Breaking News

13 Oktober 2017

Menolak Nasehat Iblis, Namun Minta Opini Iblis tentang Manusia



Assalaamu'alaikum Sahabat Hanapi Bani.

Ayo kita sedikit bernostalgia dengan kitab "Anawaadir" dalam rangka menyambut hari Santri dibulan ini. Kitab yang menyuguhkan banyak cerita bermakna, guna menjadi pelajaran hidup bagi kita semua.

Pada halaman 144 s.d 145 dijelaskan;

Suatu ketika, Iblis berbincang-bincang dengan Nabiyulloh Yahya bin Zakariyya 'alaihimassalaam. Pada kesempatan itu, Iblis bermurah hati menawarkan untuk memberikan Nasehat kepada Nabi Yahya. Namun beliaunya menolaknya dengan halus, "LAA URIIDU DZAALIK ( aku tak butuh nasehat darimu), walâkin akhbaranî 'an ahwâli banî Âdama 'indakum." Beliau menolak tawaran Nasehat Iblis tidak serta merta menganggap Iblis tidak berguna sama sekali. Bahkan, beliau meminta penilaian Iblis tentang keadaan Anak cucu Adam secara keseluruhan.

Atas permintaan Nabiyullah Yahya tersebut, Iblis menjawab :

"Anak cucu Adam dalam penilaianku terbagi menjadi tiga golongan. Golongan pertama, mereka adalah orang2 yang selalu membuat aku kecewa dan putus asa, bagaimana tidak, mereka sudah kami bombardir dengan segala muslihat dan fitnah, tapi baru sedikit salah jalan mereka lantas beristighfar kepada Allah, untuk golongan ini kami terus terang angkat tangan. Golongan yang kedua, adalah golongan yang terdiri dari orang-orang seperti Anda inilah wahai Nabiyullah Yahya. Kalian terlindungi dari godaan-godaan kami, hingga kami tidak mampu berbuat apapun pada kalian.
Dan yang terakhir, adalah golongan dari mereka penghamba nafsu. Mereka bagi kami layaknya sebuah bola, yang bisa kami mainkan sekehendak kami".

*Annawaadir.

Selamat beraktifitas semuanya, semoga Amal
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Soal UTS/PTS Bahasa Arab Semester 2 Kelas 3 MI Sesuai KMA 183

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI