Breaking News

02 February 2020

10 Soal TWK Ini Ditanyakan di Tes SKD CPNS, Bukan Hapalan dan Lebih ke Analisis, tentang Pancasila


Beberapa peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yang telah selesai mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) memberikan sedikit informasi hal-hal apa saja yang ditanyakan.
Meski belum tentu muncul karena ada ribuan soal dan akan diacak, setidaknya soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) ini bisa menjadi bahan referensi untuk semakin mematangkan persiapan dan bisa lolos Passing Grade atau ambang batas SKD CPNS.

Pelaksanaan tes SKD CPNS 2019 dengan sistem Computer Assisted test (CAT) ini sendiri sudah dimulai sejak 27 Januari 2020 dan akan berlangsung hingga 28 Februari 2020 yang akan datang. 
Satu hal yang cukup menarik dari pelaksanaan SKD CPNS kali ini adalah materi ujian yang menjadi momok bagi peserta. 
Bila di tahun-tahun sebelumnya peserta mengeluhkan sulitnya soal Tes Karakteristik Pribadi, maka di SKD CPNS 2019 ini peserta banyak yang gagal di TWK.
Pada ujian SKD yang dilaksanakan, peserta harus menjawab 100 soal dalam waktu 90 menit.
Soal SKD pada dasarnya terdiri dari 3 jenis, yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes inteligensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).
Kabarnya, pada pelaksanaan SKD CPNS 2019 kali ini, soal-soal TWK menjadi momok bagi sejumlah peserta.
Dari akun @cpns_indonesia di Instagram memberikan peringatan kepada peserta CPNS 2019.
Banyak yang mendapat nilai rendak di soal TWK 'HATI-HATI DENGAN TWK"
Perbanyak belajar soal TWK Hots misalnya tentang bela negara dan radikalisme.
Pada hari pertama pelaksanaan SKD, dikabarkan banyak peserta yang mendapat skor rendah di kelompok soal TWK.
Dari foto yang beredar, tak ada peserta yang mampu meraih skor di atas 90. Artinya, dari 35 soal TWK, rata-rata peserta hanya mampu menjawab 18 soal.
Hal ini berbeda dibanding pada pelaksanaan CPNS 2018, di mana soal-soal TKP yang banyak menggugurkan peserta di tahap awal seleksi CPNS 2018.
Bahkan Kemenpan-RB sampai membuat aturan baru saking terlalu banyak CPNS gugur akibat TKP.
Sementara itu, tipe soal TWK tahun lalu cenderung jarang soal-soal hafalan.
Mayoritas adalah soal-soal pengamalan pancasila, tetapi dalam bentuk rumit.
Sementara untuk soal-soal TIU dan TKP, raihan skor peserta terbilang cukup baik melewati ambang batas atau Passing Grade yang ditetapkan.
Diketahui, pada rekrutmen CPNS 2019, pemerintah juga telah menurunkan Passing Grade keLulusan SKD.
Dalam aturan baru, yakni Pasal Pasal 3 Permen PAN-RB 24/2019, disebutkan bahwa nilai ambang batas SKD CPNS 2019 minimal yang harus dipenuhi antara lain 126 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 65 untuk TWK.

10 soal TWK yang ditanyakan
Sejumlah peserta yang sudah mengikuti tes memberikan informasi seputar pertanyaan apa saja yang ditanyakan dalam SKD CPNS.
Meski soal tersebut belum tentu muncul karena panitia memiliki sistem tertentu untuk mengacak soal, setidaknya 10 soal ini bisa menjadi bahana referensi untuk semakin mematangkan persiapan menghadapi tes SKD CPNS
1.Terjadinya demonstrasi besar-besaran di wilayah Propinsi Papua dan Papua barat yang disertai dengan aksi persekusi, pengrusakan dan penjarahan di kantor pemerintahan adalah wujud penerapan penyampaian suara publik dimuka umum yang bertentangan dengan Pancasila khususnya sila ke?
2. Dalam beberapa hari ini dunia Maya kembali dihebohkan dengan video penggerebekan sepasang muda mudi yang diduga tengah berbuat mesum di Cikupa , Tangerang ,Banten pada tanggal 20 November 2018. Namun, setelah dilakukan penyelidikan, ternyata pasangan muda mudi tersebut menjadi korban salah tuduh . Video yang viral tersebut memperlihatkan bagaimana para warga mengarak mereka keliling kampung dengan kondisi setengah telanjang. Hal semacam ini telah melanggar salah satu sila dalam Pancasila yaitu sila ke ?
3. Bangsa Indonesia merasa dirinya adalah bagian dari seluruh umat manusia . Pernyataan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila yang ke ?
4. Politik Dinasti Ratu Atut yang terjadi di pemerintah provinsi Banten merupakan salah satu Contoh kondisi yang sangat bertentangan dengan nilai Pancasila dan harus dihilangkan . Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh warga negara Indonesia lainnya yang juga memiliki hak politik ( hak untuk memilih dan dipilih) untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam arena politik praktis di Indonesia. Menghilangkan politik dinasti merupakan sebuah tindakan yang sesuai dengan Pancasila , khususnya sila ke?
5. Andi adalah bagian dari generasi milenial yang gemar menggunakan internet untuk mengisi waktu. Suatu hari Andi melihat sebuah berita yang menarik perhatiannya di Facebook dan langsung membagikannya di lini masa Facebook miliknya . Setelah beberapa waktu, salah satu sahabat Andi mengirim pesan dan menyampaikan bahwa berita yang di bagikan oleh Andi adalah hoax dan dapat menyulut perpecahan dan dia terancam UU ITE. Tindakan yang dilakukan Andi bertentangan dengan Pancasila khususnya sila ke?
6. Valentinus adalah mahasiswa asal Papua yang ingin melanjutkan studinya di Pulau Jawa, khususnya di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Setelah sampai disana, selama seminggu ia mengalami perlakuan yang tidak menyenangkan berbalut rasisme yang membuatnya merasa sedih dan marah. Hal yang dialami Valentinus adalah salah satu penyimpangan perilaku yang bertentangan dengan Pancasila khususnya sila ke ?
7. Baru baru ini terjadi operasi tangkap tangan terhadap beberapa oknum kepala daerah di berbagai propinsi dan kabupaten / kota yang mengejutkan publik. Saat dibawa ke gedung merah putih KPK , para tersangka yang menggunakan rompi orange khas tahanan KPK malah melempar senyum dan melambaikan tangan seolah tak bersalah. Hal ini pada dasarnya tidak sesuai dengan tatanan dan pandangan hidup bangsa Indonesia khususnya Pancasila sila ke ?
8. Setiap tahunnya selalu terjadi kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Presiden Joko Widodo telah memerintahkan menteri terkait untuk mengambil langkah penanggulangan dan pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. Peristiwa ini amat mengganggu kegiatan sehari hari masyarakat dan menyebabkan sekolah diliburkan di beberapa tempat, penundaan penerbangan dan banyak lainnya. Setelah ditelusuri ternyata banyak kebakaran yang terjadi tidak disebabkan oleh peristiwa alam, melainkan ulah tangan manusia khususnya perusahaan perusahaan sawit yang ingin mengambil langkah cepat untuk melancarkan bisnis mereka. Hal ini adalah bentuk sikap yang sangat bertentangan dengan Pancasila khususnya sila ke?
9. Eksploitasi besar-besaran terhadap sumber daya alam milik Indonesia yang dilakukan oleh perusahaan asing telah mengakibatkan kerusakan alam yang masif. Sumber minyak disedot, batubara , emas dan nikel dikeruk demi menguntungkan sebagian kelompok saja. Hal ini sangat bertentangan dengan Pancasila khususnya sila ke ?
10. Fakir miskin dan anak anak terlantar dipelihara oleh negara, merupakan sikap negara dalam mengamalkan Pancasila khususnya sila ke?

Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Batal Berangkat, Bagaimana Nasib Perlengkapan Haji 2020?

Bekasi (Kemenag) --- Pemerintah Indonesia pada 2 Juni 2020 memutuskan membatalkan keberangkatan jemaah dalam penyelenggaraan haji 1441H/202...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI