Breaking News

Wednesday, June 26, 2019

Lulus MIN, Siswa Terbitkan Buku 'Lukisan Hati Para Penghuni Madrasah'


Ada banyak cara yang dilakukan para siswa untuk memberikan kenangan kepada madrasah di hari perpisahan mereka. Salah satunya yang dilakukan oleh lulusan MIN 4 Sragen tahun ajaran 2018/2019. Di momen perpisahan kelulusan, mereka mempersembahkan buku antologi bertajuk Lukisan Hati para Penghuni Madrasah.
Rilis buku ini digelar Senin (24/06), bersamaan dengan kegiatan akhirussanah (akhir tahun) MIN 4 Sragen yang berlangsung di Gedung Tombo Ati, Kwangen. Hadir, Kepala Kankemenag Kabupaten Sragen,  Komite Madrasah, tokoh masyarakat, serta wali murid MIN 4  Sragen dari kelas I sampai VI. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyerahkan kembali siswa kelas VI kepada orang tua dan sekaligus mengenalkan program madrasah tahun pelajaran 2019/2020.
Kepala MIN 4 Sragen Rohmawati mengatakan, buku yang diterbitkan Penerbit Arga ini terdiri dari 27 tulisan yang berkisah pengalaman siswa selama belajar di madrasah. Ada yang bercerita tentang pengalaman lucu, sedih, bangga, bahkan hingga rasa ketidaksukaan terhadap guru. Beberapa judul tulisan tersebut antara lain: Jejak Langkahku, Bu Presiden, Persahabatan, Saya dan Madrasahku, Terima Kasih Guruku, Madrasahku Hebat, Madrasahku Kebangganku, serta Sahabat, dan Pesan Untuk Madrasahku.
“Dengan buku ini, kami sebagai pendidik di madrasah dapat instropeksi diri. Dari ungkapoan polos siswa tentang hal yang disukai dan tidak disukai dalam pembelajaran dapat menjadi bahan evaluasi dalam pembelajaran. Dengan buku ini kami berharap dapat meningkatkan kualitas belajar kedepannya,” terang Rohmawati.
Rohmawati mengapresiasi terbitnya buku ini. Kepada para alumni, dia berpesan agar tetap menjaga akhlaqul karimah dan nama baik almamater serta tetap “mengingat” MIN 4 Sragen.
Dalam kegiatan ini juga dilakukan prosesi wisuda kelas VI, yang ditandai pengalungan samir, pemindahan tali toga dari kiri ke kanan, dan penyerahan buku kepada seluruh siswa kelas VI. Sebelumnya, salah satu siswa MIN 4 Sragen Ananda Sasta unjuk kemampuan membaca puisi berjudul “Dunia Beku Tanpamu”. Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Hymne Madrasah, Terima Kasih Guruku, dan Tiba Saat Berpisah. (Sulis)
Comments
0 Comments

No comments:

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI