Breaking News

31 Maret 2022

Kemenag Kembali Gelar Super Camp Peneliti Muda Madrasah

Bogor  --- Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama, akan kembali menggelar Madrasah Young Researchers Super Camp (Myres) atau Super Camp Peneliti Muda Madrasah.

Direktur KSKK Madrasah M Ishom Yusqi mengatakan, Myres 2022 menjadi bagian dari upaya membekali siswa-siswi madrasah dengan berbagai kompetisi dan skill. Untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, pihaknya menyusun Pedoman Penulisan Karya Ilmiah untuk Siswa Madrasah tahun 2022. 

"Kegiatan ini merupakan kegiatan awal sebelum diselenggarakannya Myres tahun ini. Pedoman penulisan karya ilmiah ini ditujukan untuk memberikan guidelines baku dalam penulisan karya ilmiah," tutur Ishom di Bogor, Kamis (31/3/2022).

Kasubdit Kesiswaan Direktorat KSKK Madrasah Nanik Pujiastutik menambahkan, penyusunan pedoman ini melibatkan para guru pendamping bidang riset dari sejumlah madrasah, baik dari Jawa maupun luar Jawa. Untuk tetap menjaga kualitas riset, Direktorat KSKK juga melibatkan sejumlah ahli dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), dan dosen dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Walisongo Semarang dan UIN Raden Mas Said Surakarta.

"Dalam acara ini, kami akan pertemukan gagasan dan pengalaman dari para guru pendamping dan para ahli, untuk memperbaiki pedoman penulisan karya ilmiah tahun lalu. Tujuannya agar kualitas riset anak-anak madrasah semakin baik. Pedoman inilah yang nantinya akan digunakan untuk Madrasah Young Researchers Super Camp atau Myres 2022," ungkap Nanik Pujiastutik.

Dalam pedoman ini, diatur seluruh tahapan proses penelitian/ Pertama,  awal penelitian yang meliputi apa itu penelitian, mengapa harus meneliti, mencari topik penelitian, merencanakan penelitian, bagaimana memulai penelitian, merumuskan masalah dan sebagainya. Kedua, tahap saat penelitian, mencakup: metode penelitian, pengumpulan data, analisis data dan sebagainya. Ketiga, akhir proses penelitian, terdiri atas: penyusunan laporan dan pengembangan laporan untuk dipublikasikan. 

“Dalam pedoman ini juga dijelaskan tentang kode etik penelitian,” ujar Nanik.

Nanik Pujiastutik berharap pedoman penulisan ini benar-benar relevan, update dan bisa dipahami oleh siswa madrasah khususnya peserta Myres di tingkat MTs dan MA. Rangkaian agenda Myres 2022 rencananya akan dimulai pada bulan Mei 2022.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Kemenag Kembali Gelar Super Camp Peneliti Muda Madrasah", semoga bermanfa'at. 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape  

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin (P5PPRA) jenjang MTs Fase D

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI