Breaking News

26 Juli 2021

Karena Siswa Belajar di Rumah, Benarkah Guru Makan Gaji Buta Saat Pandemi?

 



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Pandemi telah mengubah tatanan hidup hampir seluruh umat manusia dari berbagai aspek, termasuk pendidikan. Saat ini, proses belajar mengajar tidak dilakukan lagi di sekolah, melainkan di rumah secara online.

Banyak orang mengatakan bahwa guru makan gaji buta selama pandemi ini. Alasannya mungkin karena mereka tidak mengajar secara langsung seperti biasanya. Meskipun kabar ini pasti ditepis oleh kebanyakkan guru. Tapi, orang-orang yang tidak mau tau tetap teguh pada pendiriannya.

Tahun 2020 lalu menjadi tahun yang cukup ramai mengenai hal ini. Banyak argumen pro kontra muncul tentang guru yang memakan gaji buta. Menurut kami, hal itu tidaklah benar. Karena, masih ada guru yang tetap totalitas dalam mengajar, malah mengajar secara daring lebih menguras waktu, tenaga dan pemikiran mereka.

Bukti bahwa guru tidak makan gaji buta

Dilansir dari website forum tanya jawab quora.com, di sana ada seseorang meminta tanggapan “murid belajar di rumah, guru makan gaji buta”. Ada setidaknya 8 jawaban yang merespon pertanyaan ini yang semuanya setuju bahwa guru tidak makan gaji buta alias kontra.

Jawaban yang pertama saya lihat cenderung netral meskipun pada dasarnya ia kontra. Ia menjelaskan bahwa mungkin alasan adanya pendapat seperti itu karena banyaknya tugas yang tidak disertai penjelasan yang jelas dari guru. Menurut saya, seharusnya antara orang tua dan guru berkoordinasi tentang masalah ini. Agar, kedua belah pihak bisa saling memahami dan tidak saling menyalahkan.

Selain itu, ada juga penjawab yang mengatakan bahwa ia merasa kecewa ketika banyak yang ngomong seperti itu. Karena menurutnya, mengajar daring menghabiskan banyak paket data, terutama saat live Zoom. Banyak juga keluhan lain seperti menyiapkan materi yang tidak gampang, dari membuat video pembelajaran dan bahkan ada bikin artikel diwebsite agar mudah dibaca (seperti yang dilakukan penulis) serta banyak keluhan dari anak didiknya, dan yang lainnya.

Dengan adanya argumen di atas kita dapat menyimpulkan bahwa sebenarnya guru tidak makan gaji buta. Meskipun ada, mungkin hanya sebagian kecil. Lalu, bagaimanakah solusi dari banyaknya anggapan ini? Saya pikir seharusnya orangtua yang harus lebih aktif dalam proses belajar daring anaknya.

Peran orangtua dalam proses belajar daring anaknya

1. Dampingi anak dalam proses belajar

Saat proses belajar sedang berlangsung, sebaiknya orangtua mendampinginya dengan baik. Karena, anak-anak cenderung akan mudah bosan dan suka bermain-main. Selain itu, orangtua bisa membantu anaknya mengerjakan tugas seperti membantu menyelesaikannya, mencari materi, menanyakan kepada yang mungkin mampu, dan yang lainnya.

2. Memberikanmu fasilitas yang memadai

Menyediakan fasilitas pendidikan seperti berlangganan paket belajar lewat aplikasi juga bisa dilakukan. Karena saat pandemi seperti sekarang, peran aplikasi belajar online menjadi hal yang penting bagi para pelajar. Kementerian Pendidikan pun juga mengeluarkan aplikasi belajar online gratis untuk anak-anak.

3. Sering-seringlah berkomunikasi dengan guru

Untuk meningkatkan efektivitas belajar daring, sebaiknya orangtua lebih sering berkomunikasi dengan guru tentang proses belajar anaknya. Karena, guru mungkin bisa memberikan rekomendasi materi apa saja yang harus dipelajari lagi bagi si anak.

Adanya anggapan bahwa guru makan gaji buta hanyalah anggapan yang tidak berdasar. Jadi, jawaban untuk benarkah guru makan gaji buta selama pandemi karena siswa belajar di rumah? Saya rasa jawabannya yang paling tepat adalah “tidak”.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Karena Siswa Belajar di Rumah, Benarkah Guru Makan Gaji Buta Saat Pandemi?", semoga bermanfa'at.

 
Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)
Telegram ; 
(Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

Ùˆ ØµÙ„Ù‰ على سيدنا محمد Ùˆ على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape

 

0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Kunci Jawaban - 3.2 Konsep Dasar Perkawinan - Pelatihan Keluarga Sakinah - Pintar Kemenag

  السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani ....

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI