Breaking News

10 April 2022

Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun Akademik 2022/2023


Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan mengundang putra dan putri terbaik lulusan SMNSMK/MA di seluruh Indonesia untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN) Tahun Akademik 2022/2023.

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan transformasi dari sekolah kedinasan yang cukup dikenal yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Perkembangan program reformasi birokrasi dan transformasi kelembagaan menuntut Kementerian Keuangan untuk melakukan penataan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Penataan ini dimaksudkan agar STAN dapat meningkatkan peran dan kontribusinya dalam menyediakan SDM berkompeten dan berintegritas di bidang keuangan negara yang sejalan dengan arah dan tujuan transformasi kelembagaan Kementerian Keuangan. Hingga pada tanggal 15 Juli 2015 keluarlah Peraturan Menteri Keuangan RI No. 137/PMK.01/ 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN yang menandai berdirinya Politeknik Keuangan Negara STAN.

Kapan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Ikatan Dinas PKN STAN Tahun Akademik 2022/2023. Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Ikatan Dinas Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) Tahun Akademik 2022/2023 dilaksanakan bersamaan dengan pendaftaran calon Siswa-Siswi/Taruna-Taruni pendidikan tinggi kedinasan mulai tanggal 9 sampai dengan 30 April 2022; dan pendaftaran dilakukan https://dikdin.bkn.go.id/ secara online/daring.

Apa saja Persyaratan Penerimaan Calon Mahasiswa Ikatan Dinas PKN STAN Tahun Akademik 2022/2023. Persyaratan Umum Calon Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun Akademik 2022/2023 adalah: 

1) Persyaratan kelulusan: - Program Reguler: lulusan (tahun 2021 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2022) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat; atau Program Afirmasi: calon lulusan tahun 2022 semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat. 

2) Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau b) calon lulusan tahun 2022, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; 

3) Usia maksimal pada tanggal 1 September 2022 adalah 21 tahun. Usia minimal pada tanggal 1 September 2022 adalah 15 tahun; 

4) Telah terdaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Tahun 2022; 

5) Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria sehat jasmani adalah: - mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik; - mampu melakukan tugas seperti menganalisis, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan - mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu; 

6) Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan; 

7) Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut: - telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; - memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan -mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 (dua) usulan terbaik; 

8) Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.

Tata cara Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun Akademik 2022/2023. Pendaftar SPMB PKN STAN 2022/2023 dapat mengakses portal spmb.pknstan.ac.id setelah menyelesaikan pendaftaran sekolah kedinasan di portal https://dikdin.bkn.go.id/. Peserta harus memastikan proses pendaftaran sekolah kedinasan telah berhasil sebelum mengakses portal SPMB PKN STAN.

1. Pendaftaran Sekolah Kedinasan

• Pendaftar mengakses https://dikdin.bkn.go.id/ untuk melakukan pendaftaran sekolah kedinasan.

Pendaftar harus memastikan proses pendaftaran sekolah kedinasan telah selesai sebelum mengakses ke portal SPMB PKN STAN.

2. Akses Portal SPMB PKN STAN

• Pendaftar mengakses spmb.pknstan.ac.id dan melakukan login dengan NIK dan password yang telah didaftarkan.

• Jika terdapat kendala login, pendaftar disarankan untuk menghapus cache atau mengakses dengan browser yang berbeda.

• Dalam Form Pendaftaran, terdapat tiga langkah (tab) yang harus diselesaikan pendaftar, yaitu Formulir Pendaftaran, Kunci Data, dan Status Bayar.

• Dalam Formulir Pendaftaran, terdapat data diri pendaftar yang telah diinput di https://dikdin.bkn.go.id/, data ini tidak dapat diubah.

3. Input Nilai Semester (khusus lulusan 2022)

• Dalam Formulir Pendaftaran, pendaftar lulusan 2022 menginput jumlah semester dan rata-rata nilai rapor pada masing-masing semester tersebut. Mohon pastikan menginput data dengan tepat. Setelah dikunci, data ini tidak dapat diubah.

Input Jumlah Semester

• Jumlah semester diinput sesuai masa pendidikan dikurangi 1 (satu) semester akhir yang masih berjalan.

• Contoh: Siswa SMA masa pendidikan 2 (dua) tahun/akselerasi mengisi 3 (tiga) semester; Siswa SMA masa pendidikan 3 (tiga) tahun mengisi 5 (lima) semester; dan Siswa SMK masa pendidikan 4 (empat) tahun mengisi 7 (tujuh) semester.

• Kemudian lanjutkan dengan mengisi rata-rata nilai rapor pada masing-masing semester tersebut (bukan hasil pembulatan)

Input Rata-rata Nilai Rapor tiap Semester

• Rata-rata nilai rapor yang dihitung adalah pada komponen pengetahuan dengan syarat rata-rata nilai rapor tersebut tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 (bukan hasil pembulatan).

• Dalam hal terdapat perbedaan skala antar semester, pendaftar harus memilih salah satu skala dengan menyertakan dokumen konversi resmi dari sekolah.

• Apabila pada rapor terdapat nilai rapor dan nilai ujian sekolah, maka perhitungannya dengan membagi total jumlah nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah dengan total mata pelajaran.

4. Pemilihan Lokasi Seleksi Lanjutan

Dalam Formulir Pendaftaran, pendaftar memilih lokasi seleksi lanjutan. Mohon pastikan pilihan lokasi terpilih dengan tepat. Setelah dikunci, data pilihan ini tidak dapat diubah.

5. Pemilihan Program Studi

• Dalam Formulir Pendaftaran, pendaftar memilih pilihan program studi melalui ''Pilihan Spesialisasi".

• Pendaftar dapat memilih tiga program studi tersedia berdasarkan prioritas. Mohon pastikan pilihan program studi terpilih dengan tepat. Setelah dikunci, data pilihan ini tidak dapat diubah.

6. Penyimpanan dan Kunci Data

• Pendaftar disarankan untuk mereviu kembali input nilai semester (lulusan 2022), pilihan lokasi seleksi lanjutan dan prioritas program studi.

• Setelah semua data telah terinput dan terpilih dengan benar, pendaftar dapat melakukan penyimpanan data dengan klik checkbox, klik "Simpan", dan klik "Berikutnya".

• Pendaftar dapat melakukan kunci data dengan klik "Kunci Data" setelah seluruh data pada Form ulir Pendaftaran telah diisi dan disimpan.

Dengan melakukan kunci data pada portal spmb.pknstan.ac.id, kamu telah terdaftar sebagai peserta SPMB PKN STAN 2022. Panitia akan melakukan Seleksi Administrasi berdasarkan syarat administrasi dan nilai Tes Potensi Skolastik UTBK. Peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Lanjutan.

7. Pembayaran

• Peserta SPMB PKN STAN 2022 yang lulus Seleksi Administrasi dapat melakukan login di portal spmb.pknstan.ac.id dan mengakses tab "Status Bayar" untuk mendapatkan kode billing berupa Mandiri Virtual Account (MVA) yang digunakan sebagai kode pembayaran di semua kanal Bank Mandiri.

Pencetakan Kartu Peserta Ujian

• Apabila Peserta SPMB PKN STAN 2022 telah melakukan pembayaran, sila untuk login kembali di portal https://dikdin.bkn.go.id/ untuk mencetak Kartu Peserta Ujian (KPU). KPU dipergunakan sebagai salah satu bukti diri peserta pada setiap tahapan seleksi SPMB PKN STAN 2022.

Berikut ini Siaran Pers terkaiat Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun Akademik 2022/2023

UTBK Kembali Menjadi Syarat Seleksi Administratif SPMB PKN STAN Tahun 2022

Jakarta, 11 Maret 2022 – Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat yang mengacu pada prinsipprinsip kenyamanan, fleksibilitas, dan kualitas, tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) tahun 2022 kembali akan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Hal ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran dan mewaspadai kenaikan kasus COVID-19. Oleh karena itu, para peserta yang berminat untuk mengikuti SPMB PKN STAN tahun 2022 diminta agar dapat mengikuti UTBK tahun 2022. Peserta UTBK dapat memilih kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum), ataupun Campuran (Saintek dan Soshum). Informasi resmi mengenai pendaftaran akun LTMPT dan UTBK tahun 2022 dapat dipantau melalui laman https://ltmpt.ac.id/.

Walaupun salah satu syarat administratif pada SPMB PKN STAN tahun 2022 telah diputuskan akan menggunakan nilai UTBK, namun pengumuman resmi SPMB PKN STAN tahun 2022 baru akan diterbitkan bersamaan dengan pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan tahun 2022 yang akan dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB). Pengumuman resmi dapat diakses melalui website Kementerian Keuangan, www.kemenkeu.go.id.

Download Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun 2022


Untuk mengunduh file pengumuman diatas silakan klik dibawah ini:


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun Akademik 2022/2023", semoga bermanfa'at. 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape  

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Hukum Batalkan Puasa Syawal saat Silaturahim Lebaran

  السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI