Breaking News

30 Mei 2021

Calon Murid SD/MI tidak Harus Bisa Membaca, Tugas Guru SD/MI Mengajarinya

 



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Kemampuan membaca bukan persyaratan seorang anak bisa diterima di Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kriteria utama mendaftar SD/MI adalah usia paling rendah enam tahun hingga tujuh tahun pada Juni 2021.

"Syarat utama bisa diterima di SD adalah usia yang akan dilakukan perangkingan, bukan kemampuan tulis baca," kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Danti Arvan.

Ia menambahkan untuk masuk SD/MI jika calon murid berusia di atas tujuh tahun wajib diterima. Berdasarkan aplikasi data pokok pendidikan (dapodik) yang bisa dimasukkan datanya adalah calon murid dengan batas usia minimal enam tahun. Apabila di bawah enam tahun oleh sistem akan ditolak.

"Akan tetapi bagi anak-anak yang secara fisik dan mental sudah siap untuk masuk SD kendati usia di bawah enam tahun bisa dipertimbangkan untuk diterima akan tetapi harus melewati asesmen," kata Danti. 28/05/21).

Ia menilai usia enam tahun merupakan umur ideal untuk masuk SD/MI karena jika di bawah itu dikhawatirkan kemandirian anak belum terbangun. Selain itu baca tulis itu merupakan tugas guru di SD/MI untuk mengajarkan kepada murid agar mampu, kalau di TK itu konsepnya adalah bermain sambil belajar.

Oleh sebab itu, dia mengingatkan orang tua tidak membebankan anak harus bisa membaca sebelum masuk SD/MI, konsep pendidikan ini didesain sedemikian rupa mulai dari prasekolah, TK, SD/MI dan seterusnya disesuaikan dengan perkembangan intelektual, fisik dan emosional anak.  

Demikian artikel mengenai "Calon Murid SD/MI tidak Harus Bisa Membaca, Tugas Guru SD/MI Mengajarinya", semoga ada manfa'atnya.

 
Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

Gabung bersama kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)
Telegram ; 
(Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape

 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Contoh Soal PTS Bahasa Arab + Kunci Jawaban Semester 1 Kelas 6 MI Sesuai KMA 183

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani ....

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI