Breaking News

20 September 2022

Download Prota Promes Mapel PAI dan Bahasa Arab MI - KMA 183

 


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Kali ini kami akan membagikan prota promes  Pendidikan Mapel PAI dan Bahasa Arab untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 MI untuk  yang bisa di download secara gratis semester 1 dan 2.

Program Tahunan (PROTA) merupakan rencana penetapan alokasi waktu dalam 1 tahun untuk capai tujuan pembelajaran dari KD dan KI yang telah ditetapkan.

Fungsi dan Cara Menyusun Prota Promes Mapel PAI dan Bahasa Arab KMA 183 MI

Fungsi dan cara menyusun prota promes Mapel PAI dan Bahasa Arab KMA 183 MI. Pendidik tidak hanya memiliki kewajiban untuk memberikan pembelajaran berkualitas di dalam kelas. Namun pendidik juga harus mempersiapkan kematangan perencanaan bahkan sebelum pembelajaran dimulai. dan seluruh perencanaan yang dilakukan tersebut jarus berpedoman pada prota dan promes yang telah ditetapkan.

Unduh Juga : Buku Mapel PAI dan Bahasa Arab Sesuai KMA 183 MI Kelas 1,2,3,4,5,6

Apa pengertian prota? Prota atau yang juga dikenal dengan program tahunan ini merupakan rencana pengalokasian waktu dalam 1 tahun untuk mencapai pembelajaran. Sementara promes atau program semester merupakan gambaran pembelajaran yang akan berlangsung dalam 1 semester ke depan dengan memperhatikan kalender akademik dan PROTA yang telah dibuat.

Prota Dan Promes Mapel PAI dan Bahasa Arab MI Sesuai KMA 183 

Penyusunan prota promes Mapel PAI dan Bahasa Arab KMA 183 (SD/MI) akan dibuat oleh masing-masing pembelajaran atau tema kelas pada jenjang pendidikan tertentu. Hal ini karena pedoman pembelajaran yang satu ini berfungsi sebagai gambaran pembelajaran yang akan dikembangkan pendidik dalam satu semester di tahun pelajaran berikutnya.

Cara Menyusun PROTA Mapel PAI dan Bahasa Arab KMA 183 MI

Sudah menjadi kewajiban pendidik di akhir tahun pembelajaran untuk menetapkan rencana pembelajaran di semester yang akan dayang. Namun sebelum membuat perencanaan semester, pendidik lebih dahulu harus memetakan atau menyusun program tahunan, yakni PROTA.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, PROTA merupakan rencana penetapan alokasi waktu dalam 1 tahun untuk capai tujuan pembelajaran dari KD dan KI yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu ini penting karena akan mempengaruhi jumlah jam pembelajaran (JP) untuk siswa memperoleh pembelajaran dengan kompetensi dasar tertentu.

Unduh Juga : Kumpulan Soal PAT Mapel PAI dan Bahasa Arab MI Semester 2 Sesuai KMA 183

Komponen prota promes Mapel PAI dan Bahasa Arab KMA 183 SD/MI yang harus ada yakni identitas berupa kelas, muatan pelajaran dan tahun pelajaran, serta format isian berupa KD atau tema, subtema dan tentunya alokasi waktu. Lalu, bagaimana cara menyusun prota? Langkah-langkah perancangan PROTA adalah sebagai berikut:

  1. Menganalisis kalender pendidikan yang berlaku di daerah tertentu.
  2. Menandai hari libur nasional, maupun hari-hari tidak efektif untuk dilakukan pembelajaran.
  3. Menghintung HBE dan JBE, yakni hari belajar efektif dan jam belajar efektif setiap bulan dan semester dalam 1 tahun.
  4. Menata alokasi waktu tersebut untuk kompetensi dasar dengan mempertimbangkan waktu untuk ujian dan menganalisis materi.

Cara Menyusun PROMES Mapel PAI dan Bahasa Arab KMA 183 MI

Jika sudah menetapkan program tahunan, maka program semester dapat dibuat. Program semester yakni perencanaan berupa program yang berisi garis-garis besar tentang apa saja yang akan dicapai dalam 1 semester. Promes ini berisi tentang pokok aktivitas guru yang dilakukan dengan mempertimbangkan alokasi waktu dan kompetensi dasarnya.

Komponen yang harus ada dalam prota promes Mapel PAI dan Bahasa Arab KMA 183 MI adalah identitas berupa satuan pendidikan, mata pelajaran kelas, semester, dan tahun pembelajaran. Komponen isiannya beberapa materi, tema dan subtema, alokasi waktu yang disediakan, dan bulan yang diperinci dengan minggu per minggu. Nah, bagaimana cara menyusun program semester tersebut? perinciannya adalah sebagai berikut.

  1. Memasukkan kompetensi dasar dan indikatornya.
  2. Menetapkan JP dan jumlah tatap muka setiap minggunya.
  3. Menata kebutuhan waktu sesuai dengan kolom bulan dan minggu.
  4. Menambahkan catatan pada kolom keterangan jika diperlukan.

Menyusun prota-promes Mapel PAI dan Bahasa Arab KMA 183 MI kelas 1 2 3 4 5 6 merupakan satu di antara berbagai tugas pokok guru untuk membuat perencanaan pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa untuk guru atau pendidik ada dalam kelas maupun sebagai fasilitator pembelajaran pun memerlukan perencanaan matang dan mendetail.

Download Prota dan Promes Mapel PAI dan Bahasa Arab KMA 183  Kelas 1-6 

Untuk mendownload Prota dan Promes Pendidikan Mapel PAI dan Bahasa Arab Kelas 1-6 MI ini cukup mudah dan sederhana. Sobat akan di arahkan di Google Drive langsung terdownload otomatis tanpa harus melewati link-link yang membosankan.

Baiklah, tanpa banyak bicara silahkan download Prota dan Promes Pendidikan Mapel PAI dan Bahasa Arab MI Sesuai KMA 183/MI  di bawah ini.

Download Prota Mapel PAI dan Bahasa Arab MI Sesuai KMA 183 Kelas 1-6 Semester Ganjil-Genap

Prota Promes Fikih MI [Unduh]

Prota Promes Akidah Akhlak MI [Unduh]

Prota Promes Al-Qur'an Hadits MI [Unduh]

Prota Promes SKI MI [Unduh]

Prota Promes Bahasa Arab MI [Unduh]

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Download Prota Promes Mapel PAI dan Bahasa Arab MI - KMA 183"semoga dapat membantu kegiatan rekan-rekan guru di Sekolah/Madrasah. Dan jangan lupa bagikan informasi ini Sahabat lainnya, karena semua file yang didapatkan disini semuanya gratis tanpa harus mengeluarkan uang sepersenpun. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

Ùˆ ØµÙ„Ù‰ على سيدنا محمد Ùˆ على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Undangan Sosialisasi Teknis Penyusunan Proposal Bantuan Pokja Guru dan Tendik Tahun 2024 secara Online

السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI