Breaking News

13 November 2022

Bantuan Tuntas Baca Tulis Qur’an (TBTQ) untuk SD/SDLB Tahun 2022

www.hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Bantuan Tuntas Baca Tulis Qur’an (TBTQ) untuk Sekolah Dasar (SD) tahun 2022 merupakan salah satu program yang dimiliki oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia. Program Bantuan Bantuan Tuntas Baca Tulis Qur’an (TBTQ) PAI SD/SDLB Tahun Anggaran 2022 akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan dan program-program dalam pemberdayaan dan peningkatan mutu guru PAI pada SD melalui TBTQ PAI SD.

Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis Bantuan TBTQ PAI SD/SLB Tahun 2022, Program Tuntas Baca Tulis Qur’an (TBTQ) pada Sekolah Dasar merupakan sarana Pembelajaran yang diperlukan oleh Guru dan siswa dalam rangka memberikan Metode dalam hal praktik baca tulis Quran maupun untuk pelaksanaan ibadah yang sesungguhnya seperti bacaan pada salat 5 waktu, salat sunah ataupun kegiatan lainnya seperti MTQ.

TBTQ dimaksudkan untuk mempelajari Al-qur’an dapat mengerti apa isi kandungan dalam al-Qur’an; pembinaan di lakukan dengan orang yang sudah mengerti tata cara baca tulis al-qur’an dengan benar; dan mengetahui bahwa Al-qur’an adalah kitab suci Allah yang sudah terbukti kebenarannya.

Dengan demikian Pendidikan Agama Islam di sekolah dapat berlangsung secara lebih maksimal. Keberhasilan pendidikan agama tidak hanya dapat diukur melalui nilai akan tetapi sejauh mana pemahaman agama diamalkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, lingkungan sekolah idealnya mendukung terwujudnya pengamamalan nilai-nilai keagamaan secara tepat.

Sifat bantuan adalah bersyarat dan terbatas; bersyarat adalah karena bantuan yang diberikan dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan PAI, dan terbatas karena bantuan yang diterima adalah untuk pengadaan sarana praktik ibadah/media pembelajaran sebagai pendukung proses pembelajaran PAI di sekolah.

Program Bantuan Tuntas Baca Tulis Qur’an (TBTQ) untuk Sekolah Dasar (SD/SDLB) dinamakan Bantuan TBTQ PAI SD/SDLB Tahun 2022. Jumlah alokasi bantuan adalah sebanyak 18 lokasi Kab/kota dengan nilai bantuan @ Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah)/lokasi atau persekolah.

Adapun Kriteria Umum Penerima bantuan biaya Program Bantuan Tuntas Baca Tulis Qur’an (TBTQ) untuk Sekolah Dasar Tahun 2022

1. TBTQ PAI SD/SDLB tingkat Propinsi atau Kabupaten/Kota;

2. Menyelenggarakan PAI;

3. Memiliki siswa yang beragama Islam;

4. Memiliki masjid/musala/tempat ibadah/laboratorium PAI;

5. Lulus seleksi dan ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

Persyaratan Calon Penerima Bantuan Biaya Program Bantuan Tuntas Baca Tulis Qur’an (TBTQ) untuk Sekolah Dasar Tahun 2022

1. Surat Permohonan Bantuan dari Kepala Sekolah yang telah ditandatangani oleh pimpinan lembaga/sekolah dan distempel/cap lembaga/sekolah yang ditujukan Direktur Jenderal Pendidikan Islam c.q. Direktur Pendidikan Agama Islam.

2. Surat Rekomendasi dari Kantor Kemenag Kabupaten/Kota c.q. Kasi PAIS/PAKIS/PENDIS dan/atau Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi c.q. Kabid PAIS/PAKIS/PENDIS.

3. Proposal Bantuan Tuntas Baca Tulis Qur’an (TBTQ) pada Sekolah Dasar.

4. Rencana Anggaran Biaya (RAB).

5. Surat Pertanggung Jawajab Mutlak (SPTJM).

6. Buku Rekening aktif atas nama sekolah.

7. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Atas nama sekolah.

8. Profil Sekolah.

Pendaftaran dan Seleksi Bantuan Biaya Program Bantuan Tuntas Baca Tulis Qur’an (TBTQ) untuk Sekolah Dasar Tahun 2022

1. Pendaftaran

a. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Sistem Informasi LayananBantuan (SILABA) PAI yang ada di website: www.pendis.kemenag.go.id/pai/

b. Berkas pendaftaran dikirim dalam bentuk pdf;

c. Berkas permohonan dikirim paling lambat pada hari Selasa, 15 November 2022 pukul 24.00 WIB.

2. Seleksi

Seleksi calon penerima bantuan dilakukan oleh Tim Seleksi yang ditugaskan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, dengan mempertimbangkan kriteria dan kelayakan calon penerima bantuan.

3. Pengumunan

Pengumuman calon penerima bantuan akan dilakukan melalui website:www.pendis.kemenag.go.id/pai/

Ketentuan lebih lengkap program bantuan ini diatur dalam Petunjuk Teknis Bantuan TBTQ PAI SD/SLB. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ibu Cucum Sumiati (+62 813-1830-0048) atau Dadan Abdul Rahman (+62 812-1240-9927).

Download Pengantar Juknis Bantuan Tuntas Baca Tulis Qur’an (TBTQ) untuk SD/SDLB Tahun 2022


Untuk mengunduh file diatas silakan klik dibawah ini;


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Unduh Contoh Soal PAS Bahasa Arab Kelas 8 MTs Semester 1 Sesuai KMA 183 ", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
Komunitas WA ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Unduh Contoh LPJ Bantuan Pokja KKG/MGMP/MGBK/KKM/POKJAWAS Madrasah

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI