Breaking News

17 Mei 2023

Bidadara Untuk Wanita di Surga

www.hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Surga adalah sebaik-baiknya tempat kembali. Di dalamnya, manusia dapat merasakan segala kenikmatan yang hakiki. Kenikmatan yang manusia dapatkan di sana adalah kenikmatan yang tanpa batas. Salah satu yang termasuk kenikmatan tersebut adalah “bidadari”, yang disebut dalam al-Quran menggunakan redaksi “huur“.

Bidadari-bidadari tersebutlah yang akan melayani laki-laki di surga nanti. Namun apakah hanya laki-laki saja yang akan mendapatkan pasangan bidadari yang sedia melayani mereka? Bagaimana dengan perempuan? Apakah ada “bidadara” di surga yang disiapkan untuk melayani wanita-wanita penghuni surga?

Bidadari Dalam Al-Qur’an

Kata “huur” dalam al-Quran disebut sebanyak empat kali, yang dalam tiga ayat kata tersebut selalu disandingkan dengan sifat ” `iyn “, dan dalam satu ayat lainnya hanya kata huur saja, yaitu:

كَذٰلِكَۗ وَزَوَّجْنٰهُمْ بِحُوْرٍ عِيْنٍۗ

“Demikianlah (keadaan penghuni surga) dan Kami menjadikan mereka berpasangan dengan bidadari yang bermata elok.” (Q.S. ad-Dukhan [44]: 54)

مُتَّكِـِٕيْنَ عَلٰى سُرُرٍ مَّصْفُوْفَةٍۚ وَزَوَّجْنٰهُمْ بِحُوْرٍ عِيْنٍ

“Mereka bertelekan di atas dipan-dipan yang tersusun dan Kami menganugerahkan kepada mereka pasangan, yaitu bidadari yang bermata indah.” (Q.S at-Thur [52]: 20)

وَحُوْرٌ عِيْنٌۙ

“Ada bidadari yang bermata indah.” (Q.S. al-Waqi’ah [56]: 22)

حُوْرٌ مَّقْصُوْرٰتٌ فِى الْخِيَامِۚ

“Bidadari-bidadari yang dipingit dalam kemah-kemah.” (Q.S. ar-Rahman [55]: 72)

Sifat Bidadari Surga

Selain pada ayat-ayat di atas, al-Quran juga menyebutkan ciri-ciri huur iyn di surga, antara lain yaitu, pertama, memiliki perangai baik (Q.S. ar-Rahman [55]: 70). Kedua, tidak liar alias menjaga pandangan dari hal-hal yang tidak patut dilihat (Q.S. ar-Rahman [55]: 42). Ketiga, mempunyai sifat-sifat dan karakteristik yang sama dengan manusia yang sebaya (Q.S. al-Waqi’ah [56]: 37).

Keempat, memiliki kulit yang merona nan rupawan bagai kilau mutiara, yaqut, atau marjan (Q.S. as-Shaffat [37]: 49). Kelima, perawan suci, tidak pernah disentuh sebelumnya baik oleh manusia ataupun jin (Q.S. ar-Rahman [55]: 74). Dan selalu siap melayani pasangan dan berada di tenda-tenda yang nyaman dan aman dari lirikan orang lain (Q.S. al-Rahman [55]: 72).

Semua ciri-ciri yang disebutkan ayat-ayat di atas memang condong menunjukkan kepada ciri-ciri perempuan. Akan tetapi jika kita telusuri, ternyata tidak hanya bidadari saja yang Allah janjikan bagi penghuni surga. Al-Quran juga ternyata menyebutkan bahwa di dalam surga ada pula laki-laki muda (pemuda) tampan yang juga melayani orang-orang beriman.

Bidadara Dalam Al-Qur’an


وَيَطُوْفُ عَلَيْهِمْ غِلْمَانٌ لَّهُمْ كَاَنَّهُمْ لُؤْلُؤٌ مَّكْنُوْنٌۚ

“Di sekitar mereka ada anak-anak muda belia berkeliling untuk (melayani) mereka, seakan-akan (anak muda belia) itu bagaikan mutiara yang tersimpan.” (Q.S. at-Thur [52]: 24)


وَيَطُوْفُ عَلَيْهِمْ وِلْدَانٌ مُّخَلَّدُوْنَۚ اِذَا رَاَيْتَهُمْ حَسِبْتَهُمْ لُؤْلُؤًا مَّنْثُوْرًا

“Mereka dikelilingi oleh para pemuda yang tetap muda. Apabila melihatnya, kamu akan mengira bahwa mereka adalah mutiara yang bertaburan.” (Q.S. al-Insan [76]: 19)

Dapat dipahami dari dua ayat di atas, bahwa di dalam surga juga ada pelayan-pelayan yang masih muda, laki-laki tampan dan berbudi luhur yang siap melayani siapa pun penghuni surga, termasuk perempuan.

Pasangan di Surga

Apabila kita cermati kembali firman Allah terkait karunia kenikmatan berupa bidadari bagi penghuni surga, seperti dalam Q.S. ar-Rahman [55]: 70 dan al-Waqi’ah [56]: 22 dan 38, maka akan kita jumpai ayat tersebut menegaskan bahwa seluruh kenikmatan itu diperuntukkan untuk orang-orang yang takut akan keagungan Tuhannya, (liman khaafa maqaama rabbihi), orang-orang golongan kanan (li ashaabil yamin), dan sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan (jazaan bima kanu ya’malun). Seperti yang kita ketahui, bahwa sifat-sifat tersebut merupakan sifat yang bisa dimiliki oleh laki-laki dan perempuan.

Tak sedikit dalam al-Quran ayat-ayat yang menyebutkan bahwa manusia di surga akan dipertemukan dengan pasangannya di dunia karena sama-sama beriman, seperti suami dengan istri, atau orangtua dengan anaknya, dan seterusnya. Salah satunya dalam surah an-Nisa [4]: 57:


وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ سَنُدْخِلُهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًاۗ لَهُمْ فِيْهَآ اَزْوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ ۙ وَّنُدْخِلُهُمْ ظِلًّا ظَلِيْلً

Terjemah kata azwaj dalam ayat tersebut adalah “istri-istri”, versi terjemah Kemenag RI. Sementara dalam Tafsir al-Misbah, Quraish Shihab mengartikannya dengan “pasangan-pasangan”. Namun ada juga ayat dalam al-Quran yang menunjukkan arti “pasangan” yang bukan manusia, seperti pada kalimat tsamaniyata azwaj dalam surah al-An’am [6]: 143:


… ثَمٰنِيَةَ اَزْوَاجٍۚ مِنَ الضَّأْنِ اثْنَيْنِ وَمِنَ الْمَعْزِ اثْنَيْنِۗ

“Ada delapan hewan ternak yang berpasangan (empat pasang, yaitu) sepasang domba dan sepasang kambing …  ”

Dari uraian di atas setidaknya dapat kita pahami bahwa al-Quran telah mengisyaratkan bahwa yang menghuni surga nanti yaitu manusia yang memiliki pasangan dengan ciri yang telah disebutkan di atas, meski tidak selalu dalam bentuk suami istri. Sehingga dapat ditarik kesimpulan pula, bahwa yang disebut-sebut “bidadari” tidak hanya sebatas berjenis kelamin perempuan saja. Jadi tidak hanya kaum lelaki saja yang akan mendapatkan bidadari di surga, melainkan kaum wanita juga akan mendapatkan lelaki-lelaki muda yang sedia melayaninya. Wallahu’alam.


Demikian informasi mengenai "Bidadara Untuk Wanita di Surga" yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat..

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 


0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Aplikasi SKL dan SKHU MTs

  السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani ....

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI