Breaking News

10 November 2020

Instrumen Sudah Siap, 19 November Kemenag Asesmen Guru dan Pengawas Madrasah


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Kemenag akan mulai melaksanakan Asesmen Kompetensi Guru, Kepala, dan Pengawas Madrasah pada 19 November 2020. Sehubungan itu, Kemenag menggelar finalisasi instrumen asesmen.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain mengatakan, instrumen asesmen disusun sesuai kebutuhan kompetensi guru, kepala, dan pengawas madrasah. “Asesmen diharapkan mampu menyesuaikan dengan perkembangan dunia pendidikan guna mewujudkan modul pembelajaran yang berkualitas,” terang Zain dalam Rapat Koordinasi Pakar Penyusunan Instrumen Asesmen dan Modul Pembelajaran, di Malang, Minggu (08/11).

Instrumen disusun oleh sejumlah pakar. Untuk memastikan kualitas dan kerahasiaan instrumen, Zain meminta agar tim penyusun menandatangani pakta integritas. “Perlu adanya sebuah penandatanganan pakta integritas yang berkekuatan hukum melalui kegiatan ini oleh semua tim penyusun, tim reviewer maupun tim IT,” tandas Zain.

“Saya ucapkan terima kasih sekaligus apresiasi kepada para pakar yang telah berkontribusi dalam penyusunan instrumen asesmen ini, meski sedang pandemi. Semoga asesmen nantinya mampu membawa output yang positif terhadap mutu pendidikan di madrasah,” tutup Zain. 

Kepala Seksi Bina Guru MI dan MTs Mustofa Fahmi menambahkan, tim reviewer maupun tim penyusun yang terlibat dalam finalisasi soal asesmen kompetensi ini merupakan pakar pendidikan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan perguruan tinggi umum. Perangkat asesmen juga sudah disempurnakan berdasarkan masukan reviewer eksternal dari pakar tata bahasa perguruan tinggi, pakar dari Pusmenjar Kemdikbud, serta Konsultan dari Bank Dunia.

“Alhamdulillah pada kegiatan ini, hampir keseluruhan tim reviewer maupun tim penyusun bisa hadir secara tatap muka, dan telah menuntaskan tugas serta tanggung jawabnya dengan memperoleh persetujuan sekaligus validasi dari tim reviewer internal,” imbuhnya.

Fahmi yang juga mengemban amanat sebagai Koordinator Komponen 3 Project REP-MEQR mengungkapkan, saat ini Direktorat GTK Madrasah telah melakukan pendataan calon peserta dan lokasi Tempat Asesmen Kompetensi (TAK) sejak awal Oktober dan akan selesai pada tanggal 13 November. 

“Sistem pelaksanaan asesmen, instrumen soal, lokasi dan petugas pelaksanaan sudah siap untuk menyelenggarakan asesmen bagi guru, kepala, dan pengawas madrasah serentak di seluruh Indonesia pada 19 November.,” jelasnya

“Tinggal para guru, kepala, dan pengawas madrasah yang harus mempersiapkan diri secara maksimal dan memperoleh hasil yang terbaik,” tandasnya. 

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

    ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

    Protected by Copyscape

    Comments
    0 Comments

    No comments:

    Translate

    Artikel Terbaru

    Sinergi Indonesia & UEA, 500ribu Siswa Madrasah Nikmati Platform Pembelajaran Digital 2021

    السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Indonesia dan Uni Emirat Arab mulai...

    Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI