Breaking News

07 Oktober 2023

Kemenag Buka 15 Pelatihan Online Gratis di Bulan Pintar, Buruan Daftar!

 hanapibani.com

Pusdiklat Teknis Balitbang Diklat buka Bulan Pintar

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Ciputat --- Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Balitbang Diklat Kementerian Agama merilis program Bulan Pintar pelatihan online melalui platform MOOC Pintar. Pelatihan dilaksanakan selama sebulan penuh mulai 6 Oktober hingga 10 November 2023 secara periodik.

Kepala Balitbang Diklat Kemenag, Amien Suyitno menerangkan Bulan Pintar adalah program kreatif dan inovatif. Ada 15 pelatihan online yang dikemas secara serial. Tujuannya, memberi peluang dan kebebasan bagi ASN Kemenag memilih jenis pelatihan yang diminati sesuai dengan kebutuhan.

“Serial Pelatihan Online Bulan Pintar dimaksudkan untuk memberi peluang dan kebebasan bagi ASN Kemenag dan masyarakat umum untuk memilih jenis pelatihan sesuai kebutuhan dan minatnya. Manfaatkan kesempatan ini dengan baik. Gus Menteri sangat berkomitmen mendorong layanan pelatihan yang memudahkan bagi masyarakat,” tegasnya melalui pesan singkat, Jumat (6/10/2023).

Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang ini menjelaskan kehadiran Platform MOOC Pintar dengan berbagai terobosan baru menjadi solusi atas keterbatasan akses dan menjawab kebutuhan ASN Kemenag untuk peningkatan kompetensi. Platform ini juga memberi ruang bagi ASN non Kemenag, Non PNS, Non Pegawai Kemenag, PPPK dan masyarakat umum lainnya untuk mengikuti pelatihan bidang agama dan pendidikan.

hanapibani.com

“Sejak di-launching oleh Gus Menteri Yaqut Cholil Qoumas awal tahun ini, Digital Learning Center melalui MOOC Diklat Pintar terus membuat terobosan untuk memperluas akses dan sasaran pelatihan,” tambahnya.

Bulan Pintar terdiri dari empat periode dan akan berlangsung selama sebulan. Pelatihan yang ditawarkan dapat diikuti secara online oleh para guru, kepala madrasah, pengawas, dosen, mahasiswa, penghulu, penyuluh, pemerhati pendidikan dan masyarakat umum.

Peserta dapat memilih beberapa pelatihan, dan mengikuti empat pelatihan sesuai dengan konsen atau minat selama sebulan. Tidak ada pungutan biaya alias gratis.

Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis, Mastuki menambahkan program "Bulan Pintar" digelar sebagai upaya perluasan akses MOOC Pintar agar menjangkau lebih banyak sasaran. Program ini juga sebagai penjajakan untuk menyiapkan marketplace pelatihan yang bisa diakses kapan pun oleh ASN Kemenag.

“Pusdiklat Tenaga Teknis sengaja merancang program Bulan Pintar sebagai bulan pelatihan. Bulan pengetahuan. Ini juga bulan promosi untuk memperluas akses MOOC Pintar ke berbagai segmen masyarakat. Selama sebulan ini ASN Kemenag bisa memanfaatkan "marketplace" pelatihan untuk mengembangkan kompetensi teknis," sebut Mastuki.

"Guru, pengawas madrasah, dosen, mahasiswa, kepala madrasah, penghulu, penyuluh, pegawai teknis, aktivis pendidikan, dan siapa pun bisa ikut. Gratis. Jadi, silakan mendaftar di platform Pintar. Jelajahi fiturnya, nikmati menunya," sambungnya.

Mastuki menjelaskan, ada dua tahap yang harus dilakukan peserta yang baru mendaftar di MOOC Pintar. Tahap pertama membuat akun dan tahap kedua adalah daftar pelatihan.

"Saya mengimbau agar peserta melihat tutorial tentang tata cara membuat akun dan mendaftar di media sosial Pusdiklat Teknis dan Pintar seperti instagram, facebook dan YouTube. Tidak sulit. Sangat praktis," pungkasnya.

Berikut daftar pelatihannya:

Periode I ( Link pendaftaran silakan klik DISINI )
Pendaftaran : 6-9 Okt
Pelaksanaan : 10-14 Okt

1. Media Pembelajaran Berbasis AI (BDK Denpasar)
2. Bimbingan dan Konseling (BDK Surabaya)
3. Keluarga Sakinah (BDK Banjarmasin)
4. Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Kurikulum Merdeka (BDK Palembang)
5. Metodologi Pembelajaran (BDK Bandung)


Periode II
Pendaftaran : 15-18 Okt
Pelaksanaan : 19-23 Okt

1. Literasi : Asesmen Awal Pembelajaran Literasi Kelas Awal
2. Numerasi : Asesmen Numerasi Kelas Awal
3. Numerasi : Ide Praktis Pembelajaran dan Permainan Numerik


Periode III

Pendaftaran : 24-27 Okt
Pelaksanaan : 28 Okt - 1 November

1. Literasi Pembelajaran Terdiferensiasi : Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman untuk Kelas Awal
2. Literasi Pembelajaran Terdiferensiasi : Membaca Bersama dan Membaca Terbimbing untuk Kelas Awal
3. Numerasi : Tools Online for Learning : Pemanfaatan Aplikasi Online untuk Pembelajaran Aktif


Periode IV

Pendaftaran : 2-5 Nov
Pelaksanaan : 6- 10 Nov

1. Literasi Pembelajaran Terdiferensiasi : Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman untuk Kelas Awal
2. Penelitian Tindakan Kelas
3. Karya Tulis Ilmiah bagi Penghulu dan Penyuluh
4. Multimedia Pembelajara

Catatan:

Peserta hanya boleh mengikuti SATU PELATIHAN dalam satu periode

Peserta tidak bisa pindah pelatihan jika sudah mendaftar

CARA DAFTAR

Untuk mendaftar tentunya Sobat haru terlebih dahulu punya akun di Pintar Kemenag, tata cara pembuatan akun silakan ikuti panduan DISINI

===


Cek BAYAR DITEMPAT - Kunci Shock 40 Pcs / Kunci Sock Shock Pas / Peralatan Bengkel / Peralatan Multifungsi Mobil Dan Motor 1 Set Isi 40 Serbaguna Termurah dengan harga Rp44.500. Dapatkan di Shopee sekarang!

Demikian sedikit tulisan mengenai "Kemenag Buka 15 Pelatihan Online Gratis di Bulan Pintar, Buruan Daftar!" yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat...
 
Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Download Logo HAB Kemenag 2024 Ke-78 - CRR, PNG, JPG & PSD

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . Hari Am...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI