Breaking News

08 Juli 2023

Gambaran dan Rancangan Alokasi Waktu Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA)

hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Projek adalah serangkaian kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dengan cara menelaah dan mengimplementasikan suatu tema menantang. Projek didesain agar peserta didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan karya, produk, dan/atau aksi.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar. 

Gambaran sekilas pelaksanaan projek penguatan kedua profil itu adalah sebagai berikut:

hanapibani.com
Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

Berbagai wajah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

Contoh Kegiatan P5PPRA;

1. Halimah dkk, Peserta Didik.

Halimah hidup daerah pesisir yang dekat laut, mata pencaharian masyarakat sekitarnya mayoritas adalah nelayan. di daerah tersebut juga terdapat tambak-tambak udang dan ikan. Hasil laut dan tambak tersebut kebanyakan langsung dijual ke pasar-pasar ataupun dikirim ke daerah lain. Halimah dan kawan-kawan berinisiatif untuk mengolah hasil laut dan tambak tersebut dalam bentuk kreasi makanan. maka ia bersama teman-temannya mengunjungi sentra pengrajin krupuk ikan di desa sebelah untuk belajar cara pengolahan kerupuk, yang bahannya dari hasil laut dan tambak yang diolah menjadi krupuk ikan. Lalu Halimah dkk. Memasarkan krupuk ikan tersebut di koperasi dan kantin madrasah selain juga dipasarkan melalui media sosial. Halimah dan kawan-kawannya sangat senang berkesempatan mengasah dimensi kreatif dan gotong royong melalui projek tersebut serta menerapkan nilai dinamis dan inovatif (Tațawwur wa Ibtikār).

2. Nafisah, Guru Madrasah.

Ibu Nafisah mengajar di Madrasah Tsanawiyah, ia melihat anak-anak di madrasahnya belum menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Maka ia berkolaborasi dengan guru lain untuk membentuk peserta didik dalam beberapa tim projek terkait menerapkan PHBS tersebut. Di antara tim tersebut adalah: (1) Tim Projek Sosialisasi PHBS, (2) Tim Projek Pengolahan Sampah, (3) Tim Projek Penghijauan Hayati. Khusus untuk Tim Projek Pengolahan Sampah di samping punya tugas kampanye pemilahan sampah organik dan anorganik, juga bagimana sampah tersebut diolah menjadi kompos dan sampah plastik diolah menjadi ekobrik. Ibu Nafisah dan anak-anak sangat senang berkesempatan mengasah diri dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia khususnya elemen akhlak kepada alam dan gotong royong melalui projek profil serta menerapkan nilai Berkeadaban (Ta’addub) dan dinamis dan inovatif (Tațawwur wa Ibtikār).

Strategi Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di Madrasah

Madrasah adalah entitas kecil sebuah masyarakat, ia memiliki sistem nilai dan perilaku yang dapat diciptakan melalui pembiasaan, pembudayaan dan pemberdayaan dalam kehidupan sehari-hari, ketiga proses ini bersifat hidden curriculum yang menunjang terhadap tercapainya tujuan pendidikan.

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin, dapat dilakukan dalam 3 (tiga) strategi sebagai berikut:

hanapibani.com


1. Berbentuk Ko-kurikuler, 

projek dirancang secara terpisah dengan intrakurikuler. Projek dilakukan dengan menggunakan beberapa tema yang telah ditentukan. Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar RahmatanLil Alamin dikemas dalam beberapa projek dalam satu tahun pelajaran dengan pengalokasian waktu 20-30% dari total jam pelajaran untuk projek.

2. Terpadu/Terintegrasi

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dapat diintegrasikan dalam pembelajaran intrakurikuler.

Pendidik dapat merancang kegiatan secara kolaboratif dengan pendidik pada mata pelajaran lain untuk melakukan integrasi kegiatan pembelajaran intrakurikuler dengan capaian dimensi Profil Pelajar Pancasila dan nilai Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin. Kegiatan pembelajaran integrasi ini dapat diarahkan dengan pelibatan masyarakat dengan berbagai model pembelajaran yang berbasis lapangan/masalah untuk memberi kesempatan peserta didik mengembangkan pengetahuan keterampilan dan sikap/karakter secara terpadu dan holistik.

3. Ekstrakurikuler

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin, dapat diintegrasikan dalam kegiatan ekstrakurikuler, dengan sejak awal dirancang bersama antara tim penanggung jawab projek profil bersama pembina ekstrakurikuler seperti di dalam kegiatan pramuka, OSIS, PMR, dsb. 

Dari ketiga strategi tersebut, guru dan madrasah dapat memilih sesuai dengan kondisi dan ketersediaan sumber daya di madrasahnya.

Merancang Alokasi Waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di jenjang RA dilaksanakan 1-2 projek profil dalam satu tahun pelajaran. Pemerintah tidak menentukan jumlah alokasi waktunya, namun tim fasilitator perlu mengalokasikan waktu yang memadai agar peserta didik dapat mencapai dimensi profil pelajar Pancasila dan nilai profil pelajar Rahmatan Lil Alamin.

Adapun pada MI, MTs, MA, MAK, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamiin menyediakan waktu 20-30% (dua puluh sampai dengan tiga puluh persen) dari total jam pelajaran selama 1 (satu) tahun. Alokasi waktu untuk setiap projek penguatan projek profil tidak harus sama, satu projek dapat dilakukan dengan durasi waktu yang lebih panjang daripada projek yang lain. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan secara terpisah atau terpadu dengan pembelajaran berbasis projek lainnya, pelaksanaan masing-masing projek juga tidak harus sama waktunya. Projek Penguatan Profil di MI, MTs, MA/ MAK difokuskan pada penanaman Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin yang dapat diimplementasikan melalui kegiatan yang terprogram dalam proses pembelajaran maupun pembiasaan dalam mendukung sikap moderat.

Untuk melihat Struktur Kurikulum Merdeka Madrasah silakan klik dibawah ini:

  1. MI
  2. MTs
  3. MA 

Pembiasaan dibentuk dengan pengkondisian suasana pembelajaran yang mengutamakan proses pensucian jiwa (tazkiyatun nufus), yang dilakukan melalui proses bersungguh-sungguh memerangi hawa nafsu (mujahadah) dalam mendekatkan diri kepada Allah Swt., dan melatih jiwa dalam melawan kecenderungan yang buruk (riyadlah).

hanapibani.com

Jam pelajaran di atas adalah untuk kegiatan intrakurikuler, satuan pendidikan menyediakan tambahan waktu 20-30% (dua puluh sampai dengan tiga puluh persen) dari total jam pelajaran selama 1 (satu)tahun untuk kegiatan projek penguatan profil. Misalnya jika satuan pendidikan menyediakan 20% maka tersedia untuk kelas VII dan VIII sebanyak 288 (8), lalu untuk kelas IX tersedia 314 (10).

Jumlah total JP ini akan dibagi ke sekurang-kurangnya 3 projek profil, jumlah ini berbeda di setiap fase/jenjangnya. 288 (8), tidak harus dibagi rata ke masing-masing projek, namun bisa disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan masing- masing projek, contohnya sebagai berikut:

“di MTs Nurul Hidayah, kepala dan tim fasilitator memutuskan tahun pelajaran 2023-2024 ingin fokus pada dimensi profil berkebhinnekaan global, bergotong-royong dan bernalar kritis. Sementara tema projek pilihannya adalah Bhinneka Tunggal Ika, Kearifan Lokal dan Kewirausahaan. Dimensi dan tema tersebut berdasarkan kondisi dan kebutuhan madrasahnya. Berdasarkan hal tersebut, tim fasilitator pada kelas VII memetakan projek profil sebagai berikut”:

hanapibani.com

Adapun pilihan waktu pelaksanaan projek profil dapat berupa mingguan, misalnya di hari Jum’at seluruh jam belajar pada hari itu digunakan projek profil:

hanapibani.com


Atau mengalokasikan 1-2 jam pelajaran di akhir hari, khusus untuk mengerjakan projek profil. Bisa digunakan untuk eksplorasi lingkungan di sekitar satuan pendidikan sebelum peserta didik pulang.

hanapibani.com

Atau juga dapat dengan melakukan bloking satu periode waktu (misalnya 2 minggu atau 1 bulan) di mana semua tenaga pendidik berkolaborasi mengajar projek profil setiap hari selama durasi waktu yang ditentukan.

hanapibani.com

Untuk lebih jelasnya silakan unduh PANDUAN dibawah ini;

hanapibani.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Gambaran Rancangan Alokasi Waktu Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA)", semoga bermanfa'at. 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)

Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 


0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Kumpulan Contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah / Kepala Madrasah (SK Kepsek/Kamad)

  Kumpulan Contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah / Kepala Madrasah (SK Kepsek/Kamad)  السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و ال...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI