Breaking News

21 Agustus 2021

Daring, Kemenag Gelar Kompetisi Sains Madrasah Kabupaten/Kota

 

 

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Semarang --- Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag kembali mengadakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Tahun 2021, KSM digelar secara dalam jaringan atau daring secara berjenjang, mulai dari tingkat Kabupaten/Kota sampai nasional. Proses uji coba sistem telah dilakukan pada 14-16 Agustus 2021.

"KSM 2021 tingkat Kabupaten/Kota digelar 21 - 23 Agustus 2021," terang Direktur KSKK Madrasah M Isom Yusqi saat membuka KSM di Kab Semarang, Jumat (20/8/2021).



Isom berharap KSM 2021 selaon mengasah kemampuan akademik siswa, juga menanamkan nilai integritas yang kuat. "Semoga KSM tahun ini menjadi wadah yang positif bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya menuju karakter mandiri dan berprestasi," tuturnya.


Kasubdit Kesiswaan Dit KSKK Madrasah Nanik Pujihastutik memastikan kesiapan kegiatan KSM daring Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2021. Pihaknya telah menggandeng tim Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) selaku penanggungjawab tata kelola server Kemenag. Sinergi juga dilakukan dengan Tim Aplikasi CBT dari UINSA yang sudah berpengalaman.

"Saya berharap pelaksanaan KSM daring tingkat Kabupaten/Kota ini lancar sampai hari terakhir," harapnya.

Ketua Tim Ahli UINSA, Kusaeri, menyampaikan bahwa Dewan Pakar KSM Tahun 2021 memiliki pengalaman yang cukup memadai dalam mengawal soal kompetisi seperti KSM. Integritas dan komitmen Dewan Pakar juga sudah teruji dalam beberapa tahun selama mengawal KSM. "Soal yang diujikan hari ini juga  telah melewati tahapan panjang, mulai tahap review diinternal penulis, review di tim ahli dan tahapan terakhir review  bersama dewan pakar," terangnya.



Lebih lanjut, Kusaeri mengaku sempat ada kendala penyesuaian server dengan aplikasi pada hari pertama fase uji coba.  Namun, kendala tersebut dapat diatasi dengan baik oleh tim IT KSM Tahun 2021.

Ketua Tim IT KSM UINSA Ahmad Yusuf menjelaskan, tahap uji coba KSM Tahun 2021 sangat efektif dalam mengidentifikasi masalah yang terjadi saat seleksi daring, baik di masing-masing daerah maupun di pusat. Sehingga, potensi terjadinya kendala sudah dimitigasi. Misalnya, Tim IT KSM Tahun 2021 mengidentifikasi bahwa perlu antisipasi bagian listrik server dan jaringan. Untuk antisipasi ini Tim KSKK sudah mengirimkan surat permohonan ke lembaga terkait untuk pengamanan kedua hal tersebut.

Yusuf juga menambahkan bahwa dalam KSM daring ini, proses ujian CBT diawasi oleh pengawas secara virtual untuk mencegah kecurangan. Pengawas dapat mengawasi peserta dengan mengecek kondisi peserta yang diambil secara berkala dan otomatis oleh sistem. Selain itu, pengawas dapat memberi peringatan melalui sistem jika peserta melakukan pelanggaran.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Daring, Kemenag Gelar Kompetisi Sains Madrasah Kabupaten/Kota", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)
Telegram ; 
(Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

Ùˆ ØµÙ„Ù‰ على سيدنا محمد Ùˆ على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape


0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Khutbah Jumat: Mari Tata Niat agar Ibadah Menjadi Nikmat

السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI