Breaking News

09 Juli 2021

"Bawa Batanang, Musuh Harat"

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

"Bawa batanang" adalah idiom (ungkapan khas) berbahasa Banjar yang belakangan viral di medsos. Ungkapan khas ini mengandung perintah untuk menenangkan diri dalam menghadapi persoalan sulit terlebih lagi ketika yang dihadapi itu permasalahan besar.

Menenangkan diri tentu terkait dengan persoalan psikis dan masalah psikis dalam Islam erat kaitannya dengan kondisi hati, karena dalam Islam hati sangat memiliki peran penting dan harmonisasi hati dalam diri sangat mempengaruhi kejiwaan seseorang.

Maka, seseorang akan mampu meraih ketenangan diri jika ia memiliki kelapangan dada (keluasan hati untuk menerima dengan ridha segala ketentuan dan keputusan Allah), yang dalam al-Qur'an di sebut dengan al-Insyirah, yang menjadi nama surah ke 94.

Orang yang memiliki kelapangan hati dan dada adalah orang yang mampu menerima situasi apapun dengan menyelam ke dasar keimanannya untuk menemukan mutiara hikmah dari kehendak Allah atas dirinya dengan sebuah keyakinan

 ما خلقت هذا باطلا 

(tidak ada sesuatu pun yang Allah ciptakan sia-sia), termasuk situasi yang Allah ciptakan untuk dirinya, yang sedang di hadapinya.

Idiom di atas, "bawa batanang" biasanya dilanjutkan dengan kalimat "musuh harat, jangan dilawan", ini sangat menarik kalau kita kaitkan dengan kelapangan dada dengan situasi yang pernah Nabi Musa hadapi ketika Nabi Musa disuruh Allah mendatangi Fir'aun yang menjadi musuh besarnya saat itu. Menghadapi situasi seberat dan sebesar itu lantas Nabi Musa berdoa kepada Allah :

رب اشرح لى صدرى 

"Ya Tuhanku lapangkanlah dadaku." (QS. Thaha ayat 25)

Dari sini kita bisa belajar, bahwa dalam menghadapi sebesar apa pun "musuh" dalam kehidupan, kunci utamanya untuk dapat mengatasinya adalah dengan kelapangan dada. Sebab dengan kelapangan dada seberat dan sebesar apa pun persoalan yang di hadapi akan menjadi mudah dan dapat terselesaikan dengan baik. Ini dapat dibuktikan dengan doa yang selanjutnya di ucapkan Nabi Musa saat itu : 

و يسرلى أمرى

"Dan mudahkanlah untukku urusanku"


Jadi, nang ngapa kah nang marasa barat di hadapi, baiknya bawa batanang ha dulu.😊😜

By: Haji Syamsul Arifin

Demikian tulisan mengenai "Bawa Batanang, Musuh Harat" yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat...
 
Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

Gabung bersama kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)
Telegram ; 
(Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

KMA 624 Tahun 2021 Tentang Supervisi Pembelajaran Pada Madrasah

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI