Breaking News

11 Juni 2024

‘Sang’ Bidadari Jadi Maskot KSM 2024, Ini Makna Setiap Coraknya!


www.hanapibani.com


Burung Bidadari, Maskot KSM dan MYRES 2024

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥

Jakarta  --- Maskot Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional tahun 2024 di Provinsi Maluku Utara adalah burung BIDADARI. Burung Bidadari adalah salah satu spesies burung endemik langka yang berada di pulau Halmahera dan menjadi salah satu simbol provinsi Maluku Utara. Burung bidadari Halmahera dengan nama latin Samioptera Wallaci dalam maskot KSM Nasional tahun 2024 memiliki makna sebagai berikut:

Pertama, ‘sang’ Bidadari menggunakan tuala polulu (penutup kepala) berwarna kuning yang menggambarkan bahwa masyarakat (bala kusu sekano-kano) Moluku Kie Raha siap menyukseskan gelaran KSM serta MYRES (Madrasah Young Researchers Supercamp) 2024. Warna kuning itu sendiri melambangkan aura kehangatan, optimisme, keceriaan dalam mengembangkan semangat edukasi.

Poin kedua, baju warna putih yang dikenakan Bidadari melambangkan kesucian, kebeningan hati dan penuh keakraban. Ini menggambarkan sikap masyarakat Maluku Utara dalam menerima duta KSM 2024 yang akan berlaga saintifik di negeri para Raja Moluku Kie Raha ini. 


Selanjutnya, maskot Bidadari juga menggunakan selempang berwarna merah yang memberikan arti kehangatan, persahabatan, keluhuran budi, serta keteguhan para pemimpin dan rakyat moloku kie raha dalam menjaga bingkai keimanan dan kehidupan bernegara agar kokoh dalam satu NKRI yang dijabarkan dalam semboyan ‘jou se ngofa ngare.’ 

Untuk warna hitam sendiri melambangkan ketegasan, keteguhan dan profesionalitas dalam bersaing pada KSM serta MYRES dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Terakhir dalam spektrum warna, hijau adalah simbol kemakmuran dan kesuburan. Ini adalah sebagai pengingat akan nilai keluhuran budi, kebaikan moral serta kemampuan untuk menjadi insan yang senantiasa mencintai alam sebagai bentuk rasa syukur atas karunia Allah SWT. Hijau juga sebagai simbol alam yang harus bersama kita jaga dan pertahankan keindahan dan kesuburannya demi kelangsungan kehidupan anak cucu di masa datang.

Terakhir, simbol jempol pada burung Bidadari menunjukan bahwa madrasah siap menjadi lembaga pendidikan yang mampu melahirkan generasi muda yang beriman dan berilmu pengetahuan, sejalan dengan tujuan utama dari KSM sendiri dari tahun ke tahun.

Sebagai penutup, tulisan ‘KSM Maluku Utara 2024’ adalah tanda kesiapan Maluku Utara menjadi tuan rumah pada gelaran akbar KSM dan MYRES tahun 2024 ini.

Berdasar Lampiran IV  Juknis KSM 2024 maskot KSM Nasional 2024 memiliki makna sebagagai berikut:

  1. Sang bidadari menggunakan tuala polulu (penutup kepala) berwarna kuning menggambarkan bahwa masyarakat (bala kusu sekano-kanoMoloku Kie Raha siap menyukseskan event Kompetisi Sains Madrasah dan My Ress Tahun 2024. Warna kuning melambangkan aura kehangatan, optimisme, keceriaan dalam mengembangkan semangat edukatif; 
  2. Baju warna putih yang dikenakan sang bidadari melambangkan kesucian, kebeningan hati dan penuh keakraban masyarakat Maluku Utara dalam menerima duta kompetensi sains madrasah yang akan berlomba di negeri para Raja Moloku Kie Raha.
  3. Sang Bidadari menggunakan selempang berwarna merah menandakan kehangatan dan persahabatan serta keluhuran budi, keteguhan para pemimpin dan rakyat moloku kier raha dalam menjaga bingkai keimanan dan bingkai kehidupan bernegara agar kokoh dalam satu NKRI yang dijabarkan dalam semboyan jou se ngofa ngare.
  4. Warna hitam melambangkan ketegasan, keteguhan dan profesionalitas dalam bersaing pada event kompetisi sains madrasah dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.
  5. Warna hijau adalah simbol kemakmuran dan kesuburan yang mengingatkan kita pada keluhuran budi, kebaikan moral serta mampu menjadi insan yang senantiasa mencintai alam sebagai bentuk rasa syukur atas karunia Allah SWT. Bahwa alam harus dijaga keindahannya dan dipertahankan demi kelangsungan kehidupan anak cucu pada masanya.
  6. Simbol jempol pada burung bidadari menunjukkan bahwa madrasah siap menjadi lembaga pendidikan yang mampu melahirkan generasi muda yang beriman dan berilmu pengetahuan
  7. Tulisan KSM Maluku Utara 2024 adalah kesiapan Maluku Utara menjadi tuan rumah pada pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan My Ress tingkat nasional tahun 2024.

Demikian makna dari setiap corak dan gestur dari ‘sang’ Bidadari yang akan menjadi maskot dan menemani spirit berkompetisi para siswa dalam KSM dan MYRES 2024 ini. Ikuti terus informasi terkait KSM dan MYRES serta informasi seputar pendidikan Islam pada halaman website dan sosial media Ditjen Pendidikan Islam.



Cek (Promo BIG sale )surpet karakter fre ongkir dengan harga Rp75.000. Dapatkan di Shopee sekarang! https://shope.ee/2fos1ujf7o?share_channel_code=1

Demikian informasi mengenai "‘Sang’ Bidadari Jadi Maskot KSM 2024, Ini Makna Setiap Coraknya!" yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat..

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI .

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 

0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Penamaan Hari Tarwiyah, Arafah dan Keutamaannya

  السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI