Breaking News

10 Maret 2024

Ini Data Falakiyah PBNU soal Awal Ramadhan 1445 H


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengeluarkan data hilal awal Ramadhan 1445 H pada Ahad, 29 Sya'ban 1445 H yang bertepatan dengan 10 Maret 2024 M.

Dirilis dari laporan "Hilal Awal Ramadhan 1445 H", data LF PBNU meliputi ketinggian hilal, elongasi, waktu ijtima', lama hilal, keadaan dan kedudukan hilal, letak hilal, hingga matahari.  

1. Ketinggian hilal

Tinggi hilal mari'e atau irtifa'a adalah busur yang ditarik tegaklurus dari ufuk toposentrik (mar'ie) menuju titik zenith hingga tepat berujung di pusat cakram bulan.  

Tinggi hilal terkecil di Indonesia saat matahari terbenam pada Ahad, 29 Sya'ban 1445 H atau bertepatan 10 Maret 2024 M berada di Kota Jayapura, Provinsi Papua dengan tinggi -0 derajat 30 menit, sedangkan parameter hilal terbesar terjadi di Kota Lhoknga, Provinsi Aceh dengan tinggi 0 derajat 26 detik.

2. Elongasi

Elongasi adalah busur yang ditarik dari pusat cakram matahari secara langsung menuju ke pusat cakram bulan secara geosentrik (haqiqy).  

Elongasi terkecil di Indonesia saat matahari terbenam pada Ahad, 29 Sya'ban 1445 H atau bertepatan 10 Maret 2024, sebesar 2 derajat 16 menit di Kota Jayapura, Provinsi Papua dan sampai dengan 2 derajat 42 menit derajat di Kota Lhoknga, Provinsi Aceh.

3. Lama hilal

Lama hilal adalah lamanya hilal di atas ufuk mar'ie dari sejak terbenamnya matahari hingga terbenamnya bulan.

Adapun lama hilal di atas ufuk pada Ahad, 29 Sya'ban 1445 H atau bertepatan 10 Maret 2024, mulai 0 menit 0 detik di Jayapura, Papua sampai dengan lama hilal 4 menit 21 detik di Lhoknga, Aceh.

4. Ijtimak atau konjungsi

Ijtimak atau konjungsi bulan-matahari adalah sejajarnya matahari dan bulan dalam satu garis bujur ekliptika yang sama secara geosentrik (haqiqy), yakni jika ditinjau dari titik pusat bumi (bukan permukaan bumi). Kendati menempati bujur ekliptika yang sama, pada saat ijtima' kali ini tidak terjadi gerhana matahari karena kedua benda langit menempati garis lintang ekliptikanya masing-masing.  

Ijtimak bulan awal Ramadhan 1445 H ini terjadi pada Ahad Legi 10 Maret 2024 M pukul 16:00:50 WIB jika merujuk titik lokasi Gedung PBNU Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat dengan koordinat 6º 11' 25" LS 106º 50' 50" BT.

5. Kedudukan dan keadaan hilal

Kedudukan hilal adalah busur yang ditarik sejajar dari ufuk dari titik pangkal garis tinggi yang tegaklurus ufuk toposentrik menuju pusat cakram matahari hingga berujung di titik di mana pangkal garis irtifa' hilal berada pada saat matahari terbenam. Disebut juga as-simtu relatif Matahari dan hilal. Kedudukan hilal pada 10 Maret 2024 berada pada posisi 1 derajat 11 menit 27 detik utara matahari.  

Keadaan hilal adalah kemiringan sabit bulan sempurna. Jika berada di sebelah selatan matahari, maka kemiringan hilal adalah ke selatan, demikian sebaliknya. Keadaan hilal pada 10 Maret 2024 miring ke utara.

6. Letak matahari dan hilal

Letak Matahari adalah busur yang ditarik sejajar ufuk dari titik barat sejati ke titik pangkal garis tinggi yang tegaklurus ufuk toposentrik menuju pusat cakram matahari saat terbenam. Sementara letak hilal adalah busur yang ditarik sejajar ufuk dari titik Barat sejati ke titik di mana pangkal garis irtifa' hilal berada pada saat matahari terbenam. Disebut juga as-simtu matahari dan as-simtu hilal.  

Letak matahari pada 10 Maret 2024 berada pada 3 derajat 55 menit 36 detik utara titik barat, sedangkan letak hilal berada pada 5 derajat 07 menit 23 detik utara titik barat.


Cek PAKET USAHA 100RIBU DAPAT 7 KAOS MOTIF DISTRO | KAOS MURAH | KAOS PRIA | KAOS KONVEKSI dengan harga Rp95.000. Dapatkan di Shopee sekarang! https://shope.ee/5AU1U8O8hs?share_channel_code=1

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Ini Data Falakiyah PBNU soal Awal Ramadhan 1445 H", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 



0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Link Daftar Delapan Pelatihan Di Pintar Kemenag Periode Daftar 22 - 24 April 2024, Pelaksanaan 25 - 29 April 2024.

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Ban...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI