupa bagikan juga bagi sobat lainnya agar Sobat kita lainnya juga bisa memetik manfaatnya. Moga menjadi amalk zariah....
Aamiiiin..........................
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Unduh Surat Edaran Penyaluran Dana BOS Tambahan Madrasah Tahun Anggaran 2020

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Kemenag akan segera menyalurkan dan...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI