Breaking News

26 February 2018

Seleksi SGI Master Teacher, Uji Komitmen Guru hulu Sungai Utara

Seleksi SGI Master Teacher, Uji Komitmen Guru hulu Sungai Utara

Amuntai – Kegiatan Open Recruitment calon peserta SGI Master Teacher Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) telah dilaksanakan satu bulan lamanya dari tanggal 22 Januari sampai dengan 22 Februari 2018 kemarin. Kini sampailah pada tahap seleksi calon peserta yang telah mendafarkan dirinya baik secara online maupun manual.
Para Trainer melaksanakan seleksi SGI Master Teacher meliputi interview dan microteaching, seperti yang digelar di Kecamatan Amuntai Selatan, Sabtu (24/2).
Seleksi SGI Master Teacher, Uji Komitmen Guru hulu Sungai Utara

Melalui kegiatan interview, para calon peserta diharapkan mampu menjawab pertanyaan secara terbuka tanpa ada hal-hal yang disembunyikan, guna memudahkan para interviewer untuk mengidentifikasi calon peserta yang layak bergabung dengan SGI.
Dalam kegiatan interview, berbagai pertanyaan dilontarkan oleh interviewer kepada peserta, terutama terkait komitmen peserta dalam mengikuti program ini.
Trainer SGI Ades Marsela mengatakan, program ini berasal dari dana zakat yang dihimpun oleh lembaga Dompet Dhuafa, kemudian disalurkan kembali ke masyarakat melalui berbagai bidang kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan bidang lainnya. Terkhusus bidang pendidikan, penyaluran dananya melalui salah satu organisasi yaitu Sekolah Guru Indonesia (SGI) yang kegiatannya adalah melatih dan membina para guru agar memiliki jiwa 3P (Pengajar, Pendidik, dan Pemimpin).
“Karena dana ini dari zakat umat maka harus disalurkan juga kepada umat, dan memang hanya orang-orang yang tepat yang berhak mendapatkannya, dalam hal ini peserta yang akan diterima di SGI Master Teacher”, kata Ades.
Dalam wawancara lain pun ditanyakan tentang kesanggupan calon peserta untuk mengikuti semua perarturan yang ada di SGI, seperti wajib hadir 80 % selama pelatihan, berperan aktif saat pelatihan, mengerjakan berbagai tugas yang diberikan oleh fasilitator, serta keberlanjutan kegiatan pasca program berlangsung.
Di SGI Master Teacher periode pertama ini, para trainer SGI HSU menyatakan akan menerima calon peserta yang memang mempunyai komitmen yang sangat tinggi dan bersedia untuk dijadikan kader penerus atau disebut dengan Trainer SGI selanjutnya di Hulu Sungai Utara, supaya estaped perbaikan kualitas pendidikan ini tetap berlanjut sampai kapan pun.
Selain itu, para trainer juga mencari calon peserta yang mempunyai keinginan untuk selalu belajar, mengembangkan kompetensinya, dan mempunyai value untuk selalu berbagi, karena sejatinya manfaat ilmu itu jangan sampai hanya terhenti pada dirinya sendiri namun juga berlanjut juga kepada orang lain. Jadi sudah tentu bahwa calon peserta yang diterima adalah guru guru terpilih.
Setelah interview dilaksanakan, dilanjutkan dengan kegiatan microteaching selama 5 menit. Dalam tahap ini, calon peserta diminta untuk mensimulasikan performance selama kegiatan belajar mengajar (KBM) dikelas, guna mengetahui kemampuan calon peserta dalam mengajar sebagai bahan pemetaan awal bagi para trainer. Berbagai proses kegiatan dilihat ketika calon peserta melaksanakan microteaching, diantaranya adalah persiapan sebelum pembelajaran seperti RPP, cara guru dalam membuka pembelajaran, keterampilan komunikasi guru, kemampuan guru mengelola kelas, strategi pembelajaran yang digunakan, hingga kegiatan menutup pembelajaran.
Setelah kedua kegiatan tersebut dilalui, trainer mengatakan bahwa pengumuman kelulusan akan dilaksanakan pada 1 Maret 2018 melalui whatsapp, media sosial, dan website Sekolah Guru Indonesia. Trainer juga menghimbau supaya para peserta selalu bersemangat untuk mengupgrade kompetensinya, terus bersemangat belajar dan berbagi, karena masa depan generasi bangsa ini berada dipundak para guru tranformatif.
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Sinergi Indonesia & UEA, 500ribu Siswa Madrasah Nikmati Platform Pembelajaran Digital 2021

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Indonesia dan Uni Emirat Arab mulai...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI