Breaking News

04 January 2019

Contoh Soal Tes PPPK 2019 Beserta Jawabannya

Contoh Soal Tes PPPK 2019 Beserta Jawabannya

Assalaamu'alaikum Sahabat hanapibani.com

Setelah di akhir tahun kita di gemparkan dengan maraknya pendaftaran CPNS dimana-mana, kini timbul lagi istilah baru yaitu PPPK.
Apa itu PPPK?
PPPK adalah sebuah singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Berhubung ia adalah Pegawai maka gajihnyapun setara dengan PNS karena dua-duanya merupakan ASN.

Artikel yang akan kami bagikan ini tentunya merupakan artikel yang sedang Sobat cari-cari guna mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2019 yang sebentar lagi katanya akan dibuka.
Berdasarkan hasil live Twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dapat disimpulkan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) dibagi menjadi dua tahapan, yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Tahapan Penerimaan ASN Tahun Anggaran 2019

Pada tahun 2019 ini, akan diadakan kembali rekrutmen ASN yang terbagi kepada tiga tahapan, yakni:

1. Penerimaan PPPK Tahap I

Rekrutmen PPPK Tahap yang pertama ini dikabarkan akan dibuka mulai akhir Januari 2019. Pada penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap pertama ini akan lebih diutamakan untuk Tenaga Kesehatan, Guru serta Penyuluh Pertanian. Nah jika anda ingin lulus dalam seleksi P3K tahap pertama 2019 ini, maka siapkan diri anda dari sekarang. Caranya dengan mempelajari Contoh Soal Tes PPPK 2019 beserta jawabannya yang link downloadnya telah kami sediakan di akhir artikel ini.

2. Penerimaan PPPK Tahap II

Penerimaan PPPK tahap yang kedua akan dibuka setelah pemilu tahun 2019. Pada penerimaan tahap yang kedua ini, akan dibuka seluruh formasi yang membutuhkan tenaga P3K. Nah jika di tahapan pertama rekrutmen PPPK anda belum lulus, maka bisa dicoba kembali di tahapan yang kedua ini. Silahkan maksimalkan lagi mempelajari Contoh Soal Tes PPPK 2019 beserta jawabannya supaya mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Penerimaan CPNS Tahun Anggaran 2019

Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2019 akan diadakan setelah pelaksanaan penerimaan P3K tahap kedua selesai dilaksanakan. Jadi kita tunggu saja informasi resminya nanti dari pihak Kemenpan-RB maupun BKN.
Dari siaran langsung pihak BKN melalui Twitter disebutkan juga bahwa Penerimaan ASN Tahun 2019 mencapai 250 ribu formasi, dimana 60% dialokasikan untuk PPPK dan 40% untuk PNS.
Nah untuk memperoleh hasil yang maksimal saat seleksi nantinya, maka anda harus melakukan persiapan yang maksimal pula. Silahkan pelajari semua Contoh Soal Tes PPPK 2019 Beserta Jawabannya sebanyak mungkin. Hal ini penting supaya anda tahu bagaimana pola dari soal-soal SKD CAT P3K 2019 sehingga akan membantu anda saat seleksi nantinya.

Contoh Soal Tes PPPK 2019 Beserta Jawabannya

Sebagaimana yang kita tahu bahwa untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) maka peserta diwajibkan untuk mengikuti tes seleksi penerimaan PPPK. Peserta yang berhasil lulus dalam seleksi SKD CAT penerimaan PPPK 2019 inilah yang akan diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.
Namun untuk bisa lulus dalam seleksi tes PPPK ini tentunya tidak mudah. Banyaknya jumlah pelamar tentunya akan membuat persaingan menjadi sangat ketat. Jadi hanya peserta yang melakukan persiapan yang maksimal yang lebih berpeluang lulus dalam tahapan seleksi. Oleh sebab itu, mempelajari Contoh Soal Tes PPPK 2019 Beserta Jawabannya wajib anda lakukan jika ingin lulus saat tes PPPK 2019 nanti.
Terkait tahapan seleksi penerimaan PPPK tahun 2019 berdasarkan PP Nomor 49 tahun 2018 pasal 19. Seleksi penerimaan PPPK terbagi kepada 2 tahapan, yakni seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Adapun seleksi administrasi adalah proses pencocokan persyaratan administrasi serta kualifikasi dengan dokumen para peserta. Sedangkan seleksi kompetensi dimaksudkan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural serta kompetensi teknis yang dimiliki oleh para peserta dengan standar kompetensi jabatan.
Lebih lanjut dijelaskan pada Pasal 22 PP Nomor 49 tahun 2018 bahwa Seleksi kompetensi teknis terdiri dari seleksi kompetensi untuk jabatan yang disyaratkan sertifikasi profesi dan seleksi kompetensi untuk jabatan yang belum disyaratkan sertifikasi profesi.
Seleksi kompetensi teknis untuk formasi yang mensyaratkan sertifikasi profesi akan dilakukan dengan menguji kompetensi supaya bisa menentukan peringkat. Sedangkan seleksi kompetensi teknis bagi formasi yang belum disyaratkan mempunyai sertifikasi profesi akan dilakukan dengan menguji kompetensi untuk menentukan ambang batas kelulusan peringkat.

Kisi-kisi Soal Tes PPPK tahun 2018

Berdasarkan uraian di atas tadi, maka Contoh Soal Tes PPPK 2019 untuk jabatan guru diprediksi akan sama dengan soal UKG atau mirip dengan Contoh Soal SKB CPNS Guru. Jadi bagi anda yang sudah berpengalaman mengikuti Uji Komptensi Guru (UKG), Pretes PPG ataupun SKB CPNS Guru. Tentu sudah tidak asing lagi dengan bentuk soal Kompetensi Teknis PPPK 2019 dan diharapkan anda semua lulus dalam seleksi nantinya.
Perlu diketahui juga bahwa, kelulusan PPPK tidak berdasarkan passing grade sebagaimana dalam penerimaan CPNS, namun berdasarkan peringkat. Jadi peserta yang berada diperingkat sesuai kebutuhan kuota yang kemungkinan akan lulus dalam seleksi PPPK tahun 2019.

Contoh Soal Tes PPPK 2019 (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

Sebagaimana yang diketahui, bahwa kemungkinan Contoh Soal Tes PPPK 2019 menggunakan bentuk soal model baru sebagaimana halnya dalam seleksi CPNS tahun 2018. Jika kita merujuk ke PP Nomor 49 tahun 2018 tentang PPPK. Maka materi yang akan diujikan dalam seleksi kompetensi PPPK 2019 hampir sama dengan materi soal SKB CPNS 2018.
Nah di bawah ini telah kami sediakan beberapa link Download Contoh Soal Tes PPPK beserta Jawabannya yang bisa anda jadikan bahan pembelajaran sebagai persiapan untuk mengikuti seleksi PPPK tahun 2019.
#Contoh Soal Tes Kompetensi PPPK Guru 2019 disini.
#Contoh Soal Tes Kompetensi PPPK Tenaga Kesehatan 2019 disini.
#Contoh Soal Tes Kompetensi PPPK Lainnya disini.
#Link Download PP Nomor 49 Tahun 2018 Tentang PPPK disini.
#Link Siaran Langsung BKN di Twitter disini.

Demikianlah informasi mengenai Contoh Soal Tes PPPK 2019 Beserta Jawabannya yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini. Semoga beberapa contoh soal seleksi kompetensi PPPK 2019 di atas bisa membantu anda dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi tes PPPK tahun anggaran 2019. Terima kasih dan semoga sukses.

Sumber :yessehat.com
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

HAL YANG HARUS DIKETAHUI TENTANG SEKOLAH RAMAH ANAK

“Satu pertiga hidup anak berada di sekolah, oleh karena itu sekolah turut menyumbangkan sepertiga dari kualitas hidup anak-anak kita. Unt...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI