Breaking News

07 Desember 2022

Lembar Catatan Belajar Peserta Didik


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Lembar catatan belajar Peserta didik merupakan salah satu teknik yang harus dikuasai guru dalam penilaian formatif yang dilakukan ketika proses pembelajaran berlansung.

Dari lembar catatan belajar peserta didik, pendidik bisa melihat dan mengevaluasi serta memperbaiki proses pembelajaranya menjadi lebih baik dan efektif.

Lembar Catatan Belajar Peserta Didik

Lembar catatan belajar peserta didik contohnya berupa :

  1. Lembar refleksi 
  2. Lembar tanggapan peserta didik
Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai lembar catatan belajar peserta didik. 


Lembar Catatan Belajar Peserta Didik

Lembar Refleksi

Lembar refleksi digunakan oleh peserta didik untuk mencatat proses yang mereka lalui dalam mempelajari sesuatu dan apa yang mereka peroleh, sekaligus mencatat pertanyaan-pertanyaan yang perlu mereka temukan jawabannya. 

Refleksi memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membuat hubungan antara apa yang mereka sudah pelajari, menentukan tujuan, dan melakukan refleksi terhadap proses belajar mereka. 

Dengan membaca lembar refleksi peserta didik, pendidik memperoleh umpan balik terhadap keefektifan proses pembelajarannya, dan dapat menyampaikan umpan balik mengenai apa yang sudah dilakukan dengan baik oleh peserta didik serta saran untuk hal-hal yang perlu diperbaiki. 

Dengan demikian pendidik dapat menjadikan lembar refleksi sebagai sebuah alat yang efektif untuk pembelajaran. 

Contoh: Pekan ini bu Ninik membelajarkan pengertian tentang konsep pecahan dengan cara membuat sup buah. Anak-anak diberi tugas untuk membawa buah dari rumah masingmasing. 

Dari sini anak-anak mengenal konsep pecahan dilanjutkan dengan penjumlahan pecahan dengan penyebut sama. Sebagai penguatan pendidik memberikan lembar kerja. 

Lembar Refleksi 

Nama :                                                                                                        

Tanggal: 

  1. Apa saja yang telah kamu pelajari?  ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................ 
  2. Apa yang paling kamu kuasai? ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
  3. Bagaimana caramu belajar untuk menguasai bab ini? ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................ 
  4. Apa yang kamu sukai dari kegiatan belajar yang sudah kamu lakukan dalam mempelajari bab ini? ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................ 
  5. Apa yang tidak kamu sukai dari kegiatan belajar yang kamu lakukan? ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................ 
  6. Pertanyaan apa saja yang kamu punya setelah kamu mempelajari bab ini? ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................ 

Setelah anak-anak selesai mengerjakan lembar kerja, pendidik membagikan lembar refleksi pembelajaran. Berikut adalah lembar refleksi yang dibagikan kepada peserta didik. 

Berikut ini adalah contoh lembar refleksi belajar dari seorang peserta didik

Dari isian ini terlihat bahwa peserta didik yang bersangkutan sudah memahami konsep pecahan. Diketahui juga apa yang masih dirasa sulit oleh peserta didik tersebut, yaitu operasi pecahan. 

Hal ini bisa menjadi acuan Bu Ninik dalam merancang aktivitas selanjutnya.

Lembar Catatan Belajar Peserta Didik

Lembar Tanggapan Peserta Didik

Lembar catatan belajar peserta didik berikutnya adalah Lembar tanggapan peserta didik yang merupakan lembar isian bagi peserta didik untuk menuliskan respons pribadi mereka untuk mengajukan pertanyaan, meramalkan hasil, melakukan refleksi atau perenungan, mengumpulkan kosakata, dan untuk menyatakan pikiran atau pendapat mereka mengenai bacaan tertentu. 

Pendidik dapat menggunakan lembar tanggapan peserta didik sebagai penilaian formatif. Gambar 2 menyajikan contoh lembar tanggapan peserta didik yang diisi setelah seorang peserta didik kelas II yang baru saja menyelesikan membaca sebuah buku bergambar. 


Pada lembar tanggapan tersebut peserta didik menuliskan nama-nama tokoh ceritanya, tokoh yang disukai beserta alasannya, dan gambar tokoh cerita. Selain itu, peserta didik juga memberi penilaian terhadap buku yang dibacanya dengan mewarnai bintang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Lembar Catatan Belajar Peserta Didik", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
Komunitas WA ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape  

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Contoh SK Panitia PPDB Madrasah Format Ms. Word

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI