Breaking News

04 Januari 2020

Seleksi Nasional Masuk MAN IC, MAN PK, & MA Kejuruan Dibuka Pertengahan Januari

www.hanapibani.com

Kementerian Agama segera membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru  (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) tahun 2020. Pendaftaran akan dibuka dari 13 Januari - 4 Februari 2020 secara online.
MAN IC, MAN PK, dan MAKN merupakan model madrasah unggulan di Indonesia. MAN IC bertujuan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi di bidang Keimanan dan Ketaqwaan serta menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. MAN PK adalah madrasah yang memiliki peminatan keagamaan. Sedangkan MAKN fokus pada penyelenggaraan pendidikan kejuruan dengan kekhasan pendidikan agama Islam. 
MAN IC ada 23 madrasah, sedang MAN PK ada 10 madrasah. MAN IC dan MAN PK ini tersebar di seluruh Indonesia, Aceh hingga Papua. Sedang MAKN baru dibuka sejak 2019 di Bolaang Mongondow Sulut dengan jurusan agrobisnis dan pengolahan hasil laut, serta Ende, NTT dengan jurusan teknologi informasi dan rekayasa perangkat lunak. 
"Baik MAN IC,  MAN PK, maupun MAKN, semuanya berbasis asrama. Dengan begitu, selain keunggulan kompetitif dalam bidang sians teknologi dan bahasa asing, madrasah ini juga unggul dalam penguatan karakter," tutur Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A. Umar di Jakarta, Sabtu (04/01).
Menurut Umar, madrasah unggulan ini selalu menjadi rebutan calon peserta didik. Oleh sebab itu, seleksinya sengaja dibuka secara online agar aksesnya semakin luas dan merata.
“Pendaftaran secara online ini bertujuan agar jangkauannya bisa luas, bisa diakses oleh siapa saja. Pendaftaran seleksi ini mengikuti prinsip transparansi, akuntabel dan objektif,” papar Umar di Jakarta, Sabtu (04/01).
Direktur KSKK Madrasah menambahkan, SNPDB MAN IC, MAN PK, dan MAKN bisa dilakukan melalui jalur tes dan jalur prestasi. Jalur tes diselenggarakan bagi peserta didik terbaik lukusan MTs/SMP yang memenuhi persyaratan. Tes tertulis dilakukan berbasis CBT atau Computer Base Test. 
Adapun jalur prestasi, dilakukan melalui non tes bagi peserta yang memiliki prestasi di tingkat nasional, namun maksimal 10% dari kuota yang tersedia. Seleksi berkas SNPDB 2020 akan dilakukan dari 20 Januari - 8 Februari 2020. 
"Pengumuman kelulusan jalur prestasi pada 10 Februari 2020. Sedang pengumuman hasil seleksi berkas yang bisa mengikuti jalur tes tertulis, pada 15 Februari 2020," ujar Umar. 
"Tes tertulis berbasis CBT akan digelar 22-23 Februari dan pengumuman kelulusan jalur tes pada 7 Maret 2020," lanjutnya. 
Umar menambahkan lulusan madrasah, utamanya MAN IC dan MANPK banyak mengukir prestasi nasional dan internasional, baik di bidang sains maupun keagamaan. Tidak sedikit dari mereka yang menjuarai olimpiade internasional, terutama bidang ekonomi,  astronomi, matematika, dan kebumian. 
"Lulusan MAN IC dan MAN PK juga banyak yang kuliah di perguruan tinggi favorit, dalam dan luar negeri," tandasnya.

Mengenai Juknisnya silakan baca : Juknis PPDB RA, MI, MTs, MA dan Madrasah Kejuruan Tahun Pelajaran 2020/2021
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Undangan Sosialisasi Teknis Penyusunan Proposal Bantuan Pokja Guru dan Tendik Tahun 2024 secara Online

السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI