Breaking News

10 Oktober 2023

Tiga Hal Perlu Dilakukan Guru Madrasah saat Ajarkan Moderasi Beragama

hanapibani.com

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guru madrasah di Serang

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Banten  --- Sebanyak 50 Ketua Kelompok Kerja Guru Madrasah mendapat penguatan wawasan moderasi beragama dan cara mengintegrasikannya pada mata pelajaran di madrasah. Materi ini disampaikan Staf Khusus Menteri Agama Abdul Rochman saat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang berlangsung di Serang, Jumat (6/10/2023).

Abdul Rochman mengingatkan para guru agar meSebanyak 50 Ketua Kelompok Kerja Guru Madrasah mendapat penguatan wawasan moderasi beragama dan cara mengintegrasikannya pada mata pelajaran di madrasah. Materi ini disampaikan Staf Khusus Menteri Agama Abdul Rochman saat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang berlangsung di Serang, Jumat (6/10/2023).miliki wawasan fundamental tentang moderasi beragama. Sebab, mereka bersentuhan langsung dengan generasi masa depan bangsa.

"Sepuluh - duapuluh tahun ke depan mereka yang saat ini belajar di madrasah akan menjadi pemimpin mengelola negara ini. Karenanya, cara pandang dan perspektif mereka harus berbasis para esensi ajaran agama, yakni kemaslahatan dan nilai-nilai kemanusiaan" ujar Abdul Rochman menjelaskan signifikansi moderasi beragama bagi siswa.

"Yang lebih penting dari menghafalkan kata kunci atau definisi adalah guru harus memastikan nilai-nilai moderasi beragama tersampaikan secara baik kepada siswa," sambungnya

Ia menegaskan bahwa dalam menyampaikan moderasi beragama melalui jalur pendidikan ini ada beberapa langkah yang bisa ditempuh. Pertama, melakukan penyisipan (insersi) dalam materi yang relevan diajarkan di madrasah.

“Sebagai contoh pada mata pelajaran fiqh. Guru harus menanamkan tumbuhnya tradisi saling menghargai perbedaan termasuk dalam bermazhab,” ujarnya.

Kedua, menyampaikan penggunaan metode pembelajaran yang membekali kebiasaan sportif dan menghargai perbedaan. Ketiga, menyelenggarakan pembekalan secara khusus melalui pelatihan tersendiri.

Kepala Subdit Bina GTK MA/MAK Anis Masykhur menyampaikan harapannya kepada para Ketua Pokja agar memantau terus informasi perkembangan kebijakan Kementerian Agama, termasuk beberapa program pendampingan kelompok kerja. "Dalam waktu dekat, seluruh kelompok kerja didorong untuk menggunakan LMS PKB yang akan menjadi sistem informasi peningkatan kompetensi guru." kata Anis Masykhur menjelaskan.

“Sistem informasi PKB tersebut adalah rumah bersama kegiatan pokja, sehingga program-program peningkatan kompetensi termonitor secara utuh dari pusat,” tandasnya. 

Sepatu Slip-on Pria murah Sepatu santai Sepatu kuliah kerja terlaris suarez 3varian Rp. 49.000,- . Dapatkan di https://shope.ee/5KkMJhKNxk

Demikian sedikit informasi mengenai "Tiga Hal Perlu Dilakukan Guru Madrasah saat Ajarkan Moderasi Beragama" yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat...
 
Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Download Logo HAB Kemenag 2024 Ke-78 - CRR, PNG, JPG & PSD

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . Hari Am...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI