Breaking News

20 Desember 2021

10 Tempat Wisata di Amuntai Pas buat Liburan


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Sejumlah destinasi wisata di Kalimantan Selatan didominasi wisata alam. Salah satu kabupaten yang bisa dijelajahi saat berada di Pulau Borneo adalah Hulu Sungai Utara atau yang lebih terkenal dengan sebutan  Amuntai. Daerah ini memiliki panorama alamnya yang menarik cocok dijadikan tujuan liburan bersama orang tercinta. Berikut beberapa tempat wisata yang hits untuk dikunjungi selama berada di Amuntai.

1. Wisata Kerbau Rawa

Wisata Kerbau Rawa

Amuntai, dikenal akan julukannya yakni Kota Bertaqwa. Menjadi ibu kota dari Hulu Sungai Utara, dengan sebagian wilayahnya yang berupa rawa. Oleh sebab itu, dikembangkanlah sejumlah destinasi wisata yang tidak bisa Anda jumpai di daerah lain. Uniknya dari wisata satu ini adalah, terdapat pemandangan seratus kerbau dengan pemandangan alamnya yang mempesona.

Destinasi dari wisata kerbau rawa, menjadikan daya tarik tersendiri bagi sejumlah wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Umumnya, sejumlah pengunjung yang datang suka mengabadikan momen dengan pemandangan hamparan rawan, dan serunya lagi Anda bisa menggunakan perahu kelotok untuk untuk sampai disana.

Waktu yang pas untuk datang di destinasi wisata ini yakni pada saat pagi hari. Pada saat pagi hari, gembala akan mulai membukakan pintu kandang kerbau menuju wilayah rawa. Atau selain itu, Anda juga bisa melihatnya pada saat senja hari. Pada waktu itu, Anda bisa melihat kerbau yang beriring masuk ke dalam kandang.

2. Danau Caramin

Danau Caramin

Daftar rekomendasi untuk destinasi wisata terbaik di Amuntai yakni Danau Caramin. Lokasi dari Danau Caramin, yakni berada di desa Caramin, Hulu Sungai Utara. Danau Caramin, menyajikan hamparan danau yang sangat luas, ditambah dengan pemandangan alam yang asri, menjadikan banyak para wisatawan untuk mencoba destinasi satu ini.

Danau Caramin memiliki panorama indah, serta memiliki udara yang sejuk sehingga banyak wisatawan yang betah berlama-lama untuk bersantai sambil menikmati suasana alam dan menjadi pelepas penat yang ampuh selama kepadatan aktivitas Anda saat itu. Selain itu, di tempat ini juga terdapat sejumlah warung makan, cocok untuk Anda yang ingin bersantai di danau.

3. Danau Biru Tabur

Danau Biru Tabur

Masih seputar destinasi danau. Selain Danau Caramin, di Amuntai sendiri juga memiliki destinasi wisata Danau Biru Tabur, yang menjadi jujukan para wisatawan maupun warga lokal sekitar untuk refreshing saat akhir pekan. Sesuai dengan namanya, Danau Biru Tabur menyajikan pemandangan birunya air danau yang jernih, dan menakjubkan.

Untuk Anda yang memiliki hobi fotografi, destinasi satu ini sangat cocok untuk dicoba. Tentunya, keindahan air danau serta pemandangan yang eksotis dari danau sangat cocok dijadikan foto yang instagramable. Akses untuk menuju lokasi wisata tersebut juga terbilang cukup mudah dan strategis, yakni berlokasi di Amuntai sebelah Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Keseruan lain yang bisa pengunjung eksplor di danau ini adalah, pengunjung bisa menelusuri danau menggunakan sampan maupun perahu motor yang tersedia di danau tersebut, dengan kapasitas sekitar 2 atau 3 orang per penumpang. Tak hanya itu, waktu terbaik dikala pagi hari serta senja hari sangat cocok dinikmati oleh pengunjung untuk melihat keindahan sunset dan sunrise.

4. Wisata Itik Alabio

Wisata Itik Alabio

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa Anda coba saat berada di Amuntai yakni mengunjungi wisata Itik Alabio. Destinasi satu ini termasuk ke dalam wisata edukasi seputar kehidupan itik. Tentunya sangat cocok untuk dikunjungi bersama sanak dan keluarga. Wisata ini, pasti menjadi destinasi yang seru untuk anak-anak.

Anda juga dapat memberikan penjelasan kepada anak-anak tentang habitat dari itik, tingkah laku itik, cara berkembang hingga makanan dari itik tersebut. Terlebih itik Alabio merupakan itik yang menjadi ikon dari kota Hulu Sungai Utara, yang mana dikenal luas oleh masyarakat sekitar. Dengan berkunjung di wisata ini, pengunjung bisa dengan langsung melihat tingkah laku dari itik Alabio.

5. Sirkuit Tabur

Sirkuit Tabur

Untuk Anda pecinta adrenalin, sirkuit tabur bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang tepat untuk liburan Anda lebih berkesan dan menyenangkan. Tentunya, dengan melakukan sejumlah hobi yang menantang ini, bisa membantu Anda mengurangi efek kepenatan atau stress yang berkepanjangan akibat tuntutan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari yang padat.

Destinasi wisata sirkuit tabur yang berlokasi di Amuntai ini menyediakan sejumlah kegiatan ekstrem yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan seperti motor track outbond. Memiliki sirkuit yang berlumpur serta licin, sangat cocok untuk menantang adrenalin Anda. Dengan mencoba motor track outbond, akan menghadirkan pengalaman yang berharga dan tak terlupakan.

Saat ini, ternyata banyak sekali para traveller yang rela menempuh jarak yang jauh demi mendatangi sirkuit tabur ini bersama dengan rekan-rekan. Rasa penasaran yang amat tinggi untuk bisa merasakan kegiatan ekstrem ini, menjadikan traveller rela membayar tarif yang cukup mahal. Selain itu, banyak juga traveller yang menonton keseruan pertunjukan motor track outbond.

6. Titian Panjang

Titian Panjang

Titian Panjang bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang bisa Anda coba untuk menenangkan pikiran, serta merasakan kesejukan dari tempat yang masih sangat terjaga keasriannya. Berlokasi di Desa Jingah Bujur, Amuntai, Titian Panjang menjadi objek wisata dengan pemandangan rawa yang eksotik dan jauh dari polusi udara.

Selain menyenangkan dan menyejukkan, pengunjung yang berkunjung di destinasi satu ini tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk bisa menikmati kenyamanan wisata satu ini. Pikiran yang rileks dengan pemandangan rawa dan pepohonan yang sejuk mampu menghilangkan beban pikiran dan memunculkan energi positif dalam diri Anda.

7. Candi Agung



Selain wisata berbasis panorama alam, Amuntai juga memiliki destinasi wisata yang bertemakan objek wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Candi Agung di Amuntai, menjadi salah satu situs candi Hindu, peninggalan dari kerajaan Negara Dipa yang mana hidup pada masa pemerintahan kerajaan Majapahit.

Candi Agung memiliki luas sekitar 40×50 m dan selalu menjadi obyek wisata favorit untuk anak-anak sekolah, sebagai pengenalan edukasi sejarah yang diharapkan bisa menambah wawasan yang luas para generasi muda. Pengunjung yang berkunjung di area ini bisa menjelajahi apa saja di area candi, dengan pengawasan juru kunci atau pengawal yang bertugas di dalam candi.

8. Siring Kota Amuntai



Destinasi wisata satu ini memang terbilang cukup sederhana, yakni wisata di tepian sungai di dekat pasar. Akan tetapi, banyak wisatawan yang berkunjung di wisata ini sebab sering diadakan sejumlah acara seperti perlombaan memasak hingga bazar kuliner khas Amuntai yang hits dan recomended.

Alhasil, banyak para wisatawan yang penasaran untuk mengunjungi destinasi satu ini, sebab terdapat sejumlah jajanan serta menu kuliner yang khas di Amuntai. Tentunya, menjelajah destinasi alam suatu tempat, tak lengkap jika belum mencoba sejumlah kuliner khasnya yang unik dan menggiurkan lidah.

9. Pasar Alabio



Jika di Jogja terkenal akan pasar Beringharjo yang menjadi jujukan wajib para wisatawan, begitupun juga dengan Amuntai yang memiliki pasar Alabio, dan menjadi destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi jika Anda sedang berada di Amuntai. Di dalam pasar Alabio, pengunjung akan disuguhkan berbagai jajanan tradisional dan menu kuliner khas Amuntai.

Tentunya, pengunjung bisa membeli sejumlah jajanan tradisional khas Amuntai sebagai buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga maupun rekan kantor. Untungnya lagi, kebanyakan jajan yang dijual di pasar Alabio ini terbilang cukup terjangkau sehingga sangat ramah di kantong dan pastinya cocok untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Amuntai.

10. Danau Panggang



Daftar destinasi wisata terakhir yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang sedang berlibur di Amuntai yakni dengan mencoba berkunjung di Danau Panggang. Keunikan dari danau ini tentunya menjadi objek wisata yang tidak bisa Anda jumpai di tempat manapun. Pasalnya, pengunjung bisa melihat pemandangan kerbau yang berenang di sekitar rawa-rawa.

Pengunjung bisa melihat secara langsung pemandangan kerbau selesai berenang, hingga memberikan makan dengan jarak yang aman dan tentunya sesuai dengan prosedur yang diterapkan oleh pemandu wisata danau panggang. Destinasi wisata satu ini sangat menarik banyak wisatawan sebab pemandangan alami ini sangat jarang dijumpai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "10 Tempat Wisata di Amuntai Pas buat Liburan", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung bersama Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Nama Ibu Kota Baru Indonesia: Nusantara

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Ban...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI