Breaking News

02 November 2020

Cara Atasi Cetak Absensi Simpatika (S35) Tak Ada Fotonya


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين

Bermula dari teman saya Abdul Azim sebagai Operator SIMPATIKA di Madrasah kami MIN 1 Hulu Sungai Utara yang memberitahukan kepada kami bahwa saat dia mencetak absensi SIMPATIKA (S35) ternyata Foto Guru yang bersangkutan tidak ada, maka kamipun mencoba berkreasi mencari solusi dari masalah tersebut.

Akhirnya kami coba memberikan sedikit trik untuk mengatasi masalah tersebut, semoga langkah-langkah yang kami bagikan dapat dijadikan sebagai solusi.

Berikut beberapa trik yang bisa dicoba;

1. Menggunakan Chrome di Android


Dengan menggunakan Aplikasi Chrome di Android, Absensi di SIMPATIKA akan menampilkan Foto yang mana ketika dibuka di komputer tidak ada Fotonya.
Jika printer Sobat terkoneksi wifi, maka tinggal pilih cetak. Namun jika tidak, bisa juga pilih simpan sebagai PDF dulu baru pindahkan filenya ke komputer untuk dicetak.

2. Menggunakan Microsoft Edge


Microsoft Edge, awalnya dikembangkan di bawah nama kode Project Spartan, adalah peramban web yang dikembangkan oleh Microsoft dan termasuk dalam sistem operasi Windows. Resmi dirilis pada tanggal 29 Juli 2015, peramban ini menggantikan Internet Explorer sebagai peramban baku pada Windows 10. Setiap Windows 10 pasti sudah ada didalamya terinstall Microsoft Edge.

Sama halnya dengan mencetak di Chrome, pada Microsoft Edge juga terdapat pilihan untuk mencetak dengan printer atau disimpan dalam bentuk PDF.
Marginnya pun bisa kita geser menyesuaikan dengan keinginan kita saat pencetakan untuk mempermudah dalam penjilidan.

3. Trik lain.


Trik lainnya yaitu dengan menggunakan Mozila Firefox.
Tetapi ada sedikit kekurangan dengan menggunakan browser ini, ketika pilih menu print hanya bisa cetak langsung, tak bisa mengatur margin dan melakukan pengarsipan dengan simpan sebagai PDF (tapi ini masih bisa diatasi juga dengan intall aplikasi PDF Printer seperti Foxit PDF Printer, Nitro PDF Printer dan aplikasi sejenisnya).

Demikian beberapa trik yang bisa kami sarankan, jika diantara Sobat ingin menambahkannya lagi silakan berikan saran di kolum kementar.

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

    ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

    Protected by Copyscape


    0 Comments

    Tidak ada komentar:

    Translate

    Artikel Terbaru

    Khutbah Jumat: Ramadhan sebagai Bulan Jihad

    السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صلى Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat   Hana...

    Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI