Breaking News

20 Oktober 2020

Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2020

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين

Derasnya laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai menimbulkan rasa khawatir dikalangan masyarakat. Terutama ekses negatif yang muncul dan tidak dapat dinafikan sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Menyikapi kondisi ini, masyarakat mulai berpaling dan menaruh harapan besar kepada madrasah agar dapat menjawab tantangan. Sebab, di mata masyarakat, madrasah dapat memberikan benteng bagi anak-anak mereka karena tidak hanya membekali ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga memberikan bekal ilmu agama.


Indikator paling tampak dari kondisi di atas adalah semakin besar minat orang tua memasukkan putra-putri ke madrasah. Fakta ini tentunya menjadi tantangan sendiri bagi pengelola madrasah dan harus dijawab dengan langkah-langkah konkret. Proses pembelajaran dan sarana pembelajaran di madrasah harus semakin ditingkatkan, ditunjang dengan guru-guru madrasah yang juga harus senantiasa ditingkatkan kualifikasinya. Selain itu, guna meningkatkan iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah juga perlu dikembangkan/ dibangun kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa dalam mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. Dengan cara ini maka madrasah dapat semakin mengejar ketertinggalan dari sekolah umum, bahkan sangat mungkin mengunggulinya.


Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar (tahun 2012), mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi dan memadukan sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Integrasi sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM meliputi:

  1. Soal-soal sains dalam KSM dielaborasi dengan konteks yang adadalam Al Qur'an;
  2. Soal-soal sains dalam KSM menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik;
  3. Soal keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap menyejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains di madrasah.

Berdasarkan dasar pemikiran di atas, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM dimulai dari KSM Satuan Pendidikan dan KSM Nasional.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa pandemi Covid-19 tidak hanya melanda Indonesia, melainkan juga hampir seluruh wilayah di dunia. Hal ini mengakibatkan berbagai sektor kehidupan mengalami kendala, akan tetapi dalam kondisi apapun, negara harus menjamin keselamatan, kesehatan dan pendidikan seluruh warga negara. Selama masa darurat Covid-19 kegiatan pembelajaran tidak dapat dilakukan secara normal, siswa belajar dari rumah melalui sistem belajar jarak jauh (BJJ). Hal ini sebagaimana dituangkan dalam SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Selama masa pandemi Covid-19, siswa tetap harus difasilitasi untuk tetap melaksanakan aktifitas belajar, berkompetisi dan berprestasi dengan tetap memperhatikan dan menaati protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19, oleh karena itu kegiatan KSM tahun 2020 tetap dilaksanakan dengan menggunakan skema Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) tahun 2020. KSM Online tahun 2020 ini akan menggunakan soal dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab guna menyiapkan KSM mendatang yang akan Go Intemasional, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat.

Download Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2020


Selengkapnya mengenai Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2020 ini bisa anda unduh melalui link yang kami sediakan berikut ini.

Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2020
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2020. Semoga bermanfaat...

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI


ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Undangan Sosialisasi Teknis Penyusunan Proposal Bantuan Pokja Guru dan Tendik Tahun 2024 secara Online

السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI