Breaking News

13 Oktober 2023

Kemenag Salurkan Bantuan Rehabilitasi dan Ruang Kelas Baru untuk Madrasah Swasta

hanapibani.com

Bimbingan Teknis Bantuan Sarana Prasarana Madrasah Tahap 1 dan 2

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama RI menyalurkan bantuan penerima bantuan pembangunan ruang dan rehabilitasi ruang kelas dengan mengundang kepala madrasah calon  penerima pada kegiatan Bimbingan Teknis Bantuan Sarana Prasarana Madrasah Tahap 1 dan 2 pada Rabu (11/10/2023).

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Rohmat  Mulyana Sapdi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kinerja kepala madrasah yang telah membangun peradaban Islam melalui madrasah.

“Kami yakin jerih payah bapak-ibu mencerdaskan generasi penerus bangsa tidak bisa dinilai dengan apapun, untuk itu bantuan ruang kelas baru ini tidak lebih sekadar penutup rasa malu kami atas sumbangsih bapak-ibu membangun pendidikan Islam,” terangnya.

Ia yakin meskipun pengembangan madrasah berbeda dengan sekolah pada umumnya, karakteristik pendidikan madrasah akan sangat menentukan agar terus eksis dan mendapat kepercayaan masyarakat.

"Karakteristik madrasah yang mengedepankan akhlak inilah yang melekat pada pendidikan madrasah, seimbang antara duniawi dan ukhrowi. Sehingga banyak sekali lulusan madrasah atau pondok pesantren yang masuk dunia kampus memperoleh IPK 4,” ujarnya.

Untuk itu, Sesditjen Pendidikan Islam ingin agar calon penerima bantuan nantinya menaati prosedur yang telah disepakati. Hal ini diharapkan supaya tidak menimbulkan su’udzon, termasuk pentingnya melampirkan dokumen yang diperlukan dalam membuat dan menyelesaikan laporan pertanggungjawaban.

hanapibani.com

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Sarana Prasarana Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Abdul Rouf menyebut madrasah swasta di Indonesia sekitar 82 ribu, sementara anggaran yang disediakan pemerintah hanya bisa menyasar tidak lebih dari 1% secara keseluruhan madrasah setiap tahunnya.

“Kami menginisiasi komponen seperti World Bank dan Surat Berharga Syariah Negara untuk terus berusaha memajukan pendidikan madrasah,” terangnya.

Ia juga mengapresiasi keberadaan madrasah swasta yang menyentuh pelosok dan daerah terpencil di Indonesia. Menurutnya, tanpa madrasah swasta, jutaan anak di Indonesia tidak bisa mendapatkan fasilitas pendidikan, padahal pendidikan yang berkualitas hak dasar setiap warga negara. 

“Kedepannya akan disiapkan bantuan Digitalisasi Madrasah, tentu dengan harapan satuan pendidikan madrasah mampu mengikuti perkembangan zaman,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubtim Sarana Prasarana Madrasah Aliyah Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Winuhoro Hanumbhawono meminta kepala madrasah menggunakan dana sesuai peruntukannya. Ia melaporkan bantuan pembangunan ruang kelas baru ini dicairkan bertahap 70% dan 30%. 

"Tidak ada istilahnya potongan-potongan karena aturan dua kali pencairan ditentukan oleh Kementerian Keuangan,” katanya.

Winu menyebut sebanyak 16.422 madrasah telah mengisi formulir mengajukan bantuan. Sementara proposal dengan jenis bantuan dengan peruntukan berbeda-beda pada portal simsarpras berkisar  23.608.

Bimbingan Teknis Bantuan Sarana Prasarana Madrasah Tahap 1 dan 2 diikuti oleh 110 kepala madrasah calon penerima bantuan pembangunan ruang kelas dan rehabilitasi ruang kelas.



Cek Helm Half Dewasa Evolution SPARTAN Seperti Helm GM ORIGNAL Kaca Silver/Pelangi COD dengan harga Rp91.000. Dapatkan di Shopee sekarang! https://shope.ee/9KGWuqWaQ5?share_channel_code=1

Demikian sedikit informasi mengenai "Kemenag Salurkan Bantuan Rehabilitasi dan Ruang Kelas Baru untuk Madrasah Swasta" yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat...
 
Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

KI-KD PAI dan Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sesuai KMA 183 Tahun 2019

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani KMA...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI