Breaking News

Thursday, January 25, 2018

Benarkah Katanya Operator Itu Cuman Duduk Manis di Ruang TU....????

Benarkah Katanya operator itu cuman duduk manis di ruang TU

Ada istilah yang mengatakan bahwa Operator Itu Cuman *Duduk Manis Di Ruang TU*, Operator itu adalah Manusia bukanlah robot. Namun apakah Sudah memanusiakan manusia dalam hal ini Operator Madrasah. Ada yang beranggapan bahwa kerjaan operator itu musiman, pertanyaannya apakah validasi data itu musiman, mari kita analisa pekerjaan Operator poin per poin yang katanya tidak semua dikerjakan operator tetapi diberikan tugas sesuai tufoksinya namun kenyataan dilapangan tidak seperti itu.

1. Operator Menginput data awal setiap Pergantian Semester dan pada saat itulah peran operator berubah fungsi menjadi Kepala Madrasah, Wakil kepala Madrasah bagian kurikulum dengan mengatur Jadwal pembelajaran, urusan sarana dengan mengatur Ruang mulai ruang kelas sampai wc, tidak sampai disitu operator juga berubah tugas menjadi Tukang Bangunan dengan harus menghitung berapa persen tingkat kerusakan gedung sekolah, kursi, meja dan sarana lainnya, berubah fungsi menjadi tenaga perpustakaan menghitung berapa jumlah judul buku, berubah fungsi menjadi urusan kesiswaan, berubah fungsi menjadi pegawai dinas sosial dengan mendata siswa mampu dan kurang mampu, dan berubah fungsi menjadi tenaga pendidik.
2. Setelah data dianggap lengkap operator melakukan sinkronisasi yang nantinya akan digunakan sebagai pengambilan kebijakan untuk aneka tunjangan dan bantuan mulai dari tunjangan sertifikasi, fungsional, PIP, RKB, dan dana BOS. 
3. Operator mengawal data yang sudah disinkron menunggu penarikan data dengan mengejar Batas Deadline sampai2 harus begadang tembus pagi
4. dengan proses pejalanan data yang sudah diinput, operator mengecek kembali hasil sinkronnya mulai dari *SIMPATIKA, EMIS*yg seharusnya itu bisa dikerjakan oleh PTK, Jumlah Siswa untuk Dana BOS apakah sesuai atau tidak.
5. Selanjutnya operator melakukan verval data mulai dari verval ptk, verval pd, dan verval sp semuanya dilakukan setiap saat
6. Kembali Operator bertambah lagi jam terbangnya dengan hadirnya *EMIS PTK*, yang katanya dikerjakan oleh masing2 responden tp kenyataan dilapangan sebagian besar yang mengerjakan adalah Operator.
7. lanjut lagi Rilis aplikasi *Raport Emis* katanya yang kerja adalah Guru, tetapi kenyataanx banyak ptk menyerahkan ke operator
8. sekarang Rilis lagi aplikasi *SIMSARPRAS* yang seharusnya dikerja yang diberi tugas oleh Kepsek tetapi yang diberi tugas adalah Operator.
9. Hadir lagi Aplikasi Sispena yang seharusnya dikerjakan secara beramai-ramai tapi yg mengerjakan adalah Operator.
10. Laporan BOS Online yg seharusnya dikerja oleh bendahara BOS justru yang mengerjakan adalah Operator.
11. Aplikasi EKSKUL untuk Pelaporan Dana BOS tdk sedikit yang kerja adalah Operator.
12. UNBK sebagian besar yang mengerjakan adalah operator dengan berperan sebagai teknisi sekaligus Proktor
13. BIOUN yang kerja adalah Operator.
Dari bertumpuknya kerjaan yang dibebankan kepada Operator masih adakah yang mengatakan bahwa Kerjaan Operator adalah Musiman?, Sudahkan Kita menanyakan kepada Operator Masih adakah Kuotax, Masih adakah pembeli Bensinnya, masih adakah Uang Pete2nya?. atau adakah uang pembeli buah tangan ketika operator mengalami kesulitan dengan menemui teman sejawatnya untuk dibantu. Saya membuat tulisan ini karena saya adalah bagian dari mereka. dan alangkah tidak manusiawinya jika masih ada yang berfikir kalau operator adalah bagian kecil dari Madrasah yang seolah mereka tidak dianggap. Sertifikasi tidak cair operator yang disalahkan, dana BOS kurang operator yang disalahkan. Bahkan ada operator yang diminta untuk mengembalikan Honor yang telah mereka terima, yang tidak sebanding dengan Pengorbanan mereka. Saya tau bahwa coretan saya ini tidak bisa sampai ke pemangku kebijakan, bahkan mungkin ada yang mengatakan tidak ada gunanya saya menulis disini toh tidak ada yang akan peduli, tapi saya yakin tidak sedikit yang menjadi teman Facebook saya adalah seorang guru, Kepala Madrasah, Pengawas, DPRD yang akhirnya mereka menjadi tau arti seorang Operator, dengan harapan menjadi penyambung lidah untuk kami yang bernama Operator Madrasah. Yuk Viralkan supaya makin banyak yangtau kerjaan Operator Madrasah

#Save Operator Madrasah#

Oleh : Idawati (Ketua FOPPSI Makassar).
Comments
0 Comments

No comments:

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI