Breaking News

04 Februari 2021

Menag Yaqut Optimistis SKB 3 Menteri soal Seragam Akan Kuatkan Toleransi


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Jakarta  --- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan  Menteri   Dalam   Negeri Tito Karnavian, hari ini meneken Surat Keputusan  Bersama (SKB) tentang Penggunaan   Pakaian   Seragam   dan Atribut   Bagi   Peserta   Didik,   Pendidik,   dan   Tenaga Kependidikan di Lingkungan Sekolah yang Diselenggarakan  Pemerintah  Daerah  pada  Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. 

Menag optimistis lahirnya SKB 3 Menteri ini akan mampu menguatkan sikap toleransi dan saling kesepahaman antarpemeluk agama. “Keluarnya SKB 3 Menteri ini dilatarbelakangi nilai keagamaan dan keyakinan bahwa agama dan seluruh ajarannya mengajarkan perdamaian, menyelesaikan perbedaan dengan baik, dan saling menghormati,” ujar Menag Yaqut dalam jumpa pers virtual penandatangan SKB tersebut di Jakarta, Rabu (03/02). 

Lahirnya SKB ini juga diharapkan akan mencegah muculnya konflik yang bersumber dari nilai agama. Regulasi ini juga bukan dasar kelompok atau sekolah untuk memaksakan atribut keagamaan tertentu. “Melainkan agar masing-masing pemeluk agama saling memahami dan bersikap toleransi,”  kata Menag.

Secara jelas SKB ini memberi mandat kepada Kementerian Agama (Kemenag) untuk melakukan penguatan pemahaman moderasi kepada pemerintah daerah (pemda) dan sekolah. Kewenangan ini dilakukan kepada pemerintah daerah dan/atau  kepala sekolah yang tidak melaksanakan ketentuan dalam SKB ini.

“Kementerian Agama melakukan pendampingan dan penguatan pemahaman keagamaan  dan  praktik  beragama  yang  moderat  ke pemerintah daerah dan/atau sekolah yang bersangkutan,” demikian bunyi diktum keempat, huruf e poin 1. 

Tak hanya itu, Kemenag juga dapat memberikan pertimbangan untuk pemberian dan penghentian sanksi sebagaimana  bunyi pada poin 2.

Secara rinci, ada empat aturan pokok dalam SKB tersebut. Pertama, peserta  didik, pendidik,  dan tenaga  kependidikan  di  lingkungan sekolah  yang  diselenggarakan  pemerintah  daerah  pada  jenjang pendidikan   dasar   dan   menengah   berhak   memilih   untuk menggunakan pakaian seragam dan atribut baik tanpa kekhasan agama tertentu, atau dengan kekhasan agama tertentu, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kedua, pemda dan  sekolah memberikan  kebebasan  kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk memilih menggunakan pakaian   seragam   dan   atribut   sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu. 

Ketiga, dalam rangka melindungi hak peserta didik, pendidik,dan tenaga kependidikan  sebagaimana  dimaksud  dalam  diktum  kedua, pemda dan   sekolah   tidak   boleh   mewajibkan, memerintahkan,   mensyaratkan,   mengimbau,   atau   melarang penggunaan pakaian  seragam dan  atribut dengan  kekhasan agama tertentu.

Keempat, pemerintah daerah  dan/atau  kepala  sekolah  sesuai  dengan kewenangannya wajib    mencabut peraturan, keputusan, instruksi, kebijakan, atau  imbauan  tertulis  terkait penggunaan pakaian   seragam   dan   atribut   di   lingkungan   sekolah  yang dikeluarkan  oleh  kepala  daerah  dan/atau  kepala  sekolah yang bertentangan dengan keputusan bersama. Pemerintah memberi waktu paling lama 30 hari kerja terhitung sejak tanggal SKB ini ditetapkan.

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI
atau gabung Group kami;

WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
Youtube ;(Klik DISINI)
Telegram ; 
(Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

    Ùˆ ØµÙ„Ù‰ على سيدنا محمد Ùˆ على أله
     Ùˆ صحبه أجمعين
    ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

    Protected by Copyscape
    0 Comments

    Tidak ada komentar:

    Translate

    Artikel Terbaru

    Undangan Sosialisasi Teknis Penyusunan Proposal Bantuan Pokja Guru dan Tendik Tahun 2024 secara Online

    السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

    Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI