Breaking News

09 Juli 2019

Program Semester Kurikulum 2013 KB Umur 3-4 Tahun

Assalaamu'alaikum Sahabat Hanapibani.com

Program Semester KB Umur 4-5 Tahun merupakan suatu perangkat pembelajaran semester yang diperuntukkan bagi anak paud khusus umur 3-4 tahun, diturunkan dari program tahunan serta digunakan untuk menyusun rencana pembelajaran mingguan; 
Rencana program semester PROSEM  ini berisi daftar tema satu semester dan alokasi waktu setiap tema. 

Program Semester Kurikulum 2013 KB Umur 3-4 Tahun



Langkah-Langkah dalam penyusunan Program Semester adalah sebagai berikut:
  1. Membuat daftar tema satu semester. Penentuan tema dilakukan guru dilakukan pada awal semester kegiatan pembelajaran dimulai dengan memperhatikan prinsip pengembangan tema itu sendiri.
  2. Mengembangkan tema menjadi subtema dan atau sub-subtema. Subtema dan sub-subtema yang dikembangkan merupakan topik yang lebih mendetail. Topik yang mendetail kedalaman subtema dan sub-subtema tersebut memperhatikan usia anak, kesiapan guru, dan ketersediaan sumber belajar pendukung. Pengembangan tema dapat dipelajari pada Pedoman Pengembangan Tema.
  3. Dalam nenentukan alokasi waktu padasetiap tema, subtema dan atau sub-subtema. Alokasi waktu pembahasan setiap tema/subtema/subsubtema disesuaikan dengan minat anak, keluasan, kedalaman, dan sumber/media yang tersedia.
  4. Menetapkan Kompetensi Dasar (KD) di setiap tema. Penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM), fisik motorik, kognitif, sosial-emosional (sosem), bahasa, dan seni.
  5. KD dapat ditulis lengkap atau dapat dituliskan kodenya saja.
  6. Untuk KD dapat diulang disetiap tema/subtema/sub-subtema yang berbeda-beda.
  7. Dibagian Tema, subtema dan subtema yang sudah ditentukan diawal dapat berubah bila ada kondisi tertentu dengan melibatkan anak tanpa harus mengubah KD yang sudah ditetapkan oleh guru atau sekolah

Dalam menentukan sebuah KD disetiap tema mencakup enam program pengembangan (nilai agama dan moral, motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan seni). Dalam menyusun perencanaan program semester, lembaga diberikan keleluasaan dalam menentukan format. Untuk menentukan materi pembelajaran yang akan digunakan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Satuan PAUD harus menyusun cakupan materi pembelajaran setiap KD yang akan disampaikan kepada anak selama setahun melalui kegiatan bermain. Cara menyusun dan mengembangkan materi pembelajaran dapat dilihat di Pedoman Penyusunan Kurikulum 2013.

Program Semester Kurikulum 2013 KB Umur 3-4 Tahun

Download Program Semester KB Umur 3-4 Tahun untuk tahun ajaran 2019/2020 terdiri atas semester 1 dan 2. Program Semester KB Umur 3-4 Tahun dapat di download melalui link tautan berikut ini.
Download gratis Program Semester KB Umur 3-4 Tahun UNDUH DISINI
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Soal Asesmen Madrasah (AM) MI Mapel IPS Tahun Pelajaran 2023/2024

       السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Ha...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI