Breaking News

11 Maret 2022

Beasiswa LPDP Kewirausahaan 2022, Cek Syarat dan Daftar PT Tujuannya


LPDP memberikan beasiswa untuk masyarakat Indonesia yang bergerak dalam bidang kewirausahaan melalui Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Kewirausahaan. Pendaftaran masih dibuka hingga 27 Maret 2022 mendatang.

Melansir laman LPDP, Rabu (9/3/2022), beasiswa ini diberikan untuk jenjang pendidikan magister luar negeri satu gelar di bidang kewirausahaan. Program ini terbuka bagi orang yang sudah memiliki usaha maupun yang baru membuat rencana.

Ada 90 Pilihan Perguruan Tinggi

Terdapat 90 perguruan tinggi tujuan yang tersebar di wilayah Amerika hingga Eropa. Peserta yang sudah memiliki LoA Unconditional dapat memilih satu perguruan tinggi. Sedangkan yang belum memiliki bukti penerimaan tersebut dapat memilih 3 perguruan tinggi.

Berikut persebaran perguruan tinggi selengkapnya:

  • Amerika Serikat: 61 perguruan tinggi
  • Belanda: 1 perguruan tinggi
  • Finlandia: 2 perguruan tinggi
  • Hong Kong: 1 perguruan tinggi
  • Inggris: 8 perguruan tinggi
  • Jerman: 2 perguruan tinggi
  • Kanada: 1 perguruan tinggi
  • Prancis: 2 perguruan tinggi
  • Selandia Baru: 2 perguruan tinggi
  • Singapura: 3 perguruan tinggi
  • Spanyol: 3 perguruan tinggi
  • Swiss: 2 perguruan tinggi
  • Tiongkok: 2 perguruan tinggi

Pada saat akan memilih perguruan tinggi tujuan, calon mahasiswa dapat memilih Subject Entrepreneurship. Adapun, daftar perguruan tinggi dapat dilihat pada laman LPDP atau klik di sini.


Syarat Beasiswa LPDP Kewirausahaan 2022

Berikut syarat umum dan syarat khusus pendaftaran beasiswa LPDP Kewirausahaan 2022:

A. Syarat Umum

1. Warga Negara Indonesia.

2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1).

3. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar.

4. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/

5. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.

6. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.

7. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP, maka wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari Perguruan Tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional.

8. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP. 9. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:

  • Kelas Eksekutif
  • Kelas Khusus
  • Kelas Karyawan
  • Kelas Jarak Jauh
  • Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk
  • Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri
  • Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi, atau h. Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP

10. Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran dengan format pernyataan (poin-poin dapat dilihat pada panduan).

11. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online.

12. Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.

13. Menulis riwayat dan tautan publikasi ilmiah (jika ada).

B. Syarat Khusus

1. Bagi yang memiliki usaha dibuktikan dengan proposal bisnis berjalan yang sekurang-kurangnya memuat:

  • Ide atau Gambaran Produk/Bisnis
  • Analisis Pasar
  • Pendiri usaha (founder)
  • Rencana Produk dan Pemasaran
  • Rencana Produksi/Operasi
  • Rencana Pengembangan
  • Rencana Keuangan

2. Bagi yang belum memiliki usaha atau bergerak dalam bidang kewirausahaan, mengunggah proposal bisnis yang akan dijalankan, yang sekurang-kurangnya memuat hal-hal sebagaimana pada angka 1 diatas.

3. Pendaftar tidak berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), atau anggota Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).

4. Melampirkan surat rekomendasi dari Rektor atau Dekan Perguruan Tinggi yang akan/sudah memiliki program kewirausahaan untuk mengabdi atau menjadi bagian dalam memperkuat tenaga pendidik di Perguruan Tinggi sesuai ketentuan masa pengabdian di LPDP.

5. Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit (poin-poin dapat dilihat pada panduan).

6. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran paling tinggi berusia 35 (tiga puluh lima) tahun.

7. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan ketentuan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya (diploma empat (D4) atau sarjana (S1) sekurang - kurangnya 2,50 pada skala 4,00 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.

8. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/

9. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com) atau IELTS (www.ielts.org) dengan ketentuan memiliki skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 61, PTE Academic 65 atau IELTS™ 6,0.

Pendaftaran beasiswa LPDP dapat dilakukan secara online melalui laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Semoga berhasil!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Beasiswa LPDP Kewirausahaan 2022, Cek Syarat dan Daftar PT Tujuannya", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Dokumen Administrasi Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester Ganjil

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI