Breaking News

26 April 2021

Tim Robotik MAN 1 Yogyakarta Sabet Tiga Juara World Robot Games

 



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Yogyakarta --- Kemampuan robotik siswa-siswi madrasah terus meningkat. Ini ditandai dengan torehan beragam prestasi, tidak hanya di tingkat nasional tapi juga internasional.

Tim robotik MAN 1 Yogyakarta misalnya, baru-baru ini menorehkan prestasi internasional dalam World Robot Games. Mereka bahkan meraih tiga penghargaan sekaligus.

World Robot Games 2021 mengambil tema New World After Covid. Event ini dilaksanakan secara online (online edition) dan diikuti para peserta dari delapan negara ASEAN. Seremonial award dilaksanakan berlangsung pada 21 April 2021.

Tim robotik MAN 1 Yogyakarta mendapat penghargaan pada dua kategori. Pertama, kategori Line Tracing Senior mendapat dua medali emas. Prestasi ini diraih Fathurrahman Kafi dan Muhammad Dhesta Zhafran Purnawan.

Kedua, kategori Innovative Senior. Tim MAN 1 Yogyakarta mendapatkan Performance Awardees. Prestasi ini diraih Ajeng Purwaniaratih P, Naufal Daffa Dahlana Hastoto, Muhammad Dhesta Zhafran Purnawan dan Fathurrahman Kafi.

“Dalam kategori innovative, kami membuat  Autonomous Sterilizer Robo. Robot didesign agar bisa melakukan pembersihan area atau ruangan kerja secara autonomous,  secara berkala dengan menggunakan Sinar UV dan dapat menyemprotkan cairan disinfektan. Kami berharap pengembangan robot ini akan menjamin ruangan kerja yang bersih dan higienis,” ujar Naufal Daffa Dahlana Hastoto di Yogyakarta, Sabtu (24/4/2021).

Terkait dengan desain Autonomous Sterilizer Robo, Daffa dan timnya menggunakan komponen utama Arduino Nano sebagai kendali robot, driver motor Stepper untuk menggerakkan motor Stepper, modul Relay 2 channel untuk menghidupkan motor pompa dan lampu UV, yang dilengkapi dengan rangkaian sensor garis untuk membantu robot dalam bermanuver, dan menggunakan baterai LiPo 12V.

Sementara itu, untuk mekanik penggerak robot, menggunakan motor Stepper. Roda robot dan sebagian besar body robot terbuat dari bahan akrilik dan 3D print. Mekanik yang digunakan untuk menyemprotkan cairan disinfektan menggunakan motor pompa yang dilengkapi tangki penampung air.

Untuk mengetahui detil robot innovative MAN 1 Yogyakarta, silahkan klik link youtube berikut ini: https://youtu.be/5KQvVFvVFsM. 

Sedangkan untuk melihat Award Ceremony, bisa diklik link ini https://www.facebook.com/worldrobotgames/

“Tujuan utama robot ini adalah untuk menjamin ruang kerja yang bersih dan hieginis, tanpa campur tangan manusia sehingga dapat mengurangi resiko penularan virus corona, yang berasal dari benda dan lingkungan sekitar,” pungkas Daffa.

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)
Telegram ; 
(Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

Ùˆ ØµÙ„Ù‰ على سيدنا محمد Ùˆ على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape

 

0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Kunci Jawaban - 3.9 Pendidikan Anak dan Pembinaan Keluarga dalam Perkawinan - Pelatihan Keluarga Sakinah - Pintar Kemenag

        السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Ha...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI