Breaking News

09 April 2022

Juknis Panduan OSN SMP Tahun 2022

OSN SMP adalah suatu kegiatan berkelanjutan yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, bersifat olimpiade di bidang Matematika, IPA, dan IPS antar Peserta Didik SMP dan atau yang sederajat.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu fokus pembangunan pada Kabinet Indonesia Maju. Kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi secara terencana, terprogram, dan tersistem. Sistem pendidikan sebagaimana digagas Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk mengedepankan merdeka belajar dan kampus merdeka. Oleh karenanya kita semua berupaya untuk mendukung kebijakan tersebut dalam meningkatkan prestasi peserta didik dari jenjang yang paling dasar yaitu pendidikan dasar.

Salah satu program dalam kerangka meningkatkan prestasi peserta didik yaitu penyelenggaraan kegiatan Olimpiade Sains Nasional atau disebut OSN. Pelaksanaan OSN jenjang SMP tahun 2022 berupaya untuk dapat menghasilkan anak-anak berprestasi di bidang Matematika, IPA, dan IPS dan mampu berdaya saing nasional maupun global. Melalui OSN ini, kami berharap dapat menjadi ruang atmosfer olimpiade yang sehat dan bertumbuh dalam budaya yang silih asih dan asuh. Dukungan segenap pihak sangat diperlukan dalam menyiapkan peserta didik menjadi generasi bangsa yang kelak turut andil dalam kemajuan Indonesia.

Ajang OSN SMP tahun 2022 ini menjadi ruang bagi peserta didik dalam mengasah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS. Mengingat situasi dan kondisi Indonesia masih berjuang untuk menghadapi pandemic covid-19 terutamanya varian omicron, maka kegiatan OSN SMP diselenggarakan secara daring. Perubahan merupakan sesuatu yang kekal, oleh sebab itu kita semua harus siap terhadap perubahan itu sendiri termasuk di dalamnya perkembangan informasi dan teknologi yang pesat. Pelaksanaan OSN secara daring sangat erat kaitannya dengan teknologi informasi yang bukan menjadi hal baru bagi peserta didik, dikarenakan sudah memiliki pengalaman dalam 2 tahun terakhir belajar secara daring melalui penggunaan laptop maupun handphone. Pedoman ini diharapkan dapat memberikan informasi secara komprehensif kepada peserta didik, para guru Pembina, dan masyarakat luas untuk menyiapkan peserta didik mengikuti OSN SMP secara daring.

Berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) atau Panduan OSN SMP Tahun 2022, OSN SMP tahun 2022 diselenggarakan bertujuan sebagai wahana olimpiade bidang ilmu Matematika, IPA, dan IPS bagi peserta didik SMP dan/atau sederajat dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan Pendidikan karakter meliputi regligiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian, dan gotong royong. Pada sisi lain, OSN SMP MTs ini sebagai upaya dalam menumbuhkembangkan berpikir kritis dan meningkatkan jiwa analisis, kreativitas, dan motivasi untuk meningkatkan prestasi peserta didik.

Adapun tujuan khusus OSN SMP MTs tahun diantaranya: 

a) Meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;
b) Mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika, IPA, dan IPS dalam kehidupan sehari-hari;
c) Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreavitivas pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS di SMP dan/atau sederajat;
d) Memotivasi institusi/lembaga Pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pendidikan.

Adapun tema penyelenggaraan OSN SMP MTs tahun 2022 yaitu “TALENTA SAINS UNTUK INDONESIA MAJU” Sasaran OSN SMP tahun 2022 adalah peserta didik yang terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau yang sederajat kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2020/202 serta berusia maksimal 16 tahun per 31 Desember 2022.

Ruang lingkup OSN SMP tahun 2022 ini meliputi:

1) Bidang yang dilombakan adalah Matematika, IPA, dan IPS.
2) Jangkauan sekolah sasaran meliputi SMP dan/atau yang sederajat di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).
3. Pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan OSN SMP 2022 adalah Pusat Prestasi Nasional, Akademisi dan tim teknologi informasi.
4) Lingkup proses:

a) Penyiapan pedoman pelaksanaan OSN SMP tahun 2022 sesuai protokol kesehatan Covid-19;

b) Pelaksanaan olimpiade oleh peserta dari rumah atau sekolah dengan mekanisme daring/online dengan tetap mematuhi protokol kesehatan;

c) Pengawasan lomba oleh orang tua, sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, panitia pusat, dan tim teknologi informasi;

d) Penilaian dilakukan oleh tim juri dari Pusat Prestasi Nasional;

e) Pengambilan keputusan peringkat dan juara, serta pengumumannya dari Pusat Prestasi Nasional.

 

Persyaratan peserta OSN SMP tahun 2022 berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) atau Panduan OSN SMP Tahun 2022 adalah sebagai berikut:

1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia.

2. Peserta bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2021 pada semua cabang lomba.

3. Peserta terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau sederajat.

4. Peserta didik yang terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau sederajat, kelas 7 atau 8 pada tahun ajaran 2021/2022, dan berusia maksimal 16 tahun pada 31 Desember 2022.

5. Peserta memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Education Management Information System (EMIS).

6. Peserta memiliki nilai rapor setiap semester sejak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) untuk cabang lomba yang akan diikuti.

7. Peserta mengisi dan menandatangani surat pernyataan integritas dalam mengikuti seleksi OSN SMP tahun 2022.

8. Peserta memiliki surat keterangan siswa aktif dari sekolah.

Registrasi/Pendaftaran Peserta OSN SMP MTs tahun 2022

1. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.

2. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta secara akurat dan benar.

3. Bagi sekolah yang tidak terdaftar dalam Dapodik, diwajibkan mengunggah surat pernyataan integritas siswa dan surat keterangan siswa aktif dari sekolah pada laman pendaftaran, format surat dapat diunduh pada laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.

4. Setelah pendaftaran berhasil, sekolah mendapatkan password dari website regristrasi untuk sign in peserta.

Dinyatakan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) atau Panduan OSN SMP Tahun 2022 bahwa Ketentuan Umum OSN SMP tahun 2022 adalah sebagai berikut

1. Pelaksanakan OSN SMP tahun 2022 dilaksanakan dengan mekanisme :

a. Babak penyisihan.

b. Babak final.

2. Materi cabang lomba OSN SMP terdiri dari cabang IPA, Matematika dan IPS yang tercantum pada silabus OSN SMP tahun 2022.

3. Pelaksanaan OSN SMP tahun 2022 babak penyisihan dan babak final dilakukan secara daring/online menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh panitia Pusat Prestasi Nasional.

4. Pelaksanaan OSN SMP tahun 2022 diselenggarakan secara daring/online di rumah, sekolah, atau tempat yang ditentukan oleh dinas.

5. Setiap sekolah diwakili maksimal 3 (tiga) peserta. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengikuti 1 (satu) cabang lomba.

6. Sarana penunjang pelaksanaan OSN SMP tahun 2022 secara daring/online, berupa:

a. Smartphone android dengan kapasitas ruang penyimpanan minimum 16 Gb,

b. Komputer/laptop yang akan digunakan untuk menjawab soal dalam aplikasi berbasis web dan memutar aplikasi video dalam jaringan (untuk babak final IPA dan IPS),

c. Jaringan internet yang stabil.

 

Jadwal pelaksanaan OSN SMP tahun 2022 berdasarkan Panduan OSN SMP MTs Tahun 2022 adalah sebagai berikut

1. Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan OSN SMP tahun 2022 bulan April 2022

2. Virtual Meeting dan penjelasan teknis Puspresnas dengan Daerah bulan April 2022

3. Pendaftaran Peserta tanggal 20 April – 20 Mei 2022

4. Ujicoba aplikasi dan simulasi OSN bulan Mei 2022

5 Seleksi babak penyisihan bulan Mei 2022

6. Virtual meeting dan penjelasan pelaksanaan babak final bulan Juni 2022

7. Pelaksanaan babak final OSN Nasional bulan Juli 2022

*jika ada perubahan jadwal akan diinformasikan di sosial media (Instagram, Twitter, Facebook) Pusat Prestasi Nasional

Download Juknis OSn SMP Tahun 2022


Untuk mengunduh file diatas silakan klik dibawah ini;


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Juknis Panduan OSN SMP Tahun 2022", semoga bermanfa'at. 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape  

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Hukum Batalkan Puasa Syawal saat Silaturahim Lebaran

  السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI