Breaking News

26 Agustus 2022

Cara Perbaiki NIK dan KK Tidak Valid di Dukcapil

www.hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Keberadaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) memiliki peran yang sangat penting. Ketika bermasalah banyak orang yang ingin mengetahui penyebab NIK dan KK tak valid.

NIK atau Nomor Induk Kependudukan adalah nomor identitas penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia. 

Nomor NIK ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya bagi rekan-rekan guru di seluruh Indonesia untuk banyak hal seperti pada saat pendaftaran CPNS, Ajuan PPG di Simpatika, membuka akun bank, mendaftar layanan finansial online, dan lain sebagainya

Di era Digitalisasi seperti ini seringkali ditemukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Keluarga (KK) rekan-rekan Guru atau peserta didik tidak terdaftar di Dukcapil atau belum online.

Padahal, NIK dan KK biasanya digunakan untuk banyak keperluan. Misalnya, untuk kegiatan administrasi baik di EMIS, Dapodik, Simpatika, SSCASN, urusan registrasi, dan lain-lain.

Penyebab NIK/KK Invalid


Ketidak validan data NIK/KK di Dukcapil tentu saja membuat kita merasa bingung dan bertanya-tanya apa penyebabnya dan bagai mana solisunya?...Penyebab invalid NIK/KK di Dukcapil kemungkinan adanya beberapa alasan sebagaimana berikut ini
  • Alasan pertama, ada kemungkinan Dukcapil salah dalam proses pencatatan, sehingga menyebabkan NIK dan KK tidak valid. Selain itu kemungkinan lainnya adalah adanya masalah pada sistem di database milik Kemendagri. 
  • Adanya Kesalahan/Kekeliruan dalam Memasukkan NIK dan KK, alasan kedua ini, seringkali terjadi kesalahan atau keliru dalam memasukkan nomor NIK dan KK. Sehingga, hal ini menjadi salah satu faktor penyebab NIK dan KK tidak valid/ tidak terdaftar.

Solusi Memperbaiki NIK/KK Invalid


Setelah rekan-rekan mengetahui beberapa alasan invalid pada data NIK dan KK masing-masing, berikut ini mimin berikan sedikit solusi untuk rekan-rekan sebelum memutuskan untuk mengurusnya ke Disdukcapil terdekat, pastikan kembali penginputan NIK dan KK yang Kamu lakukan sudah benar, ya!


Cara Mengatasi Jika NIK dan KK Tidak Valid


Ada 2 cara yang bisa Sobat lakukan, jika NIK dan KK milik anda sudah pasti tidak valid/terdaftar. Sobat bisa memilih dari kedua cara berikut ini, dan tentunya silakan pilih cara yang paling nyaman untuk anda lakukan dalam mengatasinya:

1. Melapor ke Disdukcapil


Cara yang pertama, silahkan anda bisa langsung melaporkan kejadian tersebut ke Disdukcapil yang sesuai dengan tempat KTP Kamu dibuat atau di Dinas Kependudukan setempat.

Sedangkan untuk kelengkapan dokumen yang harus dipersiapkan dan harus dibawa saat melaporkan kejadian invalid NIK/KK ke Dukcapil adalah sebagai berikut;

  • Bawa KTP asli dan foto copy
  • Bawa KK asli dan foto copy
  • Bawa Akte Kelahiran asli dan foto copy
Setelah rekan-rekan sampai di Disdukcapil, silahkan anda hubungi petugas dan nanti petugas akan mengarahkan anda sesuai dengan keperluan yang akan Kamu lakukan.


2. Melapor secara Online


Cara yang kedua silahkan anda lakukan perbaikan NIK/KK yang invalid secara online, namun yang perlu Sobat ketahui dan perhatikan sebelum memperbaiki data NIK/KK secara online, yang harus Kamu lakukan adalah mengecek apakah Dukcapil tempat Kamu membuat KTP sudah menggunakan layanan online atau belum?

Jika sudah dapat diakses secara online, Kamu bisa memanfaatkannya, agar terhindar dari antrean sekaligus menghemat waktu. Adanya layanan online untuk kepentingan publik memang sangat bermanfaat, berikut beberapa pilihan layanan online Dukcapil yang bisa Kamu gunakan diantaranya
  1. Melapor melalui Call Center Dukcapil di nomor: 1500537
  2. Melapor melalui nomor aplikasi WhatsApp: 08118005373
  3. Melapor melalui nomor SMS: 08118005373
  4. Melapor melalui Email di alamat: callcenter.dukcapil@gmail.com
  5. Melapor melalui media sosial Facebook di akun resmi Dukcapil: “Halo Dukcapil”
  6. Melapor melalui media sosial Twitter di akun resmi Dukcapil: @ccdukcapil
Silakan anda laporkan masalah tidak valid/terdaftarnya NIK dan KK, melalui direct message (DM) dengan format sebagai berikut;
#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Cara Perbaiki NIK dan KK Tidak Valid di Dukcapil", semoga bermanfa'at. 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Yuk Pasang Twibbon "Jangan Lupa Absen SIMPATIKA" tiap Akhir Bulan

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahaba...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI