Breaking News

13 Mei 2023

Trik Touchpad Laptop dengan Jari

www.hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Menggunakan touchpad laptop saat ini tidak seperti dulu. Dulu kita lebih memilih menggunakan mouse saat bekerja menggunakan laptop daripada menggunakan touchpad bawaan laptop. Kini dengan perkembangnya teknologi touchpad, Windows 10 pun telah melengkapinya dengan touchpad gesture untuk memaksimalkan fungsi touchpad laptop.

Selama ini mungkin kita mengenal touchpad (jarang disebut juga trackpad) hanya untuk menggerakkan kursor dengan menggerakkan satu jari saja, ditambah dengan tombol klik kiri dan klik kanan. Namun saat ini iika laptopnya sudah dilengkapi dengan precision touchpad, Windows 10 akan mengenali perintah gestur 1 jari hingga 4 jari.


Berikut beberapa gesture yang disediakan Windows 10 sehingga kita dapat memaksimalkan penggunaan touchpad pada laptop.

1. Satu Jari

– Menyeret jari di atas touchpad. Berfungsi menggerakkan kursor searah dengan gerakan jari. Fungsi ini sudah kita kenal tentunya.
– Ketuk 1 kali. Fungsinya sama dengan klik kiri 1 kali pada mouse.

– Ketuk 2 kali. Sama dengan klik 2 kali pada mouse. Biasa digunakan untuk membuka program atau aplikasi. Jika kursor diarahkan ke text, akan blok 1 kata (highlight).
– Ketuk 3 kali. Sama dengan klik kiri 3 kali pada mouse. Jika di halaman text (saat edit dokumen atau halaman website) akan ngeblok (highlight) satu paragraf.
– Ketuk 2 kali, tapi ketukan ke dua ditahan (tetap menempel di atas touchpad) lalu diseret. Caranya, arahkan kursor ke header aplikasi yang akan di geser, lalu ketuk touchpad 2 kali, ketukkan kedua di tahan menempel di touchpad, lalu seret ke arah yang diinginkan. Fungsinya akan menyeret jendela aplikasi sesuai keinginan. Jika jari diangkat dari touchpad, jendela akan berpindah ke lokasi kursor terakhir. Fungsi ini diistilahkan dengan Drag & drop. Kalau di mouse, fungsi ini sama dengan klik kiri tapi di tahan (tetap ditekan).

Jika di arahkan ke halaman text, akan ngeblok (highlight) text sesuai keinginan.

2. Dua jari

– Dua jari diketukkan satu kali secara bersamaan. Fungsinya sama dengan klik kanan pada mouse. Akan memunculkan beberapa perintah lain.
-Dua jari diseret ke atas atau ke bawah. Berfungsi menggulung atau menggeser layar ke atas atau ke bawah. Fungsinya sama dengan roda (scroll) pada mouse.
-Dua jari diseret ke kanan dan ke kiri. Berfungsi menggulung atau menggeser halaman ke kanan atau ke kiri.
-Dua jari diseret saling mendekat atau saling menjauh. Biasanya menggunakan jari jempol dan telunjuk. Gerakan seperti mencubit atau kebalikannya. Berfungsi memperbesar atau memperkecil objek. Dikenal dengan istilah Zoom-in dan Zoom-out. Fungsi ini persis seperti di layar hp untuk memperbesar atau memperkecil. Kalau di mouse sama dengan menggerakkan roda ke atas atau ke bawah sambil menekan tombol CTRL pada keyboard.

3. Tiga Jari

-Tiga jari diketukkan satu kali secara bersamaan. Berfungsi menampilkan Cortana atau pencarian Windows.

-Tiga jari di seret ke atas. Berfungsi menampilkan semua aplikasi yang sedang terbuka atau sedang aktif. Sekaligus akan menampilkan histori aplikasi yang pernah di buka sebelumnya. Untuk mengembalikan ke keadaan semula, seret tiga jari ke bawah.

www.hanapibani.com
Memilih diantara aplikasi yang aktif

-Tiga jari diseret ke bawah. Meminimalkan atau menon-aktifkan semua jendela aplikasi yang sedang terbuka dan menampilkan halaman desktop (tempat berbagai shortcut berkumpul). Untuk mengembalikan ke keadaan semula, seret tiga jari ke atas.
-Tiga jari di seret ke kanan atau ke kiri. Berfungsi memilih aplikasi diantara beberapa aplikasi yang sedang aktif atau terbuka.

4. Empat Jari

– Empat jari diketukkan secara bersamaan: Membuka jendela Action center.

www.hanapibani.com
Jendela action center

– Empat jari diseret ke kanan atau kekiri: Menggeser atau memilih layar desktop.
– Empat jari diseret ke bawah: Meminimalkan atau nonaktifkan jendela aplikasi yang sedang aktif.
– Empat jari diseret ke atas: Memunculkan kembali jendela aplikasi yang sebelumya di minimalkan atau dinonaktifkan. Kebalikan dari empat jari diseret ke bawah.

Gestur di atas akan berfungsi dengan baik jika laptop telah dilengkapi precision touchpad. Silahkan dicoba gestur-gestur di atas. Jika semua berfungsi dengan baik berarti memang laptopnya sudah memiliki precision touchpad. Atau anda bisa memastikannya dengan melihat di bagian Settings > Devices > Touchpad. Di bawah tulisan “Touchpad” terdapat tulisan “Your PC has precision touchpad“. Jika tidak ada tulisan tersebut kemungkinan laptopnya belum dilengkapi precision touchpad. Namun beberapa fungsi gestur di atas mungkin masih bisa berfungsi dengan baik.

www.hanapibani.com
Precision touchpad

Fungsi gestur di atas tidak mutlak. Artinya bisa di kustomisasi atau disesuaikan dengan selera di bagian settings touchpad. Lihat tulisan selanjutnya mengenai cara kustomisasi gesture touchpad Windows 10.

Demikian informasi mengenai "Trik Touchpad Laptop dengan Jari" yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat..

 
Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Panduan Cara Membuat Akun KSM

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanap...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI