Breaking News

14 Agustus 2022

42.386 Siswa Ikuti KSM Madrasah Aliyah tingkat Kabupaten/Kota

www.hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Jakarta --- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2022 untuk siswa Madrasah Aliyah (MA) tingkat Kabupaten/Kota digelar hari Sabtu (13/8/2022), serentak di seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia. Berbeda dengan tahun sebelumnya, KSM kali ini dilaksanakan secara luring (luar jaringan).

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi mengatakan KSM yang digelar dengan Computer Based Test (CBT) ini akan berlangsung tiga hari, 13 - 15 Agustus 2022.

"Ini hari pertama, khusus untuk siswa Madrasah Aliyah. Besok Madrasah Tsanawiyah dan terakhir pada hari Senin mendatang untuk Madrasah Ibtidaiyah," ujar Isom di Jakarta, Sabtu (13/8/2022).

www.hanapibani.com

"Alhamdulillah untuk Madrasah Aliyah diikuti 42.386 siswa dari berbagai daerah di Indonesia," sambungnya.

Isom menambahkan, tahun ini, KSM baik jenjang MA, MTs, maupun MI, dilaksanakan pada 1.956 titik lokasi ujian. Mayoritas mengikuti ujian secara terpusat pada lokasi yang ditentukan oleh panitia kabupaten/kota. Ada sekitar 10% peserta yang mengikuti ujian di madrasah masing-masing.

"Sebagian kabupaten/kota tidak bisa melaksanakan ujian di lokasi yang ditetapkan panitia karena kondisi yang tidak memungkinkan," jelas Isom.

Topologi wilayah berupa kepulauan seperti di Aceh dan Ternate serta bentang wilayah pegunungan yang sangat luas seperti Papua, menurut Isom, tidak memungkinkan bagi peserta untuk mengikuti ujian terpusat. "Kondisi wilayah yang seperti itu tidak bisa dipaksakan pelaksanaan terpusat seperti di tempat lain. Sehingga digelar di madrasah masing-masing,” papar Isom.

www.hanapibani.com

Isom memastikan semuanya tetap bisa dilayani dengan baik. Sebab, panitia sudah mempersiapkannya secara matang, tidak terkecuali tim aplikasi.

“Untuk KSM siswa MA hari ini secara umum berjalan lancar. Ada sedikit gangguan akibat pemadaman PLN di beberapa tempat, namun bisa diantisipasi," ujar Kasubdit Kesiswaan KSKK Madrasah Nanik Pujiastuti yang juga penanggung jawab KSM.

Menurutnya, ada enam mata pelajaran yang diujikan pada KSM jenjang MA/SMA, yaitu: Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi. Dalam pelaksanaanya, keenam mata uji itu dibagi menjadi tiga sesi waktu ujian.

Nanik Pujiastutik bersyukur antusias dan partisipasi peserta tahun ini meningkat, mencapai 97,5%. Dalam dua tahun terakhir, angka partisipa berada dalam kisaran 89%. 

www.hanapibani.com

Naik Perahu

Antusiasme dan semangat peserta tidak hanya tercermin dari kenaikan angka partisipasi. Sebab, ada juga peserta yang harus berlayar untuk sampai lokasi ujian.

Salah satunya adalah siswa dari NTT. Kondisi wilayah yang berupa kepulauan mengharuskan mereka menyebrangi lautan dengan perahu untuk sampai lokasi ujian KSM tingkat Kabupaten/Kota.

“Dalam rekaman panitia, terdapat peserta dari wilayah Nusa Tenggara Timur yang menaiki perahu menyeberangi laut menuju lokasi ujian yang ditetapkan panitia. Hal ini menunjukkan semangat peserta mengikuti kompetisi sangat tinggi.” Ujar Ketua Tim Ahli KSM 2022, Prof. Kusaeri.

Kusaeri berharap seluruh rangkaian KSM bisa berjalan lancar hingga tahap akhir di tingkat nasional. KSM tingkat nasional akan digelar di Jakarta pada Oktober 2022.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "42.386 Siswa Ikuti KSM Madrasah Aliyah tingkat Kabupaten/Kota", semoga bermanfa'at. 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Yuk Pasang Twibbon "Jangan Lupa Absen SIMPATIKA" tiap Akhir Bulan

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahaba...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI