Breaking News

16 Agustus 2023

Teks Doa 17 Agustus 2023 untuk Upacara HUT ke-78 RI

hanapibani.com


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Pada upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2023 hal yang tak boleh terlewatkan adalah pembacaan doa. Doa 17 Agustus 2023 dibacakan pada saat pembina upacara selesai menyampaikan amanat.

Isi doa 17 Agustus tersebut biasanya diawali dengan ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan RI yang telah menginjak usia 78 tahun. Kemudian di akhir doa ditutup dengan permohonan agar doa yang dipanjatkan dapat terkabulkan.

Nah, bagi Sobat yang bertugas untuk membaca doa pada upacara peringatan kemerdekaan RI, berikut ini contoh teks doa 17 Agustus 2023.

Doa Upacara 17 Agustus 2023 resmi Kemenag RI

Dilansir dari situs resmi Kementerian Agama, berikut teks doa 17 Agustus 2023 untuk upacara kemerdekaan RI ke-78.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ * حَمْدًا شَاكِرِينَ حَمْدًا يُوَافِي نِعْمَهُ وَيُكَافِي مَزِيْدَهُ * * يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ اللَّهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ .

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa,
Dengan penuh kerendahan hati, kami seluruh bangsa Indonesia mempersembahkan puji syukur kehadirat-Mu. Engkaulah Sang Pencipta alam semesta ini, Engkau-lah Dzat yang mengatur alam seisinya, dan Engkau pulalah yang menentukan segala-galanya. Oleh karena itu, hanya kepada-Mu kami berserah diri dan memohon pertolongan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Rahim,
Atas segala rahmat dan karunia-Mu, hari ini kami seluruh bangsa Indonesia, kembali dapat memperingati hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Tambahkanlah curahan kasih sayang-Mu sebagai berkah bagi kami mengisi kemerdekaan menuju negeri yang adil dan makmur di bawah Ridho-Mu.

Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu,
Jadikanlah peringatan upacara proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa kami.
Jauhkanlah bangsa kami dari buruk sangka, percekcokan, perselisihan, dan perpecahan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,
Masih panjang perjuangan bangsa kami dan masih jauh pula perjalanan sejarah bangsa kami, oleh karena itu hindarkanlah bangsa dan negara kami dari fitnah dan marabahaya. Mantapkan tekad kami untuk membangun negara dan bangsa, agar menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, adil, makmur, dan sejahtera.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun,
Ampunilah dosa-dosa kami, dosa ibu bapak kami, para pemimpin dan para pejuang kami. Terimalah amal dan perjuangan mereka, karena Engkau Dzat Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, Kabulkanlah permohonan dan doa kami, agar kami semua tergolong hamba-hamba-Mu yang beruntung.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Doa Apel Kehormatan Dan Renungan Suci Malam 16 Agustus 2023

Sehari sebelum upacara kemerdekaan Republik Indonesia biasanya akan digelar apel kehormatan dan renungan suci di taman makam pahlawan. Berikut ini bacaan doa apel kehormatan dan renungan suci:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ * حَمْدًا شَاكِرِينَ حَمْدًا يُوَافِي نِعْمَهُ وَيُكَافِي مَزِيْدَهُ * * يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ اللَّهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ .

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa,
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat-Mu. Pada keheningan malam ini, kami mengenang jasa para ksatria kusuma bangsa Indonesia yang telah gugur mendahului kami, demi kejayaan bangsa dan negara.

Dengan rasa ikhlas dari lubuk hati yang dalam, kami memohon ke hadirat-Mu, kiranya Engkau berkenan mengampuni dosa para pahlawan pendahulu kami serta menerima pengabdian dan darma bakti mereka sebagai amal syuhada bangsa dan negara kami.

Ya Allah Ya Tuhan kami,
Limpahkanlah taufiq dan hidayah-Mu kepada kami. Jadikanlah jiwa dan semangat patriotisme para pahlawan pendahulu kami terus menggelora dan mengilhami setiap langkah kami membangun bangsa dan negara di tengah perubahan terus menerus tanpa henti.

Ya Allah, Tuhan yang Maha Perkasa,
Kami menyadari bahwa kemerdekaan yang Engkau anugerahkan kepada bangsa Indonesia adalah anugerah yang telah ditebus dengan pengorbanan jiwa dan raga putera-putera bangsa kami.

Oleh karenanya berilah kami kekuatan, ketabahan, kemampuan serta bimbingan lahir batin untuk memelihara dan mengisi kemerdekaan ini sebagai bentuk amanat- Mu ya Allah.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mengetahui,
Berikanlah kami stabilitas kehidupan berpolitik, berdemokrasi dan percepatan pertumbuhan ekonomi nasional, agar tercipta bangsa kami yang bersatu, aman, adil demokratis dan sejahtera.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar,
Kabulkanlah doa dan permohonan kami, ampunilah segala kesalahan, dan kealpaan serta dosa kami.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Contoh Doa Upacara 17 Agustus 2023 Lainnya

Selain contoh doa upacara 17 Agustus 2023 dari Kemenag, berikut ini kumpulan contoh teks doa upacara 17 Agustus untuk sekolah, instansi, dan lingkungan masyarakat yang bisa dijadikan referensi.

Contoh Doa Upacara 17 Agustus 2023 #1

Bismillāhirrahmānirrahīm.
Alhamdulillāhirabbil 'ālamin.
Allāhumma shalli 'alā Sayyidinā Muhammad wa 'alā āli Sayyidinā Muhammad.

Ya Allah, ya Tuhan kami
Wahai Keindahan yang menciptakan sendiri segala yang indah
Wahai Pencipta yang melimpahkan sendiri segala anugerah
Wahai Maha Pemurah yang telah menganugerahi kami negeri sangat indah
dan bangsa yang menyukai keindahan

Ya Allah yang telah memberi kami kemerdekaan yang indah
Demi nama-nama agungMu Yang Maha Indah
Demi sifat-sifat suciMu Yang Maha Indah
Demi ciptaan-ciptaanMu yang serba indah

Anugerahilah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami, kepekaan menangkap dan mensyukuri keindahan anugrahMu
Keindahan merdeka dan kemerdekaan
Keindahan hidup dan kehidupan
Keindahan manusia dan kemanusiaan
Keindahan kerja dan pekerjaan
Keindahan sederhana dan kesederhanaan
Keindahan kasih sayang dan saling menyayang
Keindahan kebijaksanaan dan keadilan
Keindahan rasa malu dan tahu diri
Keindahan hak dan kerendahan hati
Keindahan tanggung jawab dan harga diri

Anugerahilah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami kemampuan mensyukuri nikmat anugerahmu dalam sikap-sikap indah yang Engkau ridhai

Selamatkanlah jiwa-jiwa kami, dari noda-noda yang mencoreng keindahan martabat kami. Pimpinlah kami dan bangsa kami ke jalan indah menuju cita-cita indah kemerdekaan kami

Kuatkanlah lahir batin kami, untuk melawan godaan keindahan-keindahan imitasi yang menyeret diri-diri kami dari keindahan sejati kemanusiaan dan kemerdekaan kami.

Merdekakan lah kami dari belenggu penjajahan apa saja selain Allah, termasuk diri kami sendiri. Kokohkanlah jiwa raga kami untuk menjaga keindahan negeri kami

Ya Nuuru, wahai Cahaya di atas segala cahaya
Pancarkanlah cahayaMu di mata dan pandangan kami
Pancarkanlah cahayaMu di telinga dan pendengaran kami
Pancarkanlah cahayaMu di mulut dan perkataan kami
Pancarkanlah cahayaMu di hati dan keyakinan kami
Pancarkanlah cahayaMu di pikiran dan sikap kami
Pancarkanlah cahayaMu di kanan dan kiri kami
Pancarkanlah cahayaMu di atas dan bawah kami
Pancarkanlah cahayaMu di dalam diri kami

Pancarkanlah cahayaMu, ya Maha Cahaya
Agar kami dapat menangkap keindahan ciptaanMu dan meresapinya
Dapat menangkap keindahan anugerahMu dan mensyukurinya
Dapat menangkap keburukan jalan sesat setan dan menghindarinya

Pancarkanlah cahayaMu, ya Maha Cahaya
Agar kami dapat menangkap keindahan, kebenaran dan mengikutinya
Dapat menangkap keburukan, kebatilan dan menjauhinya
Agar kami dapat menangkap keindahan, kejujuran dan menyelaminya
Dapat menangkap keburukan, kebohongan dan mewaspadainya

Pancarkan cahayaMu, ya Maha Cahaya
Sirnakan dan jangan sisakan sekelumit pun kegelapan di batin kami

Ya Allah, kami berdoa dengan menyebut nama-nama indahMu, seperti yang Engkau perintahkan
Maka kabulkanlah doa kami, seperti yang Engkau janjikan

Rabbanā ātinā fiddunya hasanah, wafil ākhirati hasanah, waqinā adzābannār.
Walhamdulillāhirabbil 'alamin.

Contoh Doa Upacara 17 Agustus 2023 #2

Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuasa

Segala puji kami panjatkan ke hadirat-Mu atas nikmat tidak terhingga yang Engkau berikan kepada bangsa kami. Atas ridha dan kuasa-Mu, Engkau bebaskan kami dari belenggu penjajahan. Karenanya, perkenankanlah kami pada hari ini dengan penuh rasa syukur dan sukacita, memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan bangsa kami yang ke-78.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Bijaksana

Dengan semangat proklamasi kemerdekaan yang ke-78 ini, berikanlah ridha-Mu yang tak terputus pada kami, untuk membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju, sejajar, dan berkompetisi dengan bangsa-bangsa maju lainnya di dunia. Teguhkan persatuan dan kesatuan kami, agar kami dapat menapak dengan kokoh kuat dalam membangun bangsa tercinta ini.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih

Curahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada para pahlawan kami yang telah mengorbankan jiwa dan raganya bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ampunilah segala kesalahan mereka dan terimalah budi baik dan keikhlasan pengorbanan mereka, serta tinggikan derajat dan muliakan mereka, dalam golongan hamba-hamba-Mu yang syuhada.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun

Dengan sifat 'Afuwwun Ghafuur-Mu, ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan para pahlawan kami, serta dosa dan kesalahan para pemimpin kami. Perkenankan doa kami, Ya Allah.

Contoh Doa Upacara 17 Agustus 2023 #3

Ya Allah ya Tuhan kami ampunilah kami, para pemimpin kami,dan segenap rakyat kami. Engkaulah sebaik-baik pengampun.

Ya Allah ya Tuhan kami, rahmatilah kami, para pemimpin kami,dan segenap rakyat kami. Engkaulah sebaik-baik pemberi rahmat.

Ya Allah ya Tuhan kami ilhamilah kami para pemimpin kami dan rakyat kami untuk mensyukuri nikmat anugerah-Mu.

Ilhamilah kami untuk mensyukuri nikmat negeri indah anugerahMu dengan menjaga keindahannya.

Ilhamilah kami untuk mensyukuri nikmat bangsa ramah anugerahmu dengan menjaga keramahannya.

Ilhamilah pemimpin-pemimpin kami untuk mensyukuri nikmat anugerahMu dengan memahami dan mengayomi rakyat yang mereka pimpin.

Ilhamilah kami dan pemimpin-pemimpin kami untuk mensyukuri nikmat anugerahMu dengan menyadari tanggung jawab masing-masing kami.

Ilhamilah kami untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan anugerahMu secara tulus mengisinya dengan kerja nyata bagi kemaslahatan bangsa
dan negara.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuat, berilah kami kekuatan untuk pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. Menatap masa depan, menyongsong Indonesia
maju bermartabat.

Ya Allah ya Tuhan kami, ampunilah dan rahmatilah kami dan kabulkanlah
doa kami.

Contoh Doa Upacara 17 Agustus 2023 #4

Ya Allah Tuhan Yang Maha Perkasa. Kami semua menyanjung-Mu dengan segala puja. Sebagai ungkapan syukur atas nikmat dan karunia. Nikmat kemerdekaan ke-78 Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga rahmat, pertolongan dan berkah-Mu abadi menjelma. Menyertai segenap kami Bangsa Indonesia".

"Ya Allah Tuhan Yang Maha Abadi. Bangkitkanlah semangat juang seluruh anak negeri. Untuk membangun dan mengabdi ibu pertiwi. Mempersembahkan karya dan mengukir prestasi. Mengerahkan daya dan kemampuan membangun negeri".

"Ya Allah Tuhan Yang Maha Hidup. Kobarkan semangat juang yang tak pernah redup. Karuniakan kami kemampuan dan pengetahuan yang cukup. Tumbuhkan kesadaran memelihara falsafah hidup. Semoga udara kemerdekaan senantiasa kami hirup".

Contoh Doa Upacara 17 Agustus 2023 #5

Ya Allah, pada kesempatan yang berbahagia ini, kami bersyukur atas anugerah Kemerdekaan Republik Indonesia yang telah Engkau berikan kepada bangsa kami.

Kami mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan tanah air kami. Kami mohon, semoga Engkau terus memberikan rahmat dan lindungan bagi bangsa Indonesia.

Berikanlah kebijaksanaan, keteguhan hati, dan semangat yang tinggi kepada para pemimpin negara kami, agar mereka dapat memimpin dengan adil dan bijaksana untuk kemajuan dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Ya Allah, berikanlah kesadaran kepada setiap warga negara Indonesia untuk senantiasa menjaga persatuan, kesatuan, dan kerukunan di tengah perbedaan yang ada. Luruskanlah hati kami dari segala bentuk keserakahan, korupsi, dan tindakan-tindakan yang merugikan bangsa.

Berkatilah pendidikan di Indonesia, agar anak-anak kami dapat tumbuh menjadi generasi yang cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia. Bimbinglah mereka untuk mencintai tanah air dan menjadi putra-putri yang berguna bagi negara dan bangsa.

Ya Allah, lindungilah tanah air Indonesia dari segala bencana alam, konflik, dan ancaman keamanan. Jadikanlah negeri kami sebagai tempat kedamaian, kemakmuran, dan kemajuan.

Terakhir, kami memohon pada hari yang bersejarah ini, agar Indonesia tetap menjadi negara yang merdeka dan bermartabat di mata dunia. Amin.


Demikian artikel yang bisa kami sampaikan tentang "Teks Doa 17 Agustus 2023 untuk Upacara HUT ke-78 RI", semoga ada manfa'atnya.

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)

Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 


0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

KMA No 284 tahun 2024 tentang Pedoman Pengelolaan Kehumasan pada Kementerian Agama

  السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani ....

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI