Breaking News

04 Juli 2022

Intruktur Nasional PPKB Madrasah Diberi Penguatan Moderasi Beragama

www.hanapibani.com
Direktur GTK Madrasah, Muhammad Zain

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Jakarta --- Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag melakukan Refreshment Instruktur Nasional Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Salah satu materi pokok yang diterima peserta adalah penguatan moderasi beragama.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain menyampaikan, materi Moderasi Beragama sangat penting bagi Instruktur Nasional PPKB. Sebab, Instruktur PPKB merupakan pihak yang akan melatih peserta di tingkat provinsi dan kabupaten.

“Dalam konteks pengajar, guru harus selalu menghindari perilaku atau pengungkapan yang ekstrem. Sikap moderasi dalam beragama sangat penting, dan harus didukung dengan penguasaan literasi agama yang baik,” kata Zain di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Dikatakan Zain, penguatan moderasi beragama menjadi salah satu program unggulan Kementerian Agama. Hal ini penting dalam rangka mewujudkan harmoni, karena akselerasi pembangunan tidak bisa dilakukan tanpa terjadinya harmoni dan kondisi damai.

"Moderasi beragama sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW sampai hari ini. Moderasi beragama bukanlah pendangkalan akidah, justru mereka yang bertindak ekstrem itu bukan ajaran agama Islam. Saya menginginkan guru-guru madrasah kita menjadi MODIS, yakni moderat, inovator, dan inspirator," jelasnya.

Muhammad Zain turut memaparkan bahwa, moderat, dalam arti, guru harus selalu menghindari perilaku atau pengungkapan yang ekstrem. Inovator, yakni guru yang selalu memiliki rasa ingin tahu, sehingga mendorong dirinya menciptakan serta memperkenalkan gagasan barunya.

“Kemudian inspirator, diharapkan setiap guru yang profesional dapat menjadi inspirasi bagi semua yang ada di sekelilingnya, baik bagi peserta didik, sesama guru bahkan masyarakat.” tambahnya.

Kepada para peserta, Zain berharap dengan adanya program PKB, kualitas dan mutu guru madrasah akan meningkat, sehingga guru madrasah semuanya hebat dan moderat.  Guru hebat ( amazing teacher) akan melahirkan siswa yang cerdas. Jika gurunya hebat, siswanya cerdas, maka madrasah akan bermartabat.


Kasubdit Bina GTK MA/MAK Anis Masykur menambahkan, bahwa kegiatan Refreshment Instruktur Nasional PPKB bertujuan mempersiapkan Instruktur Nasional (IN) yang akan melakukan pendampingan dan fasilitasi refreshment pelatihan bagi fasilitator Provinsi tahun 2022. Selain itu, giat ini menjadi upaya meningkatkan kualitas dan kapasitas Instrutur Nasional jenjang MI, MTs, dan MA dalam memfasilitasi pelatihan.

“Total ada 218 Instruktur Nasional dari berbagai jenjang. Jenjang MI sebanyak 20 peserta, jenjang MTs sebanyak 65 peserta, jenjang MA sebanyak 133 peserta dan kelas Moderasi Beragama sebanyak 30 peserta,” terang Anis.

Dikatakan Anis, narasumber pada kegiatan Refsreshment Instruktur Nasional adalah unsur para pakar, akademisi, widyaiswara yang memiliki penguasaan konsep maupun teknis pelaksanaan program PKB Guru Madrasah. Menurutnya, pelatihan dapat dilakukan dengan Team Teaching atau masing-masing kelas akan diampu maksimal  tiga narasumber inti.

“Ke depan, pasca refreshment ini, para Instruktur Nasional akan melatih fasilitator program PKB guru madrasah tingkat daerah serta mendukung pelaksanaan pelatihan PKB Guru tingkat provinsi dan kabupaten,” pungkas Anis.

Kegiatan Refreshment Instruktur Nasional Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru dan Tendik Madrasah merupakan bagian dari Realizing Education Promise – Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR). Giat ini berlangsung di Jakarta selama lima hari, 1 - 5 Juli 2022.

Demikian informasi mengenai "Intruktur Nasional PPKB Madrasah Diberi Penguatan Moderasi Beragama" yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat.

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Hasil Seleksi Administrasi dan Pelaksanaan Penulisan Makalah dan Asesmen Kompetensi Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Agama

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI