Breaking News

13 September 2022

Data Simpatika, Optimalisasi Penyaluran Tunjangan Profesi Guru



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Bogor - Tunjangan profesi menjadi salah satu bentuk apresiasi bagi profesi tertentu, begitu juga bagi profesi guru. Tunjangan profesi ini juga diberikan kementerian Agama kepada guru Madrasah  berdasarkan data yang dimiliki Kementerian Agama, hal ini disampaikan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhammad Zain saat memberikan arahannya pada kegatan Koordinasi Tunjangan Guru Madrasah Lintas Lembaga Angkatan I di Bogor, Senin (12/09/2022).

“Berbagai macam permasalahan dapat maksimal dengan Information Technology (IT), misalnya dapat kita lihat pada potensi wisata alam yang terekspose secara maksimal dengan kekuatan teknologi, hal ini juga seharusnya dapat kita maksimalkan pada data guru di Simpatika (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag),”ucap Zain.  

Lebih lanjut Zain mengatakan bahwa pengembangan dan pemanfaatan Simpatika harus dioptimalkan, jangan sampai ada tenaga honorer yang tidak terdata dalam pendataan kali ini, kita mengharapkan  ada kesempatan dalam menambah kuota guru secara nasional.


Kepala Sub Direktorat Bina GTK MI dan MTs, Ainur Rofiq menyampaikan bahwa tunjangan tenaga pendidik (tendi) belum terakomodir dengan baik, sehingga Integrasi system tunjangan menjadi  hal yang krusial dan potensial memerlukan tenaga dan keilmuan yang sangat kuat. “Integrasi sistemik harus menjadi semangat kita bersama,” ucapnya.

“Belakangan ramai menjadi kesimpangsiuran informasi mengenai kebocoran informasi dan data pribadi,  mengantisipasi  yang demikian, perlu adanya SOP (Standar Operasional Prosedur ) terkait keamanan data Simpatika,”imbuh Ainur Rofiq.

Selain itu, akurasi data juga perlu menjadi perhatian khusus, jangan ada data yang asal masuk. Admin di masing-masing Satuan Kerja (Satker) jangan hanya berperan mengumpulkan data saja, tetapi harus juga memperhatikn validitas data yang dilaporkan, harus dipastikan datanya akurat dan tepat.


Mustofa Fahmi selaku Kepala Seksi Bina Guru MI dan MTs mengatakan akan memberikan masukan sedetail mungkin kepada Tim IT dalam  pengembangan fitur Simpatika, semisal fitur untuk penghitungan  selisih tukin (Tunjangan Kinerja) yang seharusnya bisa  running melalui simpatika, untuk membantu penghitungan selisih tukin.

Menurut Fahmi, Kemenag akan melakukan benchmarking system yang ada di Kemendikbudristek, sehingga Kemenag juga dapat membuktikan Eksistensi dan keunggulan serta transformasi dari Simpatika, pungkasnya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Data Simpatika, Optimalisasi Penyaluran Tunjangan Profesi Guru", semoga bermanfa'at. 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Rekrutmen Baru Tenaga Pendamping Lokal Desa (PLD) Tahun 2022.

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanap...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI