Breaking News

20 November 2023

Pedoman dan Logo Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023

hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Kemendikbudristek menerbitkan Pedoman Hari Guru Nasional 2023. Pedoman ini memuat serba-serbi Hari Guru Nasional tahun ini, mulai dari tema, logo, hingga pelaksanaan upacara bendera.

Seperti diketahui, Hari Guru Nasional diperingati pada tanggal 25 November sebagai bentuk penghargaan kepada para guru di Indonesia. Berikut informasi selengkapnya terkait pedoman Hari Guru Nasional 2023.

Pedoman yang dirilis oleh Kemendikbud tersebut diterbitkan melalui surat Kemendikbud nomor 36927/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2023. Adapun Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tahunnya jatuh, pada 25 November 2023 mendatang. Perayaan Hari Guru Nasional dicetuskan pada tahun 1912.
Sebab, Guru pribumi di masa itu sudah tergabung dalam organisasi bernama PGHB (Persatuan Guru Hindia Belanda) pada 1912. Komponen atau anggota yang termasuk di dalam PGHB seperti guru desa, guru bantu, pemilik sekolah, dan kepala sekolah menjadi bagian dari organisasi tersebut.

Adanya organisasi tersebut dijadikan sebagai bentuk motivasi oleh berbagai orang untuk mendirikan berbagai organisasi guru baru. Misalnya PGB (Persatuan Guru Bantu), PGAS (Persatuan Guru Ambachtsschool), PGD (Perserikatan Guru Desa), PNS (Perserikatan Normaalschool), dan masih banyak lagi.

Namun pengesahan Hari Guru Nasional baru ditetapkan pada tahun 1994 melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Penggagasnya adalah organisasi guru yang tergabung dalam PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Meski ada peringatan Hari Guru Nasional, tanggal tersebut tidak sebagai bagian dari hari libur nasional di Indonesia. Setiap sekolah pada perayaan ini biasanya mengadakan upacara bendera.


Tema Hari Guru 2023

Pada tahun ini, masih melalui pedoman HGN 2023, Kemendikbud mengusung tema HGN 2023 “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”.

Tema tersebut sebagai upaya kolaborasi berbagai pihak dalam merayakan merdeka belajar untuk peserta didik di berbagai jenjang pendidikan.

Dengan adanya tema yang sudah dirilis oleh Kemendikbud, instansi pendidikan harus memakai tema tersebut dalam merayakan Hari Guru Nasional 2023.

Logo Hari Guru 2023

hanapibani.com

Selain tema, Kemendikbud juga sudah merilis logo yang dapat digunakan untuk berbagai rangkaian acara dalam Hari Guru 2023. 

Logo tersebut dapat digunakan untuk dipasang di surat undangan, banner, ataupun pernak-pernik lainnya. Sehingga Kemendikbud menerbitkan Panduan dalam menggunakan logo Hari Guru Nasional 2023.

Puncak Acara Hari Guru Nasional 2023

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan berbagai acara untuk peringatan Hari Guru Nasional, antara lain Apresiasi GTK, Sapa GTK, Pekan Raya Belajar dan Berkarya, Simposium Program Organisasi Penggerak. 

Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 25 November 2023 yang akan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kemendikbud RI.

Susunan Upacara Hari Guru Nasional 2023

Kemendikbudristek menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional. Upacara tersebut diselenggarakan pada:
  • Hari, tanggal: Sabtu, 25 November 2023
  • Pukul: 08.00 waktu setempat
  • Tempat: Halaman kantor/lapangan/tempat lain yang telah disepakati oleh panitia setempat.

Berikut susunan acaranya.
  • Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara;
  • Pembina upacara tiba di tempat upacara;
  • Penghormatan kepada pembina upacara;
  • Laporan pemimpin upacara;
  • Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korsik/paduan suara;
  • Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara;
  • Pembacaan teks Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara;
  • Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun1945;
  • Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lancana Pendidikan (jika ada);
  • Menyanyikan lagu Hymne Guru;
  • Amanat pembina upacara (Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset,dan Teknologi);
  • Menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku;
  • Pembacaan do'a*);
  • Laporan pemimpin upacara;
  • Penghormatan kepada pembina upacara;
  • Pembina upacara meninggalkan mimbar upacara;
  • Upacara selesai, barisan dibubarkan.

Keterangan :
*) Sebelum pembacaan doa, diharapkan agar petugas pembaca doa menjelaskan bahwa doa upacara dibacakan secara agama Islam, dan mempersilakan kepada peserta upacara yang tidak beragama Islam untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.



Unduh dan Lampiran Pedoman Hari Guru Nasional 2023

  • Unduh file Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2023 di sini
  • Unduh file Logo HGN  di sini

Cek Tinta Epson 003 Premium Untuk Printer L1110 L3210 L3100 L3101 L3110 dengan harga Rp11.000. Dapatkan di Shopee sekarang! https://shope.ee/AK9phiEOpM?share_channel_code=1

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Pedoman dan Logo Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Download Logo HAB Kemenag 2024 Ke-78 - CRR, PNG, JPG & PSD

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . Hari Am...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI