Breaking News

23 April 2022

Cara Seting RDM Semester II (Genap) pada RDM Hosting, VDI atau XAMPP

Di kesempatan ini kami akan memberikan tutorial atau cara seting RDM baik Versi Hosting, VDI ataupun XAMPP agar bisa masuk pada SEMESTER GENAP (SEMESTER 2) Tahun pelajaran 2021-2022.

Untuk memandu Sobat semua, silahkan simak tutorial di bawah ini :

1. Update Aplikasi RDM 

Pastikan Aplikasi sudah update Versi terbaru jika terdapat notif upate aplikasi silahkan update terlebih dahulu aplikasi RDM  

 

2. Login Proktor

Silakan login terlebih dahulu ke aplikasi RDM madrasah masing-masing.


Pada tampilan di atas, silakan operator/proktor/admin, seperti biasa masukkan Username Operator, password, tahun pelajaran, dan set pada semester dengan memiliih semester Ganjil > Login.

 

2. setelah berhasil masuk, kita akan arahkan pada tampilan Dashboard.

 

Sebelum melakukan pensetingan semester 2 alangkah baiknya rekan proktor semua masuk ke Menu Backup Restore Terlebih dahulu.

 

3. Backup Restore


Silahkan rekan proktor melakukan Backup terlebih dahulu untuk mengantisipasi jika nanti tedapa gendala atau aplikasi eror setelah melakukan perubahan semester pada aplikasi RDM rekan proktor  selain itu juga Backup di gunakan sebagai arsip semester ganjil dari  madrasah kalian.

 

4. Pengaturan Semester

 

Setting pada area “Halaman Login Aplikasi” > Tahun pelajaran Aktif > Sistem Penilaian > Semester Aktif > Simpan

Catatan:
Tahun Pelajaran = 2021/2022
Sistem Peniliaan = Sistem Paket
Semester Aktif = Genap – Paket

 

5. Cek Menu Kelas.

 

Silakan cek juga di menu kelas, pada bagian “Data Kelas” Jika ada pergantian Wali Kelas, maka yang harus dilakukan adalah dengan menekan tombol Edit pada bagian kelas yang ada pergantian wali kelasnya.
Klik Edit > pada menu Edit Kelas silakan sesuaikan, > klik Save changes

 

6. Cek Menu Guru

 

Pada bagian menu guru silakan cek data semua guru yang ada, di bagian data guru ini, jka tidak ada penambahan guru di lewati saja, tetapi jika ada silakan klik menu +Tambah secara manual, isi data guru dan terakhir klik save changes.

 

7. Set Mengajar

 

Langkah selanjutnya yang harus di set adalah pada menu Mengajar. Pada area “Data Mengajar Guru” untuk mengatur jadwal mengajar di semester genap ini yang pertama adalah Pilih Tingkat > Kelas >

Setelah berhasil setting Tingkat dan Kelas akan diarahkan pada pada lembar Jadwal Mengajar. Di bagian ini kita harus mensetting ulang Guru Mata Pelajaran, atau ada pergantian Guru Mapel tinggal pilih Guru Mapel yang bersangkutan pada kolom Guru.

Cara mudahnya adalah setting secara otomatis, dengan cara setting guru mapel secara masalah atau keseluruhan, dengan cara mengambil data jadwal mengajar dari semester Ganjil. Caranya Klik Salin Mengajar > pilih semester ganjil > klik save changes > Klik Ya, salin.

 

Setelah klik copy / salin mengajar, maka data jadwal mengajar di semester Ganjil akan secara langsung tersalin ke semester Genap.

Dengan cara ini, tidak perlu setting satu-persatu, tetapi dapat dilakukan secara keseluruhan, yaitu dengan menggunakan fitur “Salin Mengajar”.

Silakan lakukan cara seperti di atas untuk Tingkat dan Kelas yang lainnya.

8. Cek Data Siswa

Untuk fitur ini gunanya untuk mengecek data siswa perkelas. jika ada siswa mutasi masuk atau keluar bisa menggunakan fitur ini untuk mengubahnya.

 

Untuk Mutasi masuk Langkahnya: Pilih Tingkat > Kelas > Klik Tambah > isi Data siswa baru > klik save changes.

 

9. Ektrakurikuler

 

Pada Menu Rapor juga cek bagian ektrakurikuler, silakan setting kembali pada bagian pembina ekstrakurikulernya, klik > Ekstrakurikuler > Pilih Pembina > Berhasil.

 

10. Seting KKM

 

KKM juga harus di setting kembali, silakan klik menu KKM, pada area Data KKM Tingkat isikan nilai KKM masing-masing tingkat sesuai dengan KKM yang sudah ditentukan oleh Madrasah.
Klik KKM > Isi Nilai KKM > Klik Simpan

 

11. Pengaturan Cetak

 

Langkah selanjutnya yang harus di setting oleh operator adalah ” Pengaturan Cetak”. Silakan lakukan setting Pengaturan Cetak dengan mengisi kolom Tempat Cetak, Tanggal Cetak, dan Watermark.
Klik Pengaturan Cetak > Isi kolom yang disediakan > Simpan > Berhasil

Sampai disini setting semester Genap sudah selesai di setting, dan sekarang semua Guru Mapel dan Guru Kelas dapat mendownload template nilai pengetahuan dan nilai keterampilan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Cara Seting RDM Semester II (Genap) pada RDM Hosting, VDI atau XAMPP", semoga bermanfa'at. 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape  

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Panduan Pencairan Tunjangan Insentif GBPNS Di Simpatika Tahun 2022

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanap...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI