Breaking News

06 Juli 2017

Ibu Kota Pindah Kalimantan, Jakarta Jadi Pusat Bisnis

Hasil gambar untuk pindah ibu kota

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro optimistis pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan dapat terealisasi pada 2018. Nantinya, Jakarta akan menjadi pusat ekonomi dan bisnis, sementara Kalimantan akan menggantikan Jakarta sebagai ibu kota Indonesia.

"Kajian (pemindahan) ditargetkan selesai 2017, dan persiapan mulai pada 2018," kata Bambang saat dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (5/7/2017).
Bambang menuturkan, Jakarta akan tetap menjadi pusat ekonomi, bisnis, dan keuangan. Adapun ibu kota baru Indonesia akan digantikan di Kalimantan. Hal ini layaknya di negara lain, seperti Amerika Serikat (AS) dan Brasil.

"Jakarta tetap jadi pusat ekonomi, bisnis, dan keuangan. Sedangkan ibu kota baru Kalimantan jadi pusat administrasi pemerintahan. Seperti New York dan Washington DC di AS, serta Brazilia dan Sao Paulo di Brasil," ucap Mantan Menteri Keuangan itu.
Bambang mengaku, pemerintah belum memutuskan kota mana yang akan menjadi ibu kota baru di Kalimantan. Sebelumnya muncul wacana Palangkaraya. "Belum diputuskan," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah sedang mengkaji estimasi pendanaan yang dibutuhkan untuk merealisasikan pemindahan ibu kota Jakarta, selain penentuan lokasi, skema pendanaan, serta tata kotanya. Bambang menjelaskan, pemerintah akan menggandeng swasta untuk mencari sumber pendanaan.

"Kita akan mendorong pendanaan dengan skema public private partnership (PPP). Estimasi sedang dihitung dan lahan harus yang dikuasai negara sehingga tidak perlu pembebasan," tandas Bambang.
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Undangan Sosialisasi Teknis Penyusunan Proposal Bantuan Pokja Guru dan Tendik Tahun 2024 secara Online

السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI