Breaking News

02 May 2021

Panduan Penulisan Soal HOTS Jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA

 



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan Buku Panduan Penulisan Soal HOTS untuk guru di jenjang pendidikan dasar.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kata Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan arti dari keterampilan berfikir tingkat tinggi, pola berpikir seperti ini merupakan salah satu modal individu dari peserta didik untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia nyata dengan perubahan yang semakin cepat

Untuk itu, salah satu usaha yang perlu dilakukan di dunia pendidikan untuk menyiapkan peserta didik sebagai generasi penerus yang dapat bersaing di kanca Internasional adalah meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tingggi peserta didik

Dunia pendidikan perlu menyiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan abad 21 yang semakin kompleks. Pendidikan tidak cukup hanya membekali peserta didik dengan pengetahuan dan proses berpikir sederhana seperti yang dikenal selama ini, tetapi juga perlu menyiapkan mereka untuk memiliki dan mampu mengembangkan kecakapan esensial abad ini.

Dalam konteks pembelajaran dan penilaian abad 21, peserta didik harus mempelajari dan menguasai esensial keterampilan antara lain berpikir kritis dan pemecahan masalah; berpikir kreatif dan inovatif; dan berkolaborasi dan berkomunikasi efektif. berpikir kritis dan pemecahan masalah; dan berpikir kreatif dan inovatif merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
 
Keterampilan berpikir tingkat tinggi perlu dimiliki oleh setiap peserta didik agar dapat berfungsi optimal sebagai individu dan anggota masyarakat yang kritis, mandiri, dan produktif.


Panduan Penulisan Soal HOTS


Panduan penyusunan atau penulisan soal asesmen jenjang pendidikan dasar, menengah pertama dan menengah atas (SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA) dapat membantu guru dalam menyiapkan penilaian yang berkualitas khususnya HOTS sehingga keterampilan berpikir tingkat tinggi anak Indonesia berkembang optimal.

Berikut ini langkah-lanhkah dalam menyusun soal HOTS untuk kegiatan penilaian baik berupa penilaian pilihan ganda maupun berupa uraian pada jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA.
 

1. Menentukan kompetensi dasar dan materi yang akan dinilai


Sebelum menyusun soal langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang guru adalah menganalisis proses kognitif, dimensi pengetahuan, dan materi pada kompetensi dasar dalam kurikulum yang memungkinkan dapat dibuatkan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi.
 

2. Menyusun kisi-kisi


Langkah kedua yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam membuat soal-soal HOTS adalah menyusun kisi-kisi soal serta memastikan seluruh komponen yang terdapat dalam kisi-kisi konsisten, selaras, dan dapat dibuatkan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi.

3. Merumuskan indikator soal


Langkah ketiga yang harus diperhatikan oleh seorang guru untuk menghasilkan soal yang mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi, rumusan indikator perlu memenuhi prinsip penilaian pada keterampilan ini yaitu perlunya stimulus, konteks baru, dan proses berpikir tingkat tinggi.

Konteks stimulus disarankan berkenaan dengan kehidupan nyata sehari-hari dan sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif peserta didik. Stimulus yang kontekstual akan memudahkan peserta didik untuk mentransfer hal-hal yang telah dipelajari sehingga timbul sikap positif dan mengapreasiasi hal-hal yang telah dipelajari. Stimulus dengan konteks yang tidak sesuai dengan perkembangan peserta didik akan sulit dicerna sehingga tidak mendukung berkembangnya keterampilan berpikir tingkat tinggi.

4. Menulis soal sesuai dengan kaidah penulisan soal

 

Untuk memastikan kualitas soal sehingga memberi informasi yang valid, soal perlu memenuhi kaidah penulisan soal dari aspek konstruksi, substansi, dan bahasa.

Prinsip ini sama dengan prinsip penulisan soal secara umum (kaidah penulisan soal dan contoh-contoh soal level 1, 2, dan 3 bisa dilihat pada buku Panduan Tes Tertulis.

Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah isu sensitif. Soal hendaknya tidak menyinggung suku, agama, ras, antargolongan, dan tidak mengandung unsur, politik praktis, kekerasan, dan komersialisasi produk.


Unduh Buku Panduan Penulisan Soal HOTS


Untuk mengetahui langkah-langkah dalam menyusun soal-soal HOTS untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA silahkan anda pelajari langkah-langkah penyusunan soal pada tautan berikut;
 


 
 Untuk mengunduhnya silakan klik dibawah ini:
 
Demikian yang dapat mimin informasikan dan bagikan terkait Panduan Penulisan Soal-soal HOTS Tahun 2020 ini semoga dengan terbitnya buku panduan ini dapat memudahkan rekan-rekan guru dalam menghasilkan soal-soal HOTS nanti.

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)
Telegram ; 
(Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Cara Niat Zakat Fitrah serta Taqlidnya

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . 8 ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI