Breaking News

25 Februari 2023

Panduan Penggunaan Portal Aktivasi dan Manajemen Akun Madrasah Hebat

www.hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani

1. Web Portal

Kunjungi website MORA Account Provisioning Distribution Portal pada link:

akun.madrasahhebat.id

Setelah mengunjungi link diatas, anda akan disambut oleh laman utama dari MORA Account Provisioning Distribution Portal, seperti pada Gambar 1. Untuk memasuki portal, tekan tombol “Sign In” pada pojok kanan atas laman utama. 

 

www.hanapibani.com

 

Gambar 1. Laman utama Account Provisioning Distribution Portal

              

2. Login

Setelah menekan tombol “Sign In”, anda akan diminta untuk Login menggunakan akun Google, seperti pada Gambar 2. Anda hanya bisa masuk dengan akun Admin Madrasah yang diberikan kepada Anda dengan nama akun (AkunAdminAnda)@madarsah.kemenag.go.id.
=>
Panduannya lengkap tentang pembuatan Akun silakan klik DISINI 

Anda tidak dapat masuk ke Portal ini dengan domain selain madrasah.kemenag.go.id​                                                                                     

Silahkan masuk dengan Password Anda. Bagi yang pertama kali melakukan Login, Password Awal Anda harus dirubah dengan Password Baru yang Anda bisa ingat dan gunakan.

Gunakan Aturan Password Baru yaitu minimal 8 Karakter, Memiliki Gabungan dari Minimal 1 (satu) Huruf Besar, Huruf Kecil, Angka, dan Karakter Khusus (%,$,#,@, atau &).

 
www.hanapibani.com 

                          Gambar 2. Login menggunakan akun Google        
                                                                        

3. Dashboard

 

Setelah anda telah berhasil Login dengan sukses, maka anda akan memasuki portal Admin Madrasah dengan halaman Dashboard  sebagai halaman utama, seperti pada Gambar 3. 

 
www.hanapibani.com

Gambar 3. Halaman Dashboard

 

Halaman Dashboard​ akan menunjukkan berbagai informasi seperti informasi umum mengenai madrasah yang dikelola oleh akun anda, seperti nama madrasah, NSM, provinsi, serta kabupaten atau kota madrasah tersebut. Selain itu, Dashboard ​ juga menunjukkan jumlah total guru dan siswa, serta jumlah total perbaikan data dan reset password yang sedang diajukan. Pada bagian bawah Dashboard, terdapat Panduan Penggunaan Aplikasi yang berisi informasi panduan tata cara penggunaan aplikasi portal ini. 

Pada pojok kanan atas setiap halaman terdapat nama dan foto profil Admin Madrasah, seperti pada Gambar 4. Bila ditekan, akan muncul dropdown untuk mengakses halaman “Akun Saya” yang berfungsi untuk merubah informasi pada akun Admin Madrasah. Selain itu, juga terdapat tombol “Logout” untuk keluar dari portal. 

 

www.hanapibani.com

 Gambar 4. Nama dan foto profil Admin Madrasah

 

Admin perlu memperhatikan data-data pada dashboard ini, mencocokan dengan data aktual jumlah siswa/ guru pada sekolah/ organisasinya masing-masing. Bilamana terdapat ketidaksesuaian data jumlah siswa/ guru maka perlu dilanjutkan kepada informasi detil berikutnya yaitu mencocokkan data aktual siswa/ guru dengan data pada portal ini.

 

              

4. Data Guru

 

Pada portal ini juga terdapat halaman Data Guru, yang berisi tabel berupa data nama dan informasi seluruh guru yang terdaftar dalam sistem, seperti pada Gambar 5. Pada bagian atas tabel terdapat kolom untuk mencari informasi mengenai guru tertentu, berdasarkan PTK ID, Nama, maupun Email. Disampingnya terdapat tombol “Download Data” yang dapat digunakan untuk mengunduh seluruh data guru dalam bentuk file “.csv”. Selanjutnya, data akun guru ini bisa langsung dibagikan kepada masing - masing Guru berdasarkan kode identitas PTK ID. 

 

www.hanapibani.com

                                     Gambar 5. Halaman data guru           

Pada tabel ini terdapat beberapa tombol “Action” yang dapat digunakan oleh Admin Madrasah untuk merubah informasi guru, seperti pada Gambar 6.

www.hanapibani.com

Gambar 6. Tombol-tombol “Action” 

 

Tombol pertama dengan ikon kunci merupakan fitur “Reset Password”, dilakukan bilamana ada guru yang lupa password atau kesulitan melakukan Login pada akun G Suite edukasi. Tombol ini apabila ditekan pada salah satu akun guru akan membawa Admin Madrasah ke halaman Reset Password untuk mereset password akun guru tersebut, seperti pada Gambar 7. 

 

www.hanapibani.com

Gambar 7. Reset Password

 

Tombol kedua dengan ikon kartu merupakan fitur “Kesalahan Nama”, yang apabila ditekan pada salah satu akun guru akan membawa Admin Madrasah ke halaman Perubahan Nama, dimana Admin Madrasah dapat mengubah nama depan ataupun nama belakang pada akun guru tersebut, seperti pada Gambar 8. 

 

www.hanapibani.com

Gambar 8. Perubahan Nama

 

Tombol ketiga merupakan fitur “Kesalahan Akun”, dimana Admin Madrasah dapat menginformasikan kepada Admin Pusat apabila terdapat akun peserta yang bukan merupakan guru pada data guru. Proses ini akan melaporkan ketidaksesuaian data dimaksud kepada Admin Pusat untuk dilakukan penggantian/ penyesuaian data. Kebijakan penyesuaian data ini sepenuhnya merupakan wewenang tindakan dari Admin Pusat, yang akan melakukan verifikasi data dimaksud.

 

Pada pojok kanan atas halaman Data Guru juga terdapat tombol “Bantuan” yang apabila ditekan akan menunjukkan bantuan untuk pengelolaan akun guru, seperti pada Gambar 9. Bantuan ini menjelaskan kembali tentang fitur-fitur yang terdapat pada halaman ini, yaitu “Download Data”, “Reset Password”, “Kesalahan Nama”, dan “Kesalahan Akun” pada akun guru.

www.hanapibani.com
              Gambar 9. Bantuan akun guru         
  

5. Data Siswa

 

Selain daftar guru, pada portal ini juga terdapat halaman Data Siswa, yang berisi tabel berupa data nama dan informasi seluruh siswa yang terdaftar dalam sistem, seperti pada Gambar

10.

 

www.hanapibani.com
Gambar 10. Halaman data siswa          

Seperti pada halaman Data Guru, halaman Data Siswa ini juga terdapat fitur-fitur “Bantuan”, “Download Data”, dan tombol-tombol “Action”, yang semua fungsinya sama menggunakan data siswa. Tombol “Bantuan” apabila ditekan akan menunjukkan bantuan untuk pengelolaan akun siswa, seperti pada Gambar 11. Bantuan ini menjelaskan kembali tentang fitur-fitur yang terdapat pada halaman ini, yaitu “Download Data”, “Reset Password”, “Kesalahan Nama”, dan “Kesalahan Akun” pada akun siswa. Dimana Admin Madrasah dapat menginformasikan kepada Admin Pusat apabila terdapat akun peserta yang bukan merupakan anggota pada madrasah ini. Proses ini akan melaporkan ketidaksesuaian data dimaksud kepada Admin Pusat untuk dilakukan penggantian/ penyesuaian data. Kebijakan penyesuaian data ini sepenuhnya merupakan wewenang tindakan dari Admin Pusat, yang akan melakukan verifikasi data dimaksud.

 

 

www.hanapibani.com

                          Gambar 11. Bantuan akun siswa 
       

6. Contoh Tabel Data Guru dan Siswa

 

Contoh Data Guru dan Data Siswa dalam bentuk Tabel CSV adalah seperti di bawah ini yang berisikan Kolom Nama, Email, dan Password Awal. Password ini HANYA BOLEH​       DIBERIKAN DAN DIUBAH (PADA LOGIN PERTAMA) OLEH GURU ATAU SISWA

BERSANGKUTAN. Admin Madrasah tidak diharapkan melakukan Login pertama atau​      merubah password ini. 

 

Bagi yang pertama kali melakukan Login, Password Awal harus dirubah dengan Password Baru yang Anda bisa ingat dan gunakan. Gunakan Aturan Password Baru yaitu minimal 8 Karakter, Memiliki Gabungan dari Minimal 1 (satu) Huruf Besar, Huruf Kecil, Angka, dan Karakter Khusus (%,$,#,@, atau &).

www.hanapibani.com Gambar 12. Contoh Tabel CSV Data Guru (hasil download)

 

www.hanapibani.com

                  Gambar 13. Contoh Tabel CSV Data Siswa (hasil download)                                                                                


6. Pendaftaran Akun Baru

 

Portal ini juga memungkinkan Admin Madrasah untuk mendaftarkan akun baru pada madrasah yang dikelola, baik guru maupun siswa, pada halaman Akun Baru. Pendaftaran Akun Guru membutuhkan PTK ID, nama depan, dan nama belakang guru yang akan didaftarkan, seperti pada Gambar 14. 

 

www.hanapibani.com

Gambar 14. Form pendaftaran akun guru

 

Pada halaman ini juga terdapat tombol “Bantuan”, yang apabila ditekan akan menunjukkan bantuan informasi mengenai pendaftaran akun guru, seperti pada Gambar 15. Bantuan ini akan menjelaskan tentang setiap kolom pada form pendaftaran akun guru serta proses pendaftaran akun tersebut. 

www.hanapibani.com

Gambar 15. Bantuan pendaftaran akun guru

 

             

Sementara itu, pendaftaran akun siswa membutuhkan NISN, nama depan, dan nama belakang siswa yang akan didaftarkan, seperti pada Gambar 16. 

 

www.hanapibani.com
Gambar 16. Form pendaftaran akun siswa

 

             

Sama halnya dengan halaman pendaftaran akun guru, pada halaman pendaftaran akun siswa juga terdapat tombol “Bantuan”, yang bila ditekan akan menunjukkan bantuan informasi mengenai pendaftaran akun siswa, seperti pada Gambar 17. Bantuan ini akan menjelaskan tentang setiap kolom pada form pendaftaran akun siswa serta proses pendaftaran akun tersebut. 

 

www.hanapibani.com

Gambar 17. Bantuan pendaftaran akun siswa

 

           

7. Perbaikan Data Akun

 

Halaman Perbaikan Data berisi informasi mengenai pengusulan perubahan data akun pengguna, seperti pada Gambar 16. Pada halaman ini Admin Madrasah dapat melihat seluruh informasi perbaikan data akun yang sudah diusulkan, termasuk ID, nama, tanggal pengajuan, dan status pengusulan perbaikan data akun tersebut. 

 

www.hanapibani.com
 Gambar 18. Daftar usulan perbaikan akun

 

Catatan:

 

 

Disusun oleh: 

PT. Duta Digital Informatika

Partner Resmi Google for Education Indonesia 

Download Panduan Penggunaan Portal Aktivasi dan Manajemen Akun Madrasah Hebat


Untuk mengunduh file panduan diatas silakan klik dibawah ini:

www.hanapibani.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Panduan Penggunaan Portal Aktivasi dan Manajemen Akun Madrasah Hebat", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

UNDUH CONTOH SOAL DAN JAWABAN SELEKSI PPPK GURU KOMPETENSI PEDAGOGIK

     السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Berikut ini informasi yang dira...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI