Breaking News

06 Juli 2022

Seleksi PPG Daljab 2022, Penentu Kompetensi Literasi Guru Madrasah

www.hanapibani.com
Pengarahan kegiatan penyusunan soal PPG Madrasah


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Yogyakarta - Kementerian Agama (Kemenag) berencana akan menggelar seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi guru madrasah dalam Jabatan tahun 2022. Kemenag mulai menyusun dan melakukan review soal seleksi akademik PPG dalam Jabatan. 

Penyusunan soal ini berlangsung di Yogyakarta, 4 - 6 Juli 2022. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk diskusi terpumpun sehingga bisa fokus melakukan pengembangan dan reviu terhadap butir soal dan kunci jawaban yang sudah disusun. Perbaikan sekaligus penyesuaian terhadap kisi-kisi soal juga dilakukan untuk mendapatkan perangkat soal yang berkualitas. 

Kasubdit Bina Guru Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan, Anis Masykhur berharap  di dalam seleksi akademik ini soal soal yang dibuat bisa menguji kompetensi dalam tingkat literasi guru madrasah. “Oleh karena itu, dibutuhkan keikhlasan hati yang paripurna dalam menyusun sekaligus mereviu soal seleksi akademik PPG ini,” ungkapnya.

Anis juga meminta tim penyusun soal memperhatikan aspek penggunaan bahasa yang akan dituangkan dalam butir pertanyaan soal kemudian perlu dilakukan uji keterbacaan dan revisi bila diperlukan sebelum penyelenggaraan seleksi PPG Dalam Jabatan.

“Yang sudah saya pahami ini merupakan uji percobaan bahasa soal-soal yang disusun apabila perlu di revisi. Mungkin juga ada soal yang terlalu sulit sehingga peru diturunkan dari segi aspek daya nalar,” tandas Anis.

“Selanjutnya, soal-soal yang sifatnya menghafalkan itu perlu dikurangi dari segi menghafalkan ayat. Sehingga soal yang di susun bisa berkualitas bagi calon guru-guru,” tukasnya.


Pada kesempatan yang sama Mustofa Fahmi selaku Sekretaris Panitia Nasional PPG Kementerian Agama menyampaikan, rencana program seleksi akademik PPG ini merupakan tindak lanjut dari arahan pimpinan pada Ditjen Pendidikan Islam pada rakornas beberapa waktu lalu, perihal kebijakan pelaksanaan seleksi akademik PPG bagi guru madrasah sebaiknya dilaksanakan pada tahun 2022 ini. 

Kita berharap doa dan dukungan dari berbagai pihak supaya target penyusunan dan uji keterbacaan soal seleksi akademik PPG ini bisa maksimal, dan selanjutnya akan dilakukan proses digitalisasi melalui sistem aplikasi untuk dilakukan uji publik dan simulasi. 

“Seleksi akademik PPG dimaksud rencana akan dilaksanakan insya Allah di bulan Agustus, dan secara teknis masih menunggu adanya ketersediaan anggaran yang statusnya masih dalam tahap revisi,” tambah Fahmi.

"Kegiatan ini diikuti oleh unsur Panitia Nasional PPG Nasional Kementerian Agama RI, para dosen dan guru besar yang tergabung sebagai tim penyusun dan reviewer, serta beberapa perwakilan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah", tutupnya.

Demikian informasi mengenai "Seleksi PPG Daljab 2022, Penentu Kompetensi Literasi Guru Madrasah" yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat.

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Kemenag Buka Rekrutmen 6.000 Pendamping Proses Produk Halal

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanap...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI