Breaking News

11 October 2017

Pondok Pesantren Ummul Qura Amuntai


Sekitar 1,5 km dari jalan provinsi atau kurang lebih 500m dari objek wisata candi agung berdiri sebuah bangunan megah lantai 3. Banyak orang mengira bangunan tsb adalah hotel. Ternyata bangunan tersebut adalah asrama atau tempat tinggal para santri dan pembina santri Pondok Pesantren Ummul Qura Amuntai. Bangunan bernilai milyaran ini merupakan hibah dari Kementerian PU dan Perumahan Rakyat untuk pesantren. Pesantren yang terletak di perbatasan Kec. Amuntai Tengah dan Kec. Haur Gading ini atau tepatnya di desa Bayur Rt 04 Kec. Haur Gading Kab. Hulu Sungai Utara ini didirikan sejak tahun 2013. Pesantren ini didirikan oleh KH. Dr. M. Saberan Afandi, MA, seorang ulama ahli hadis. Beliau juga sampai sekarang menjabat sebagai ketua Sekolah Tinggi Ilmu Alquran Amuntai. 



Pesantren ini telah memiliki 3 unit yaitu Madrasah Ibtidaiyyah Ummul Qura, Madrasah Tsanawiyah Ummul Qura dan Majelis Ta'lim Muslimat Ummul Qura.
Menurut Sekretaris Yayasan Ummul Qura, Fityan Indi Rahman, M.Pd.I, rencananya tahun depan insyaallah akan d buka Madrasah Aliyah Ummul Qura. Pesantren ini memadukan kurikulum pondok dan nasional serta berijazah negeri. Di antara keunggulannya adalah tahfiz alquran, penguasaan kitab kuning dan ilmu pengetahuan umum dan teknologi.

Menurut Kepala Pengasuhan, Ust Sya'bani, mulai tahun ini dimulai penerapan berbahasa arab dan inggris aktif dalam pengantar resmi pelajaran di kelas dan bahasa pergaulan sehari-hari. Selain itu santri diajarkan sunah Nabi sejak bangun tidur sampai tidur kembali, serta pembiasaan pembacaan hizib, maulid habsyi dan burdah. Kegiatan olahraga seperti futsal, tenis meja, badminton juga di kembangkan di pesantren ini.

Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Beban Kerja Guru Madrasah sebagai Acuan Pelaksanaan Pembelajaran Semester Genap Tahun 2019/2020

Assalaamu'alaikum Sahabat www.hanapibani.com Meski penginputan data serta proses SKBK dan SKMT semester genap tahun 2019/2020 di SIMP...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI