Breaking News

30 May 2021

Modul Belajar Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 Lengkap Seluruh Mapel

 



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar peserta didik. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter Pancasila yang prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen utama dalam pendidikan sehingga menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun Pemerintah Daerah dalam seleksi Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

Seleksi Guru ASN PPPK dibuka berdasarkan pada Data Pokok Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengestimasi bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai satu juta guru (di luar guru PNS yang saat ini mengajar). Pembukaan seleksi untuk menjadi guru ASN PPPK adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil bagi guru-guru honorer yang kompeten agar mendapatkan penghasilan yang layak. Pemerintah membuka kesempatan bagi: 1). Guru honorer di sekolah negeri dan swasta (termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori dua yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK sebelumnya. 2). Guru yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan; dan Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar. Seleksi guru ASN PPPK kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun sebelumnya formasi untuk guru ASN PPPK terbatas. Sedangkan pada tahun 2021 semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi. Semua yang lulus seleksi akan menjadi guru ASN PPPK hingga batas satu juta guru. Oleh karenanya agar pemerintah bisa mencapai target satu juta guru, maka pemerintah pusat mengundang pemerintah daerah untuk mengajukan formasi lebih banyak sesuai kebutuhan.

Untuk mempersiapkan calon guru ASN PPPK siap dalam melaksanakan seleksi guru ASN PPPK, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) mempersiapkan modul-modul pembelajaran setiap bidang studi yang digunakan sebagai bahan belajar mandiri, pemanfaatan komunitas pembelajaran menjadi hal yang sangatpenting dalam belajar antara calon guru ASN PPPK secara mandiri. 

Modul akan disajikan dalam konsep pembelajaran mandiri menyajikan pembelajaran yang berfungsi sebagai bahan belajar untuk mengingatkan kembali substansi materi pada setiap bidang studi, modul yang dikembangkan bukanlah modul utama yang menjadi dasar atau satu-satunya sumber belajar dalam pelaksanaan seleksi calon guru ASN PPPK tetapi dapat dikombinasikan dengan sumber belajar lainnya. Peran Kemendikbud melalui Ditjen GTK dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan guru P3K melalui pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas peserta didik adalah menyiapkan modul belajar mandiri.

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat GTK Dikdas) bekerja sama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) yang merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan modul belajar mandiri bagi calon guru P3K. Adapun modul belajar mandiri yang dikembangkan tersebut adalah modul yang di tulis oleh penulis dengan menggabungkan hasil kurasi dari modul Pendidikan Profesi Guru (PPG), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), dan bahan lainnya yang relevan. Dengan modul ini diharapkan calon guru ASN PPPK memiliki salah satu sumber dari banyaknya sumber yang tersedia dalam mempersiapkan seleksi Guru ASN PPPK.

Berdasarkan berbagai sosialisasi, berikut ini Ketentuan Umum Seleksi PPPK Tahun 2021:

 

1). Setiap WNI dapat melamar menjadi PPPK dengan batas usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

2). Pelamar tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih;

3). Pelamar tidak pernah: a). Diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS; b). Diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai prajurit TNI; c). Diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai anggota Kepolisian Negara Rl; d). Diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

4). Pelamar tidak menjadi anggota/pengurus Parpol atau terlibat politik praktis;

5). Pelamar memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;

6). Pelamar memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku;

7). Pelamar sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;

8). Calon pelamar hanya dapat mendaftar pada 1 (satu) Instansi dan 1 (satu) formasi jabatan;

9). Persyaratan minimal 3 (tahun) berpengalaman di bidang kerja yang relevan dengan Jabatan Fungsional yang dilamar. Dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh: a) Minimal Jabatan Tinggi Pratama untuk yang bekerja di instansi pemerintah; b). Minimal Direktur/Kepala Divisi yang membidangi SDM/HRD di perusahaan swasta atau lembaga swadaya non- pemerintah atau yayasan; c).Tidak boleh bertentangan dengan Sistem Merit



Berikut ini materi tes PPPK tahun 2021 yakni sebagai berikut.

• Kompetensi Tekhnis

Pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan. (Tes inilah yang dimungkinkan mengambil materi dari Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021)


• Kompetensi Manajerial

Pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan: a). Integritas; b). Kerjasama; c). Orientasi pada hasil; d). Komunikasi; e). Pelayanan publik; f). Pengembangan diri dan orang lain; g). Pengambilan keputusan; h). Mengelola perubahan.

• Kompetensi Sosio-Kultural

Pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku dalam berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku, dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa yang terkait dengan: a). Kepekaan terhadap perbedaaan budaya; b). Kemampuan berhubungan sosial; c). Kepekaan terhadap konflik; d). Pengendalian diri; e). Empati.

Berikut ini Ketentuan Khusus Seleksi Guru PPPK 2021. Peserta yang berhak untuk mendaftar pada seleksi PPPK Guru Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

1) Honorer THK-II sesuai database THK-II di BKN;

2) Guru Honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud;

3) Guru yang masih aktif mengajar di sekolah swasta dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud;

4) Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di Database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemendikbud.

5) Tes akan dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali.

6) Verifikasi administrasi dilakukan berdasar Sertifikasi Pendidik terlebih dahulu. Apabila tidak sesuai dilakukan berdasar Kualifikasi Pendidikan ybs.

7) Sertifikasi Pendidik dan Kualifikasi Pendidikan merujuk SE Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Nomor: 1460/B.B1/GT.02.01/2021, tanggal 15 Maret 2021.

 

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 01. Pedagogi (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 02. PGSD IPA (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 03. PGSD IPS (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 04. PGSD PPKN (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 05. PGSD Matematika (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 06. PGSD Bahasa Indonesia (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 07. PJOK SD (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 08. Mata Pelajaran PJOK SMP_SMA_SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 09. Mata Pelajaran IPS Ekonomi SMP (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 ---10. Mata Pelajaran IPS Geografi SMP (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 11. Mata Pelajaran IPS Sejarah SMP (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 12. Mata Pelajaran IPS Sosiologi SMP (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 13. Mata Pelajaran IPA Biologi SMP (disini)

 

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 14. Mata Pelajaran IPA Fisika SMP (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 15. Mata Pelajaran IPA Kimia SMP (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 16. Mata Pelajaran Matematika SMP SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 17. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 18. Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 ---19. Mata Pelajaran Fisika SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 20. Mata Pelajaran Biologi SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 21. Mata Pelajaran Kimia SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 22. Mata Pelajaran PPKn SMP SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 23. Mata Pelajaran Ekonomi SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 24. Mata Pelajaran Geografi SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 25. Mata Pelajaran Sejarah SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 ---26. Mata Pelajaran Sosiologi SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 ---27. Mata Pelajaran Bimbingan Konseling SD SMP SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 28. Mata Pelajaran Bahasa Arab SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 29. Mata Pelajaran Bahasa Jepang SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 30. Mata Pelajaran Bahasa Jerman SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 31. Mata Pelajaran Bahasa Prancis SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 32. Mata Pelajaran Bahasa Mandarin SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 33. Mata Pelajaran Pendidikan Luar Biasa (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 34. Mata Pelajaran TK-PAUD (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 35. Mata Pelajaran TIK / Informatika SMP SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 36. Mata Pelajaran Seni Budaya Teater SMP SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 37. Mata Pelajaran Seni Budaya Tari SMP SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 38. Mata Pelajaran Seni Budaya Rupa SMP SMA SMK (disini)

Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 --- 39. Mata Pelajaran Seni Budaya Musik SMP SMA SMK (disini)

 

Demikian artikel mengenai "Link Download Modul Belajar Calon Peserta Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 Lengkap Seluruh Mata Pelajaran (Mapel)", semoga ada manfa'atnya.

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

Gabung bersama kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)
Telegram ; 
(Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Khutbah Jumat: Keutamaan Bulan Dzulqa’dah dan Peristiwa Penting di Dalamnya

  السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanap...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI