Breaking News

17 Mei 2021

Hikmah Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib

  


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.
Berikut ini adalah merupakan beberapa hikmah yang terkandung dibalik adanya peristiwa "Hijrah Nabi Muhammad SAW. ke Yatsrib";

1. Bertambah Kecintaan Kaum Muslim terhadap Islam

وَالَّذِينَ هَاجَرُوا فِي اللَّهِ مِنْ بَعْدِ مَا ظُلِمُوا لَنُبَوِّئَنَّهُمْ فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَلأجْرُ الآخِرَةِ أَكْبَرُ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ (٤١) الَّذِينَ صَبَرُوا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ (٤٢

Artinya: “Dan, orang-orang yang berhijrah karena Allah sesudah mereka dianiaya, pasti kami akan memberikan tempat yang bagus kepada mereka di dunia. Dan sesungguhnya, pahala di akherat adalah lebih besar kalau mereka mengetahui (yaitu) orang-orang yang sabar dan hanya kepada Tuhan saja mereka bertawakal. (Q.S. An-Nahl [16] : 41-42)

 Agama Islam mengajarkan kepada umatnya apabila menghadapi berbagai macam gangguan yang diperbuat oleh orang-orang yang memasuki Islam supaya bersabar dan ikhlas. Apabila mereka sudah tidak mengenal lagi perikemanusiaan, Allah Swt. memerintahkan supaya berhijrah ke tempat yang jauh dari ancaman dan gangguan mereka. Dengan hijrahnya kaum muslimin, tampak kecintaan mereka kepada Islam. Dan dengan hijrah pula tampaklah kecintaan kaum muslimin kepada Allah dan Rasul-Nya melebihi cintanya mereka kepada tanah air dan harta bendanya.


2. Bertambah Kekuatan Kaum Muslimin 

Dengan berhijrah ke Yasrib, kaum muslimin akan memperoleh ketenteraman dalam beribadah kepada Allah Swt. Dan Allah Swt. akan memberikan pertolongan sehingga kaum muslimin dapat mengalahkan orang-orang kafir, walaupun mereka lebih besar atau lebih banyak kekuatannya.


3. Dakwah Membutuhkan Keadaan yang Mendukung 

Nabi Muhammad Saw. selama tiga belas tahun di Mekah selalu menghadapi berbagai gangguan dari kaum kafir Quraisy. Ancaman yang kecil sampai yang besar bahkan sampai yang membahayakan nyawa Rasulullah Saw. Akhirnya, beliau memilih hijrah ke Yatsrib untuk melanjutkan dakwahnya. Yatsrib merupakan kota yang makmur, tenteram, mendukung segala kegiatan Nabi Muhammad Saw. untuk menyiarkan agama Islam.


4. Setiap Kebenaran akan Mendatangkan Kemenangan 

Rasulullah Saw. setiap menghadapi ancaman kaum kafir Quraisy selalu sabar, teguh, dan berani. Nabi Muhammad Saw. berkeyakinan bahwa orang yang berani dan tabah menderita kesukaran atau kesulitan akan mendapatkan kemuliaan. Kemenangan akan diperoleh oleh siapa pun yang berani dan tabah menempuh bahaya yang mengancam jiwanya. Allah beserta orang-orang yang benar.


5. Peristiwa Hijrah Dijadikan Dasar Permulaan Tahun Baru Islam Tahun Hijrah

 Khalifah Umar bin Khattab menetapkan bahwa pergantian tahun Islam dimulai dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad Saw. dari Mekah ke Yatsrib. Khalifah menetapkan dan memutuskan dengan persetujuan sahabat-sahabat Rasulullah Saw. pada waktu itu bahwa permulaan pergantiannya dimulai pada tanggal 1 Muharram.

Demikian artikel mengenai "Hikmah Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib", semoga ada manfa'atnya.

Untuk lebih jelasnya silakan saksikan video dibawah ini:
 


Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

Gabung bersama kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)
Telegram ; 
(Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Pengertian beberapa TMT (Tanggal Mulai Tugas)

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Ba...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI